Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif

Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih.

Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai.

Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi.

Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui.

Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.

Penyebab anak sakit telinga

Penyebab anak sakit telinga

Terjadinya masalah pada telinga anak sangat sulit dideteksi oleh orang tua kecuali si anak mengeluh tentang sakit di bagian telinganya. Umumnya, anak sakit telinga disebabkan oleh gangguan kesehatan seperti infeksi telinga, atau peradangan dan penumpukan cairan di dalam bagian telinga. Hal ini akan membuat telinga terasa tidak nyaman. Anak-anak yang lebih kecil mungkin sulit mengungkapkan rasa tidak nyaman di bagian telinga kepada orang tuanya sehingga masalah ini diketahui ketika sakit sudah parah. Terkadang anak sakit telinga baru bisa diketahui setelah beberapa gejala terlihat atau anak mulai rewel. Tidak semua anak bisa menjelaskan rasa sakit di bagian telinga karena tidak terlihat dan ditunjukkan.

Gejala Anak Sakit Telinga

Meski anak tidak menjelaskan rasa sakit atau ketidaknyamanan yang terjadi pada bagian telinga, namun para orang tua masih bisa mencermati gejala-gejala yang terlihat. Ada tanda-tanda anak sakit telinga yang bisa dikenali orang tua untuk mendapatkan perhatian dan penanganan lebih lanjut, seperti:

  • Sulit mengunyah akibat rasa sakit di bagian telinga
  • Sulit tidur karena merasa sakit saat berbaring
  • Sering memegang area telinga
  • Demam
  • Pilek
  • Muntah dan diare
  • Bau pada telinga
  • Posisi berdiri tidak seimbang
  • Keluar cairan keputihan atau kekuningan dari lubang telinga

Pada kondisi yang mulai parah, biasanya rasa sakit di telinga anak akan bertambah karena peradangan dan penumpukan cairan di dalam bagian telinga semakin banyak. Pada kondisi ini, penanganan tim medis sangat diperlukan karena sudah terlanjur membahayakan organ pendengaran.

Penyakit Penyebab Anak Sakit Telinga

Setelah memahami gejala-gejala penyebab anak sakit telinga, selanjutnya perlu dipahami bahwa anak sakit telinga bisa disebabkan oleh beberapa penyakit berbeda. Meski gejala yang ditampilkan hampir sama, tentu mengetahui penyebabnya akan mempermudah dalam penanganan dan penyembuhannya. Berikut ini beberapa penyakit penyebab anak sakit telinga yang umumnya terjadi.

  • Otitis media akut, terjadi karena infeksi dan menyebabkan peradangan dan penumpukan cairan di bagian belakang gendang telinga. Penyakit ini sering terjadi pada anak berusia di bawah 2 tahun karena bentuk dan ukuran tuba eustachius masih belum berkembang sempurna. Gejala umum yang menyertai penyakit ini adalah kehilangan nafsu makan, demam, rewel, dan berkurangnya reaksi saat dipanggil.
  • Otitis media dengan efusi, terjadi akibat peradangan di belakang gendang telinga dengan tumpukan cairan di sekitar bagian tersebut. Kondisi ini menyebabkan pendengaran terganggu karena tumpukan cairan menghalangi getaran suara yang masuk. Pada kondisi tertentu, Otitis media dengan efusi ini tidak memunculkan gejala apapun sehingga perlu tindakan dokter spesialis untuk mengetahui kondisi ini.
  • Otitis media kronis dengan efusi, diakibatkan oleh terperangkapnya cairan efusi di belakang gendang telinga dalam jangka waktu yang lama. Kondisi ini menyebabkan anak sakit telinga mengalami gangguan pendengaran.
  • Otitis eksterna, merupakan infeksi kulit di bagian luar telinga yang terjadi karena masuknya air ke dalam telinga namun tidak segera di keringkan. Hal ini membuat bakteri dan jamur berkembang biak dengan cepat di dalam telinga. Kondisi ini diperparah dengan kebiasaan mengorek lubang telinga ketika merasa gatal. Gejala yang umum terjadi pada Otitis eksterna adalah sulit mengunyah dan keluar cairan bening tidak berbau dari lubah telinga.

Apa Yang Harus Dilakukan Jika Anak Sakit Telinga

Anak sakit telinga bisa menyebabkan hilangnya pendengaran karena kondisi buruk yang menerpa telinga berulang-ulang seperti paparan suara bising, cedera kepala, minum obat-obatan tertentu, dan gangguan saraf. Jika anak sakit telinga dan merasa beberapa faktor yang disebutkan cukup berpengaruh pada aktivitas anak setiap harinya, maka ada beberapa hal yang bisa dilakukan oleh orang tua untuk mengatasi hal ini.

  • Hindari paparan suara kencang dalam waktu lama. Biasanya hal ini dipengaruhi oleh kebiasaan mendengar suara dari earphone. Jangan tidur sambil mendengarkan suara melalui earphone.
  • Hindari membersihkan lubang telinga dengan cotton bud apalagi dijadikan kebiasaan.
  • Hindari berada di dekat pengeras suara dalam jangka waktu lama.
  • Jangan buru-buru memberikan antibiotik begitu gejala peradangan terjadi. Tunggu 2 hingga 3 hari. Penggunaan antibiotik harus dengan resep dokter.
  • Berikan paracetamol atau ibuprofen untuk pereda nyeri, bukan aspirin.
  • Kompres hangat di bagian telinga bisa meredakan sakit.
  • Menambahkan bantal saat berbaring.

Bagaimana Menjaga Kesehatan Telinga Anak

Ada baiknya menjaga kesehatan sebelum anak sakit telinga. Konsep mencegah daripada mengobati akan membuat penanganan anak sakit telinga lebih mudah dideteksi sejak dini karena mendapatkan perawatan yang optimal dan pola hidup sehat. Ada beberapa hal penting dan sederhana yang bisa Mum lakukan untuk menghindari anak sakit telinga.

  1. Membersihkan telinga dengan benar

    Banyak orang menganggap lubang telinga yang gatal disebabkan oleh kondisi telinga yang kotor sehingga sering membersihkan sendiri dengan cotton bud. Padahal telinga mampu membersihkan sendiri tanpa bantuan alat apapun. Mum hanya perlu membersihkan bagian daun telinga dan telinga bagian luar saja. Apalagi telinga anak yang sensitif sangat berbahaya jika dibersihkan dengan cara yang kurang tepat.

  2. Jaga kelembapan telinga

    Telinga yang kering akan membuat bakteri dan jamur sulit berkembang biak. Untuk itu, kelembapan telinga anak perlu dijaga agar tidak basah. Bersihkan bagian telinga dengan bersih dan kering setelah mandi untuk menghindari infeksi telinga yang diakibatkan oleh jamur dan bakteri yang tumbuh di dalam lubang telinga.

  3. Gunakan penutup telinga

    Seperti poin sebelumnya, menjaga telinga tetap kering bisa menekan pertumbuhan bakteri dan jamur di dalam telinga. Jika anak Mum sering berenang di kolam renang umum, ada baiknya menggunakan penutup telinga untuk mengantisipasi masuknya kuman dan telinga menjadi lembab. Hal ini menjadi poin penting jika anak memiliki sensitifitas tinggi di bagian telinganya ketika berada di luar ruangan sehingga penutup telinga menjadi sangat wajib untuk dibawa.

  4. Rutin ke dokter

    Melakukan pemeriksaan rutin ke dokter spesialis THT bisa menekan penyebab anak sakit telinga. Sebelum terjadi infeksi dan gangguan yang berat, dokter sudah mengecek secara berkala sehingga penanganan yang tepat bisa segera dilakukan. Sama seperti perawatan gigi, sebaiknya Mum menjadwalkan perawatan telinga anak ke dokter spesialis dalam jangka waktu tertentu. Apalagi perkembangan bagian telinga belum tumbuh sempurna dan daya tahan tubuh yang masih rendah, membuat infeksi telinga sangat mungkin terjadi meski Mum merasa telinga anak baik-baik saja.

Pada kondisi tertentu, anak sakit telinga memang butuh penanganan serius. Tapi dengan melihat gejala dan pola hidup sehari-hari, tentunya kondisi buruk bisa dihindari dan tidak perlu sampai ditangani oleh dokter. Pengawasan dan pemahaman orang tua terhadap kesehatan telinga anak sangat diperlukan untuk menghindari anak sakit telinga dan tidak terdeteksi sedini mungkin. Apalagi  jika anak menunjukkan gejala rewel dan lemas yang akan membuat aktivitas menjadi terganggu dan membuat orang tua panik.

Mum bisa selalu jaga kesehatan si Kecil dengan memberikan Friso Gold 4 yang dilengkapi dengan teknologi Locknutri, sehingga nutrisi yang ada pada susu Friso Gold 4 akan tetap terjaga dalam kondisi alami sehingga mudah diserap tubuh dan membantu si Kecil kuat dari dalam.

Sample Friso Gold

Selamat datang! Apakah Mums ingin mencoba Free Sample dari Friso?

Daftar Sekarang