Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif

Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih.

Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai.

Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi.

Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui.

Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.

3 Poin Penting Pendidikan Karakter untuk si Kecil

3 Poin Penting Pendidikan Karakter untuk si Kecil

Tumbuh kembang si Kecil selalu harus diberikan rangsangan yang tepat. Pendidikan formal serta informal, keduanya harus berjalan berdampingan, bukankah demikian Mums? Nah, kali ini, akan dibahas mengenai pendidikan karakter, salah satu hal paling mendasar yang dapat sangat menentukan akan menjadi pribadi seperti apa ketika ia tumbuh dewasa.

Topik pendidikan karakter secara luas telah menjadi concern banyak orang tua dan tenaga pendidik ketika mendukung tumbuh kembang si Kecil. Namun demikian, tidak setiap orang memahami benar konsep, cara dan manfaat yang diberikan ketika membiasakan si Kecil menjadi seorang yang baik.

Untuk memberikan sedikit gambaran mengenai apa itu pendidikan karakter, yuk Mums simak penjelasan berikut ini. Beberapa poin berikut dapat Mums jadikan acuan agar si Kecil tumbuh menjadi seorang dengan karakter kuat serta sesuai dengan harapan Mums semua.

Pendidikan Karakter Dimulai Sejak Dini

Tidak seperti pendidikan formal yang memiliki acuan usia untuk diberikan, Mums dapat memberikan pendidikan karakter pada si Kecil sedini mungkin. Caranya adalah dengan membiasakan si Kecil melakukan hal yang baik. Misalnya saja, dengan berbicara menggunakan kata dan nada yang lembut, membiasakan meletakkan barang kembali ke tempatnya, dan sebagainya.

Pendidikan karakter akan jauh lebih mudah dilakukan jika sejak kecil ia sudah dibiasakan dengan berbagai pola perilaku yang sesuai norma. Dengan begini, ketika tiba saatnya si Kecil berinteraksi dengan orang lain, dasar perilaku yang dimilikinya akan seperti yang Mums ajarkan.

Biasakan mengajak si Kecil berbicara sejak kecil, karena ini akan membuat ia menerima paparan komunikasi yang intens. Kelak apa yang dilihat si Kecil akan tertanam dalam ingatannya, dan membentuk pola perilaku yang juga baik. Pendidikan karakter bukanlah hal yang dapat dipelajari dengan instan, maka dari itu sangat disarankan untuk mulai memberikan paparan hal baik pada si Kecil sedini mungkin.

Kanal Memberikan Pendidikan informal Ini

Nah, untuk kanal yang digunakan, Mums memiliki sangat banyak pilihan. Mulai dari kegiatan sosial, pembiasaan di rumah, kegiatan olahraga atau kegiatan lain yang memiliki nilai-nilai kebaikan di dalamnya. Mums juga dapat mengajak si Kecil bertemu dengan banyak orang baru ketika melakukan kegiatan-kegiatan tersebut.

Misalnya ketika mengajak si Kecil mengikuti kegiatan sosial seperti bersih-bersih lingkungan. Di sini Mums dapat mengajarkannya bahwa kebersihan adalah hal yang penting, tidak hanya untuk dirinya sendiri namun untuk lingkungan secara umum. Ketika kebersihan dapat dijaga, idealnya virus dan bakteri dapat diminimalisir sehingga penyakit tidak akan mudah menyerang.

Untuk kegiatan olahraga, Mums dapat mengajarkan pendidikan karakter sekaligus dengan memberikan rangsangan pada pertumbuhan fisiknya. Di sini ia dapat belajar mengenai sportivitas, berbagi, saling bekerja sama, saling menolong, serta percaya kepada rekan satu timnya. Ajak ia untuk bermain permainan beregu agar nilai-nilai baik lebih mudah diajarkan ya Mums!

Peran Mums dan Guru Di Sekolah

Jika melihat peran dari orang dewasa, seperti Mums dan guru di sekolah si Kecil, tentu memegang porsi yang besar. Orang dewasa dalam pendidikan karakter berperan sebagai pihak yang mengenalkan, mengarahkan dan membimbing si Kecil agar mendapat pemahaman yang tepat untuk setiap nilai yang diajarkan.

Ketika memberikan pendidikan karakter, baik Mums atau guru si Kecil di sekolah sudah selayaknya menunjukkan karakter atau nilai yang ingin diajarkan secara langsung. Learning by doing, mungkin menjadi konsep belajar yang paling tepat. Dengan melihat secara langsung apa yang ingin disampaikan dan diajarkan, si Kecil dapat langsung mencoba dan mempraktekkannya.

Agar pembelajaran karakter ini semakin efektif, usahakan agar pembelajaran dilakukan dengan mood yang ceria. Ketika si Kecil berada dalam kondisi emosional yang baik, apapun yang dilihat dan dirasakannya dapat memberi efek baik pula pada tumbuh kembangnya. Otomatis nilai yang Mums ajarkan lebih mudah diserap dan tertanam dalam diri si Kecil.

Rangsangan tumbuh kembang baik fisik maupun psikis si Kecil idealnya menjadi prioritas untuk Mums. Bukan tanpa sebab, periode emas tumbuh kembang disebut demikian karena pada fase ini si Kecil benar-benar berkembang secara signifikan baik dari segi fisik dan psikisnya. Ini dianggap menjadi saat paling tepat untuk menanamkan nilai kebaikan dalam diri si Kecil sehingga dapat menjadi pegangan hidupnya kelak.

Pendidikan karakter dan rangsangan perkembangan fisik perlu dilakukan secara berkesinambungan. Tentu, untuk mendukung kedua hal tersebut Mums juga harus memberikan asupan nutrisi yang cukup sehingga tubuh dan otaknya memiliki bahan bakar untuk terus berkembang dan tumbuh. Berikan makanan dan minuman kaya nutrisi, dan lengkapi dengan Friso Gold 4. Dengan nutrisi yang lengkap dan dijamin teknologi Locknutri, kualitas alami nutrisi akan tetap terjaga. Selain itu, Friso Gold 4 juga diproses dengan sistem Single Process tanpa melalui proses pemanasan berlebih. Berikan Friso Gold 4 untuk terus mendukung tumbuh kembangnya, Mums!

Sample Friso Gold

Selamat datang! Apakah Mums ingin mencoba Free Sample dari Friso?

Daftar Sekarang