Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif

Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih.

Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai.

Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi.

Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui.

Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.

Penyebab Anak Tidur Berkeringat

Penyebab Anak Tidur Berkeringat

Anak tidur berkeringat merupakan fenomena yang umum terjadi pada anak kecil, Secara umum suhu, cuaca, dan baju yang dikenakan anak saat tidur memiliki pengaruh yang signifikan sebagai penyebab anak tidur berkeringat. Gejala anak tidur berkeringat dapat terjadi pada anak di rentang umur berapapun. Gejala tidur berkeringat juga dapat berbeda-beda regularitasnya, bisa jadi hanya terjadi sekali-sekali pada anak namun bisa juga terjadi sering dan berturut-turut.

Dalam sebuah studi yang dilakukan pada tahun 2012, ditemukan bahwa dari 6.381 anak yang diteliti dari umur 7 sampai 11 tahun, 12 persennya memiliki gejala tidur berkeringat. Secara garis besar pada saat anak tidur, sering kali temperatur badan anak menjadi kurang teratur karena sistem pengatur suhu badan mereka belum dapat bekerja secara maksimal. Oleh karenanya anak tidur berkeringat bisa saja terjadi tanpa alasan apapun, namun juga bisa menjadi pertanda gejala-gejala terhadap kesehatan.

Bagi orang tua tentu saja wajar merasa khawatir melihat anak tidur berkeringat apalagi jika mereka sampai basah kuyup di malam hari. Bahkan, tidak dipungkiri ada kemungkinan orang tua perlu membangunkan anaknya di tengah malam untuk mengganti baju mereka hanya karena si anak tidur berkeringat dengan sangat hebat.

Anak tidur berkeringat secara umum disebabkan oleh sistem pengatur suhu tubuh yang belum bekerja secara maksimal. Saat anak kecil tertidur mereka lebih banyak menghabiskan waktu pada fase deep sleep dibandingkan orang dewasa saat mereka tidur. Bagi orang dewasa, saat mereka tertidur lelap maka sistem pengatur tubuh inilah yang membantu menjaga suhu tubuh agar tetap teratur saat tertidur lelap. Smeentara pada anak-anak, dikarenakan sistem pengatur suhu tubuh mereka belum dapat bekerja secara maksimal hal ini menyebabkan mereka sering berkeringat saat tidur di malam hari.

Nah, untuk membedakan mana anak tidur berkeringat yang normal dan anak tidur berkeringat yang disebabkan oleh masalah kesehatan? Secara umum anak tidur berkeringat yang normal berkeringat pada lewat tengah malam setelah mereka memasuki fase deep sleep  di tidur mereka. Sementara anak tidur berkeringat yang mungkin dilatarbelakangi oleh masalah kesehatan akan berkeringat lebih awal bahkan sebelum mereka tertidur nyenyak.

1.  Kamar yang Terlalu Panas

Salah satu penyebab paling umum anak tidur berkeringat adalah karena ruangan tempat mereka tidur terlalu hangat/panas. Baik itu disebabkan oleh musim, cuaca, atau sirkulasi udara secara umum atas ruangan tempat tidur anak, ruangan yang terlalu tertutup dapat membuat anak mudah berkeringat saat mereka tidur. Sebagai tambahan, pakaian yang dikenakan anak yang menjadi faktor yang berpengaruh penting dalam menjaga suhu badan anak saat mereka tidur. Baju yang terlalu tebal dan berlapis-lapis dapat menghambat sirkulasi udara pada tubuh si anak yang menyebabkan mereka berkeringat saat tidur.

2.  Tanpa Alasan Apapun

Bukan hal yang mengejutkan jika anak tidur berkeringat tanpa dilatarbelakangi oleh satu hal apapun yang perlu menjadi perhatian penting. Hal ini tentu berkaitan dengan kemampuan sistem regulasi suhu tubuh si anak yang belum dapat bekerja maksimal saat mereka tidur. Oleh karena itu, orang tua juga perlu memperhatikan faktor-faktor lain saat anak tidur berkeringat. Jika sehari-hari anak terlihat sehat dan bugar, dan mereka tidak terlalu sering tidur berkeringat di malam hari, dapat dimungkinkan anak tidur berkeringat dikarenakan faktor perkembangan yang belum bekerja secara maksimal saja.

3.  Faktor Genetik

Kadang yang menjadi faktor mengapa anak tidur berkeringat adalah faktor genetik yang diturunkan oleh orang tua. Saat orang tua melihat anak tidur berkeringat, cobalah terlebih dahulu bandingkan dengan perilaku tidur Mum sendiri. Jika orang tua juga memiliki riwayat yang juga mudah berkeringat saat tidur, maka dapat dimungkinkan anak juga mewariskan faktor genetik yang sama.

4.  Demam

Hal lain yang menyebabkan anak tidur berkeringat juga adalah demam. Saat anak sedang demam atau menunjukkan gejala akan terserang flu, tubuh anak saat sedang beristirahat biasanya sedang berusaha melawan virus jahat yang masuk ke tubuh. Hal ini dapat menyebabkan anak tidur berkeringat di malam hari. Anak yang berumur kurang dari 6 tahun sangat umum terserang demam, bahkan hingga dua sampai tiga kali dalam setahun.

5.  Gangguan Sistem Pernapasan Umum

Saat sistem pernapasan terganggu, maka subuh tubuh juga akan dengan mudah terganggu yang menyebabkan anak tidur berkeringat. Yang perlu diingat, seperti bahwa tidak semua anak tidur berkeringat disebabkan oleh gangguan sistem pernapasan, maka tidak setiap gangguan pernapasan juga menyebabkan anak tidur berkeringat. Secara medis, beberapa faktor gangguan pernapasan yang dapat menyebabkan anak tidur berkeringat adalah alergi, asma, hingga sleep apnea. Sleep apnea adalah sebuah gangguan tidur dimana pernapasan sering berhenti disaat tidur.

6.  Perubahan Hormon

Pubertas dapat dimulai semenjak anak berumur 8 tahun. Pada masa pubertas, perubahan hormon yang terjadi dapat menyebabkan anak tidur berkeringat. Pubertas secara umum dapat menyebabkan anak lebih mudah berkeringat. Biasanya keringat yang disebabkan oleh pubertas mempunyai ciri yang unik seperti bau yang menyengat. Jika anak tidur berkeringat dan orang tua dapat memperhatikan hadirnya bau yang menyengat bersamaan dengan keringat tersebut, dapat dimungkinkan keringat tersebut disebabkan oleh perubahan hormon yang sedang berlangsung pada anak.

7.  Radang atau Paru-Paru Sensitif

Nah, untuk yang satu ini mulai terlihat sebagai masalah yang cukup serius. Anak tidur berkeringat dapat disebabkan oleh radang pada paru-paru atau paru-paru yang sensitif. Salah satu penyebabnya adalah kualitas udara yang buruk, menyebabkan anak banyak menghirup udara yang kotor hingga debu-debu yang masuk ke paru-paru mereka. Pada kasus paru-paru yang sensitif hal ini dapat menyebabkan anak tidur berkeringat sekaligus munculnya gejala lain seperti batuk, nafas pendek, demam, dan perasaan seperti kelelahan. Namun begitu perlu dicatat bahwa faktor ini merupakan faktor yang cukup awam terjadi.

8.  Kanker

Kemungkinannya tentu sangat kecil jika anak tidur berkeringat hanya karena disebabkan oleh kanker. Biasanya dalam kasus kanker juga akan menunjukkan gejala masalah kesehatan lain yang cukup signifikan. Namun jika anak tidur berkeringat diikuti dengan gejala lain seperti demam, panas, pusing, sering muntah-muntah, nafsu makan yang buruk, hingga berat badan yang turun. Maka jangan ragu untuk membawa anak Mum ke dokter untuk pemeriksaan kesehatan lebih lanjut

Secara umum, anak tidur berkeringat tidak akan menjadi masalah yang serius selama hal tersebut terjadi secara wajar. Untuk membantu mengurangi kemungkinan anak tidur berkeringat Mum dapat menyiapkan baju tidur yang nyaman bagi anak. Pastikan suhu ruangan tempat mereka tidur cukup normal dan memiliki sirkulasi udara yang baik. Jika anak tidur berkeringat karena mereka terkena demam, maka besar kemungkinannya hal tersebut akan berangsur hilang seiring dengan sembuhnya flu yang terjadi pada anak. Yang terpenting, jangan ragu untuk mengkonsultasikannya kepada dokter jika Mum merasa keringat yang muncul saat anak tidur tidak pada level yang wajar.

Untuk mengoptimalkan tumbuh kembang si Kecil, Mums dapat memberikan susu Friso Gold 4 kepada anak. Susu Friso Gold 4 memiliki nutrisi yang lengkap, serta teknologi Locknutri menjaga kualitas nutrisi susu tetap dalam keadaan alami sehingga lebih mudah diserap tubuh si Kecil dan membantunya kuat dari dalam.

Sample Friso Gold

Selamat datang! Apakah Mums ingin mencoba Free Sample dari Friso?

Daftar Sekarang