Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif

Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih.

Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai.

Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi.

Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui.

Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.

2 Ide Dongeng Anak Sederhana Penghantar Tidur si Kecil

2 Ide Dongeng Anak Sederhana Penghantar Tidur si Kecil

Kegiatan sebelum tidur apa yang biasanya Mums berikan untuk si Kecil? Apakah bermain? Atau belajar? Atau mungkin menceritakan dongeng anak? Untuk yang belakangan disebut terasa cukup klasik ya Mums? Namun demikian, ternyata dongeng sebelum tidur untuk si Kecil dapat memberikan manfaat yang cukup besar lho. Tahukah Mums akan hal ini?

Dongeng dibacakan oleh Mums untuk si Kecil dapat memberikan dampak relaksasi, ketenangan sekaligus memberikannya pelajaran mengenai berbagai nilai baik. Penanaman nilai baik melalui dongeng akan sangat efektif jika Mums melakukannya secara rutin. Jadi apapun nilai baik yang ada dalam cerita akan tertanam perlahan bersamaan dengan pemahaman si Kecil pada cerita yang dibacakan.

Nah jika Mums belum memiliki ‘stok’ dongeng untuk dibacakan guna menghantarkan si Kecil tidur pulas, dongeng anak singkat berikut ini dapat Mums jadikan opsi. Nantinya tinggal menyesuaikan saja tokoh atau topik apa yang disukai si Kecil agar ia semakin nyaman ketika mendengarkan dongeng tersebut.

Kisah Singa Si Raja Hutan dan Sekelompok Tikus Kecil

Kisah ini menceritakan mengenai bagaimana sebuah kebaikan pada hal terkecil sekalipun dapat bermanfaat di kemudian hari. Kisahnya adalah sebagai berikut :

Dahulu kala hiduplah seekor singa yang menjabat sebagai raja di hutan belantara. Ketika ia tengah tertidur pulas, ada segerombolan tikus remaja yang kebetulan melintas di dekat singa tersebut. Salah satu tikus kemudian ingin menjahili sang singa yang tengah tertidur dengan memainkan bagian ekor sang singa tersebut. Singa yang tengah tertidur pulas terbangun dengan kaget dan hendak memakan tikus sebagai hukuman karena telah mengganggu tidurnya.

Tikus-tikus yang sudah cukup dewasa kemudian muncul untuk berbicara pada  raja hutan ini. Mereka memohon maaf atas kelakukan anak-anak remaja tikus ini dan menjelaskan bahwa mereka hanya berniat bergurau saja. Setelah mempertimbangkan dengan matang, maka singa mengampuni tikus-tikus remaja tadi. Kawanan tikus kemudian berterimakasih pada singa dan berjanji akan membalas kebaikan singa tersebut.

Beberapa waktu kemudian ketika singa sedang berpatroli untuk mengontrol keamanan, ia menginjak perangkap yang sudah dipasang oleh pemburu. Selama beberapa jam singa terus meminta pertolongan, namun tak ada hewan lain yang mendekatinya. Gerombolan tikus mendengar jeritan singa ini, kemudian memutuskan untuk mendatangi dan mencoba memotong jerat yang menjebak singa. Benar saja, dalam waktu singkat jerat dapat digigit hingga putus oleh tikus, dan singa dapat kembali bebas.

Dongeng Anak Mengenai Semut dan Belalang

Jika ide dongeng anak pertama tadi menjagarkan mengenai kebaikan, maka dongeng yang satu ini menceritakan mengenai kerja keras dan kegigihan dalam melakukan suatu hal.

Dahulu kala hiduplah seekor belalang yang pandai menyanyi dan bermusik. Hari-harinya dihabiskan dengan menikmati hangatnya sinar matahari dan bernyanyi. Belalang percaya bahwa kehidupan akan selalu berjalan menyenangkan tanpa harus dipikirkan terlalu jauh. Di dekat si belalang sering bernyanyi, hidup juga segerombolan semut yang setiap hari bekerja mengumpulkan makanan.

Suatu saat si belalang bertanya, mengapa kawanan semut selalu bekerja keras mengumpulkan makanan. Padahal jika dilihat makanan yang ada tidak akan pernah habis. Kawanan semut menjawab bahwa sebentar lagi akan tiba musim dingin yang memuat serangga tak bisa keluar dari sarangnya. Makanan ini dikumpulkan agar kelak mereka tetap bisa hidup dan bertahan.

Mendengar hal ini belalang tertawa terbahak-bahak dan justru menyepelekan apa yang dikatakan kawanan semut. Benar saja, setelah beberapa hari berlalu, suhu mulai menurun dan membuat serangga tidak dapat bertahan lama di permukaan tanah. Belalang kemudian meminta maaf pada kawanan semut karena telah menyepelekan apa yang mereka lakukan dan meminta sedikit persediaan makanan.

Menyikapi hal ini, ratu semut yang bijaksana akhirnya memaafkan belalang dan memberikan sedikit persediaan makanan agar ia dapat bertahan. Si ratu semut juga memberikan nasihat agar belalang tidak lagi mengulangi perbuatannya dan berhenti bermalas-malasan. Bekerja keras dan kegigihan adalah kunci utama agar masa depan dapat lebih terjamin dan aman dari ancaman perubahan yang ekstrim.

Kedua dongeng anak di atas dapat Mums jadikan pilihan untuk menghantarkan si Kecil tidur lebih nyenyak. Ceritanya yang ringan dan melibatkan tokoh berupa binatang dapat menjadi pilihan yang tepat karena tidak akan membuat si Kecil terlalu berpikir sebelum waktu istirahatnya.

Waktu istirahat sendiri, yang didampingi dengan pembacaan dongeng anak, sangat penting untuk diupayakan menjadi waktu yang berkualitas. Ketika istirahat tubuh si Kecil tumbuh dengan optimal dan nutrisi makanan dapat diserap lebih baik. Tentu, untuk mendukung tumbuh kembangnya Mums juga perlu mencukupi kebutuhan nutrisi hariannya. Berikan makanan bergizi dan dampingi dengan Friso Gold 4. Teknologi Locknutri pada Friso Gold 4 menjamin kualitas alami nutrisi tetap terjaga sehingga dapat menunjang fase tumbuh kembang si Kecil dengan optimal. Temukan juga berbagai ide cerita dan dongeng lain untuk si Kecil pada berbagai artikel yang ada di dalam situs resminya!

Sample Friso Gold

Selamat datang! Apakah Mums ingin mencoba Free Sample dari Friso?

Daftar Sekarang