Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif

Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih.

Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai.

Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi.

Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui.

Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.

Penyebab Anak Tidur Ngorok Seperti Sesak Nafas

Penyebab Anak Tidur Ngorok Seperti Sesak Nafas

Anak tidur ngorok seperti sesak nafas sangatlah mengganggu kualitas tidur anak. Mum sebagai orang tua memiliki kewajiban untuk memperhatikan kesehatan serta kualitas tidur sang buah hati. Hal ini dikarenakan anak membutuhkan istirahat yang cukup guna mengembalikan energi serta membantu dalam proses tumbuh kembang sang anak.

Namun, jika anak tidur ngorok seperti sesak nafas dikhawatirkan hal ini mengganggu kualitas tidurnya menjadi tidak baik dan hal ini juga akan membuat buah hati Mum mengalami gangguan kesehatan seperti obesitas, tekanan darah cenderung lebih tinggi, resistensi insulin, dan moodnya mudah berubah. Sebaliknya jika anak-anak yang memiliki jam tidur terjadwal, tepat waktu, dan cukup tidur memiliki kemampuan kognitif yang lebih baik, kesehatan yang baik, fisik yang lebih kuat, dan emosinya terkontrol.

Dalam beberapa kasus, anak yang mengalami kualitas tidur yang tidak baik disebabkan oleh gangguan kesehatan yang dialaminya. Salah satunya karena terjadinya gangguan pada sistem pernafasan yang menyebabkan anak kesulitan bernafas saat tidur, bahkan menyebabkan anak tidur ngorok seperti sesak nafas.

Meskipun tidak semua anak ngorok saat tidur mengalami gangguan kesehatan, akan tetapi orang tua patut waspada. Karena anak yang ngorok saat tidur tentu akan mempengaruhi perkembangan emosi dan juga fisik anak.

Salah satu gangguan yang menyebabkan kualitas tidur anak adalah sleep apnea. Sleep apnea adalah  gangguan tidur serius di mana pernafasan sering berhenti selama tidur yang menyebabkan penyempitan sehingga setiap tarikan nafas anak membuat jaringan di sekitar jalur pernafasannya bergetar, dan menghasilkan suara ngorok. Bahkan anak tidur ngorok seperti sesak nafas.

Jika terlihat anak tidur ngorok seperti sesak nafas segera konsultasikan ke dokter. Sebab, ngorok dapat terjadi karena aliran udara yang ditiup melalui mulut dan hidung. Hal ini tentu saja menjadi kekhawatiran para orang tua. Karena sesak nafas pada anak tidak bisa dianggap sepele. Karena saat bernafas, sistem pernafasan akan menyuplai oksigen ke darah dan kemudian disalurkan ke seluruh bagian tubuh.

Jadi, jika anak tidur ngorok seperti sesak nafas suplai oksigen pada tubuhnya akan mengalami hambatan. Bahkan, pada sejumlah kasus, masalah ini bisa menjadi pertanda anak Mum mengalami penyakit tertentu dan butuh pengobatan sesegera mungkin.

Penyebab Sesak Nafas pada Anak

Dikutip dari Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), sesak nafas merupakan tanda awal gagal nafas. Penyebabnya sendiri sangat bervariasi, mulai dari infeksi, alergi saluran nafas termasuk asma, tersedak benda asing, dan kelainan bawaan saluran nafas yang menyebabkan anak tidur ngorok seperti sesak nafas

Sebagai orangtua, sudah sepatutnya untuk mengetahui apapun yang dialami oleh anak Mum, termasuk pada saat melihat sang anak tidur ngorok seperti sesak nafas. Namun, sesak nafas yang awalnya ringan dan berkembang menjadi berat sering luput dari perhatian orang tua.

Mengenali Gejala Sesak Nafas

Cara agar sesak nafas yang anak alami cepat teratasi, Mum perlu mengenali gejala sesak nafas sejak awal. Biasanya anak yang mengalami gejala awal sesak nafas akan tampak gelisah, rewel, sering menangis, dibarengi dengan sulitnya anak untuk makan dan minum. Dan saat ia tertidur, Mum akan melihat sang anak tidur ngorok seperti sesak nafas, hal ini tentu saja jangan dianggap sepele. Segeralah bawa anak Mum ke dokter guna pemeriksaan lebih lanjut.

Saat bernafas, akan terlihat frekuensi nafas anak lebih cepat dari biasanya disertai tarikan dinding perut bagian atas. Dan bila sesak bertambah, maka akan ditemukan tarikan dinding dada, kemudian cuping hidungnya kembang kempis. Pada penyakit tertentu dapat terdengar suara nafas ngorok, mengigau juga anak tidur ngorok seperti sesak nafas.

Sesak nafas kerap kali ditandai oleh frekuensi menarik nafas yang terlalu cepat. Mum bisa coba menghitung frekuensi nafas anak dengan cara meletakkan tangan pada dada anak dan menghitung gerak nafas anak dalam 1 menit. Dan untuk anak usia 1-5 tahun, nafasnya dikatakan cepat jika frekuensinya 40 kali atau lebih per menit.

Jika yang Mum rasakan nafasnya cepat disertai dengan tarikan dinding dada ke dalam, dapat pula disertai dengan gejala kepala seperti mengangguk-angguk ketika bernafas atau kebiruan pada bibir, maka pada anak tersebut terdapat kondisi sesak nafas. Juga saat anak tidur ngorok seperti sesak nafas itu juga dapat menjadi indikasi bahwa anak Mum mengalami gangguan pernafasan yang harus ditangani, karena hal tersebut akan mengganggu waktu istirahatnya.

Pada keadaan darurat lainnya, frekuensi nafas anak akan berkurang dan tarikan dinding dada melemah sampai menghilang, yang menandakan anak dalam kondisi sangat lelah dan akhirnya dapat terjadi henti nafas. Gangguan peredaran darah kulit terjadi pada keadaan sesak nafas berat, gejala paling ringan adalah kulit telapak tangan dan kaki menjadi pucat dan berkeringat dingin.

Pada kasus yang lebih parah, akan muncul bercak kebiruan pada kulit yang pucat tersebut. Jika hal ini tidak segera ditangani, maka bercak tersebut akan merata ke seluruh tubuh.

Apa yang Harus Dilakukan saat Anak Sesak Nafas?

Sesak nafas yang dialami anak penting diketahui guna mengenali sesak nafas awal pada anak sedini mungkin dan segera bawa ke rumah sakit yang memadai agar sang anak dapat diberikan bantuan pernafasan dengan segera. Jika Mum mengetahui anak tidur ngorok seperti sesak nafas, bisa jadi hal ini masuk kedalam kasus sesak nafas berat yang harus diberikan bantuan pernafasan agar membebaskan saluran nafas, memberikan bantuan nafas dan sirkulasi darah, serta obat-obatan. Jika orang tua baru mengenali sesak nafas dalam stadium lanjut dan berat, segera bawa anak Mum ke ruang gawat darurat untuk dilakukan bantuan pernafasan emergensi sampai dipersiapkan ke ruang rawat inap intensif.

Cara Mengatasi Anak Tidur Ngorok seperti Sesak Nafas

Cara mengatasi anak tidur seperti sesak nafas, Mum perlu mengetahui terlebih dahulu gejala-gejala yang timbul sebelum melihat kondisi anak yang ngorok dan kesulitan bernafas ketika ia tidur. Disamping itu, Mum juga harus mengetahui penyebab utama sang buah hati ngorok. Apakah karena obesitas, sakit tenggorokan, pilek, gangguan pada amandel atau lain-lainnya

Hal itu bertujuan untuk menyesuaikan terapi yang akan diberikan untuk membantu mengatasi anak tidur ngorok seperti sesak nafas. Misalnya jika si Kecil obesitas, maka menurunkan berat badan adalah solusinya utamanya. Jika anak ngorok saat tidur dipicu oleh tonsil yang membesar, maka pemberian antibiotik atau operasi untuk mengangkat jaringan tersebut yang jadi jalan keluarnya.

Demikian ulasan tentang cara mengatasi  anak tidur ngorok seperti sesak nafas. Untuk menjaga daya tahan tubuh si kecil Mums bisa berikan Friso Gold 4 guna memenuhi kebutuhan hariannya. Friso dengan teknologi Locknutri, menjaga nutrisi alami didalam susu sehingga mudah diserap tubuh si Kecil. Friso akan menjaga daya tahan tubuh si Kecil. Pastikan selalu lengkapi nutrisi si kecil dengan Friso Gold 4 ya Mums.

Sample Friso Gold

Selamat datang! Apakah Mums ingin mencoba Free Sample dari Friso?

Daftar Sekarang