Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif

Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih.

Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai.

Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi.

Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui.

Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.

Kriteria Sekolah Ramah Anak, Mums Perlu Tahu Lho!

Kriteria Sekolah Ramah Anak, Mums Perlu Tahu Lho!

Lembaga pendidikan, dalam hal ini sekolah, merupakan lingkungan kedua yang akan menjadi tempat si Kecil tumbuh dan berkembang. Dalam usia sekolah, banyak waktu si Kecil yang akan dihabiskan di lembaga ini. Dalam rangka mendukung proses tumbuh kembangnya, salah satu hal yang harus dipastikan dalam memilih lembaga pendidikan adalah status sekolah ramah anak, dimanapun si Kecil nantinya mengenyam pendidikan.

Konsep sekolah ramah anak ini merupakan salah satu program dari pemerintah melalui dinas terkait untuk memastikan agar waktu belajar si Kecil di sekolah dapat benar-benar maksimal dalam memberikan ilmu dan membentuk karakternya. Harapannya, proses belajar yang dilalui si Kecil dapat benar-benar menyiapkannya menjadi generasi penerus bangsa, tidak hanya dari sisi intelektual namun juga karakter dan sifat yang dimilikinya.

Nah, untuk memastikan lembaga pendidikan yang Mums pilih adalah sekolah ramah anak, ada beberapa kriteria yang terlebih dahulu dapat Mums pastikan. Beberapa poin berikut ini dapat memberikan gambaran mengenai kriteria tersebut.

Komitmen Tertulis Sekolah Ramah Anak

Poin pertama, dan mungkin yang paling utama, adalah komitmen tertulis dari lembaga pendidikan yang Mums pilih. Komitmen ini berisikan berbagai poin terkait sekolah yang ramah anak, sehingga secara hukum dapat dipertanggungjawabkan. Dengan memastikan keberadaan komitmen tertulis ini, setidaknya ada jaminan yang diberikan oleh lembaga pendidikan secara formal.

Komitmen ini adalah bentuk kesungguhan lembaga pendidikan untuk memastikan bahwa seluruh hak anak terpenuhi dan si Kecil akan senantiasa mendapat perlindungan selama berada di lingkungan sekolah. Tindakan seperti perundungan, kekerasan baik fisik maupun verbal, dan segala bentuk perlakuan lain yang melanggar hak si Kecil dipastikan untuk tidak ada sehingga karakter si Kecil akan terbangun dengan baik.

Proses Belajar Mengajar yang Ideal

Proses belajar mengajar dapat dikatakan ideal ketika pihak sekolah dapat menyediakan tenaga pendidik yang kompeten, tak hanya di bidang yang menjadi spesialisasinya, namun juga pemahaman mendalam mengenai hak dan cara memperlakukan anak. Poin ini menjadi penting karena sebagian besar waktu si Kecil akan dihabiskan pada lingkungan sekolah.

Secara langsung, sekolah dan tenaga pendidik juga memiliki peran besar dalam membentuk tidak hanya kecerdasannya, namun juga sifat si Kecil, karakter yang akan muncul dan kemampuan sosial si Kecil. Perlakuan sama rata pada setiap pelajar yang masuk ke lembaga pendidikan tersebut juga dapat menjadi salah satu indikasi bahwa proses belajar mengajar yang ideal selalu diupayakan oleh pihak sekolah.

Sarana dan Prasarana yang Ramah Anak

Kriteria selanjutnya yang perlu Mums pastikan adalah bahwa sekolah memiliki sarana dan prasarana yang ramah anak. Hal ini dapat diterjemahkan sebagai rasa aman dan nyaman ketika si Kecil berada di lingkungan sekolah. Sarana dan prasarana yang baik dapat dilihat dari bentuk fisik sekolah. Tentu hal ini berkaitan langsung dengan keamanan si Kecil ketika beraktivitas dalam lingkungan sekolah tersebut.

Ketika si Kecil dapat beraktivitas dengan jaminan rasa aman dan nyaman, maka dapat dikatakan sekolah tersebut ramah anak. Bangunan yang kokoh, keberadaan fasilitas yang lengkap dan layak serta maintenance yang baik dari pihak sekolah. Hal ini dapat dilihat sebagai bentuk komitmen sekolah dalam memberikan lingkungan belajar yang terbaik untuk anak didik yang masuk ke sekolah tersebut.

Keterlibatan Orang Tua dalam Aktivitas Sekolah

Poin terakhir yang dapat dilihat adalah apakah sekolah melibatkan orang tua, dalam hal ini Mums, dalam kegiatan yang diadakan. Bukan dalam artikan turut serta menyusun program pembelajaran dan sebagainya, namun lebih kepada keterbukaan sekolah pada aktivitas yang dilakukan si Kecil di lingkungan sekolah ramah anak.

Ketika sekolah mempu memberikan jaminan keterbukaan informasi mengenai kegiatan belajar mengajar dan ekstrakurikuler yang diberikan untuk si Kecil, dapat dipastikan sekolah mendukung penuh upaya mewujudkan sekolah ramah anak yang disusun oleh pemerintah. Keterbukaan ini secara langsung dapat memberikan akses pada Mums untuk mengawasi secara langsung apa saja yang dilakukan si Kecil di sekolah.

Konsep sekolah ramah anak memang merupakan konsep ideal yang diupayakan pemerintah untuk dapat diterapkan pada setiap lembaga pendidikan, baik negeri atau swasta. Tentu konsep ini jika disimak lebih jauh sangat baik. Namun demikian perlu partisipasi dari setiap pihak dalam pelaksanaan sekolah dengan konsep ini. Jangan sampai dalam upaya mewujudkannya, Mums malah lepas tangan dan tidak memberikan andil apapun.

Memilih sekolah ramah anak untuk si Kecil adalah hal yang seharusnya menjadi prioritas. Tentu, hal ini juga tak lepas dari upaya Mums dalam memenuhi kebutuhan si Kecil ketika di rumah. Kebutuhan dasar seperti afeksi dan pemenuhan nutrisi harian harus selalu dipastikan. Selalu berikan makanan dan minuman bernutrisi tinggi untuk si Kecil agar tumbuh kembangnya berjalan optimal. Berikan juga Friso Gold 4 untuk membantu memenuhi kebutuhan nutrisi hariannya. Friso Gold 4 dengan teknologi Locknutri dapat menjaga kualitas nutrisi alami dalam susu sehingga lebih mudah diserap si Kecil dan membantunya kuat dari dalam. Pastikan setiap fase tumbuh kembangnya berjalan optimal dengan segala dukungan yang bisa diberikan ya Mums!

Sample Friso Gold

Selamat datang! Apakah Mums ingin mencoba Free Sample dari Friso?

Daftar Sekarang