Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif

Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih.

Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai.

Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi.

Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui.

Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.

5 Tips Sederhana Membuat Ruang Belajar

5 Tips Sederhana Membuat Ruang Belajar

Ruang seperti apa yang Mums inginkan ketika harus menyelesaikan pekerjaan di rumah? Ruang yang terang? Ruang yang nyaman? Ruang yang tenang? Tentu banyak yang diperlukan untuk menjadikan sebuah ruang kerja ideal bukan? Hal ini sama seperti ketika Mums ingin membuatkan ruang belajar untuk si Kecil lho. Ketika Mums dapat bekerja dengan maksimal dengan ruangan nyaman, si Kecil juga ternyata akan dapat belajar maksimal di ruangan yang tepat.

Konsep ruang belajar ideal untuk si Kecil memang bukanlah hal yang sulit untuk diwujudkan, namun memerlukan ketelitian dan kejelian Mums dalam memanfaatkan ruang yang dimiliki. Tentu saja, jika memungkinkan sangat direkomendasikan untuk melibatkan si Kecil dalam pembuatan ruang belajar ini. Tujuannya sederhana, agar ia merasa memiliki andil dan menjadi lebih bersemangat ketika belajar di ruang ‘buatannya sendiri’.

Sebagai masukan dan ide, berikut beberapa poin yang sebaiknya Mums perhatikan ketika membuat ruang belajar. Simak selengkapnya ya Mums!

Spot yang Tepat

Ruang belajar harus ditempatkan pada lokasi yang tepat. Tepat di sini dalam artian lokasi yang kondusif, memiliki cukup ruang bergerak dan penyimpanan, serta mudah diakses. Alternatif utama yang banyak dipilih biasanya adalah menjadi satu dengan kamar si Kecil dengan mengambil satu bagian atau satu sudut tertentu.

Dengan pemilihan spot yang tepat untuk menempatkan ruang belajar, baik Mums atau si Kecil dapat memiliki waktu yang berkualitas ketika belajar dan mendampingi prosesnya. Penempatan ruang belajar ini juga harus diiringi dengan desain yang cocok, sehingga ruang yang dimiliki dapat dimanfaatkan secara maksimal.

Ruang Belajar yang Nyaman

Tidak sedikit anak-anak yang justru banyak menghabiskan waktu belajar di tempat tidur, atau di lantai, atau di area lain. Hal ini disebabkan ruang belajar yang diberikan kurang nyaman sehingga si Kecil tidak betah menghabiskan banyak waktu di sana. Lalu bagaimana cara membuat ruang belajar yang nyaman?

Mums dapat memberikan beberapa bantal atau kursi yang empuk agar ia nyaman ketika duduk. Berikan juga meja yang cukup lebar sehingga si Kecil dapat meletakkan barangnya di atas meja. Selanjutnya, buat ruang atau area belajar bernuansa cerah dan ceria. Warna ini dapat membangkitkan semangat dan kreativitasnya dalam proses belajar lho.

Penerangan yang Cukup untuk Ruang Belajar

Jangan lupa juga untuk memberikan penerangan yang cukup. Selain untuk menjaga mood dan nuansa ketika si Kecil belajar, cahaya yang cukup juga penting agar penglihatan si Kecil dapat bekerja dengan baik. Ketika cahaya di area ini redup, mata akan dipaksa untuk bekerja lebih berat dan hal ini tidak baik untuk jangka panjang.

Jika Mums memiliki cukup ruang dan sumber daya, Mums dapat memberikan variasi penerangan dengan berbagai lampu hias custom yang dapat dimodifikasi dengan leluasa. Selain memberikan penerangan, lampu-lampu ini juga dapat menjaga semangat si Kecil sehingga ia betah berlama-lama di ruang belajar tersebut.

Penyimpanan Peralatan dan Perlengkapan

Jika mainan yang dimiliki si Kecil saja memiliki kotak atau tempat tersendiri ketika disimpan, tentu hal yang sama juga dapat diaplikasikan untuk peralatan dan perlengkapan belajar si Kecil.  Keberadaan tempat penyimpanan ini tidak sekedar menjaga agar barang-barang si Kecil tidak hilang, namun juga dapat melatihnya untuk tetap bertanggung jawab pada barang yang digunakannya.

Letakkan area penyimpanan di dekat meja belajar, sehingga si Kecil tidak perlu menghabiskan waktu untuk mengambil atau meletakkan kembali peralatan yang akan dan sudah digunakan. Mums bisa menempatkan kotak yang cukup besar, atau mengosongkan area laci atau lemari kecil di meja belajar si Kecil.

Terakhir dan Tidak Kalah Penting, Tempat Sampah

Meski terdengar sepele dan tidak terlalu penting, tempat sampah tidak boleh dilupakan ketika akan membuat ruang belajar untuk si Kecil. Tujuan praktisnya adalah agar sampah atau apapun sisa proses belajar yang tak lagi digunakan dapat dibuang pada satu tempat sehingga tidak berantakan.

Nilai plus lain adalah Mums dapat mengajarkan si Kecil mengenai pentingnya kebersihan di lingkungan. Dengan tempat yang bersih, bakteri dan virus cenderung tidak akan tumbuh dan memperbanyak diri. Secara rutin, minta si Kecil untuk membuang sampah  yang sudah terkumpul dalam beberapa hari.

Membuat ruang belajar memang bukan hal yang sulit. Tips sederhana di atas dapat segera Mums terapkan untuk membuat area belajar sehingga si Kecil dapat tumbuh dan berkembang lebih optimal. Kegiatan seperti membaca, menulis, berhitung atau hal lainnya bisa dilakukan di satu area tanpa harus membuat setiap bagian rumah berantakan.

Ruang belajar untuk si Kecil, keberadaannya penting untuk proses belajar si Kecil. Agar proses ini berjalan secara maksimal, Mums juga perlu memastikan kebutuhan nutrisi hariannya terpenuhi dengan makanan dan minuman bernutrisi. Mums juga dapat memberikan Friso Gold 4 sebagai pelengkap nutrisi harian. Friso dengan teknologi Locknutri, kualitas nutrisi alami senantiasa terjaga sehingga mudah diserap tubuh si Kecil dan membantunya kuat dari dalam. Selain itu metode Single Process yang digunakan dalam produksi juga tidak memberikan pemanasan berlebihan pada susu sapi dan manfaatnya dapat dinikmati sepenuhnya oleh si Kecil.

Sample Friso Gold

Selamat datang! Apakah Mums ingin mencoba Free Sample dari Friso?

Daftar Sekarang