Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif

Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih.

Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai.

Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi.

Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui.

Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.

Tips dan Trik Diet Sehat Masa Menyusui, Mums Perlu Tahu Lho!

Tips dan Trik Diet Sehat Masa Menyusui, Mums Perlu Tahu Lho!

Masa menyusui adalah masa ketika Mums dan si Kecil menjalin ikatan emosional yang sangat intim. Kedekatan emosi dapat terbangun secara alami karena proses ini. Proses menyusui juga menuntut Mums agar memiliki pola makan atau diet sehat. Tujuannya sederhana, agar asupan ASI yang diberikan untuk si Kecil dapat memenuhi kebutuhan nutrisi hariannya. Tapi bagaimana tips dan triknya?

Mums berada pada artikel yang tepat jika ingin mencari tahu tentang menu makanan atau diet sehat yang ideal untuk masa menyusui. Pada dasarnya, Mums perlu memastikan untuk mengkonsumsi makanan sehat seperti sayur dan buah, cairan yang cukup, Karbohidrat, serat serta Protein dalam jumlah yang tepat. Sebenarnya menu ini adalah menu sehat seperti biasa, namun dalam masa menyusui efeknya akan sangat baik untuk kesehatan Mums dan si Kecil.

Di sini akan sedikit dibagi beberapa tips dan trik serta pemahaman singkat mengenai diet sehat yang direkomendasikan. Simak selengkapnya ya Mums!

Diet Sehat dengan Memenuhi Cairan Tubuh

Masa menyusui menuntut Mums untuk selalu memenuhi kebutuhan cairan tubuh Mums. Hal ini karena untuk memproduksi ASI, tidak hanya nutrisi saja yang diperlukan namun juga cairan. Untuk memenuhi cairan tubuh, pilihan paling tepat adalah air putih. Disamping karena sifatnya yang netral, air putih juga merupakan bahan baku ASI yang baik dan mudah dicerna.

Selain konsumsi air putih yang cukup, setidaknya dua liter dalam satu hari atau delapan gelas, Mums juga dapat mengkombinasikannya dengan jus buah segar atau Frisomum Gold Dualcare+. Kedua minuman ini dapat digunakan untuk menambah kandungan nutrisi di dalam ASI serta menjaga kondisi tubuh Mums agar tetap dalam keadaan sehat.

Konsumsi Vitamin D dan Asam Lemak Esensial

Masa menyusui tentu bersamaan dengan usia awal si Kecil dalam kehidupannya. Seperti diketahui dengan baik, bahwa pada fase ini pertumbuhan dan perkembangan fisik si Kecil berlangsung secara masif. Ini mengapa, asupan Vitamin D untuk mendukung pertumbuhan tulang sangat diperlukan agar si Kecil memiliki fondasi pertumbuhan tulang yang baik.

Selain itu, Mums juga perlu memperhatikan konsumsi asupan makanan yang mengandung AA dan DHA yang bisa didapatkan dari ikan salmon, ikan tuna atau sarden. Konsumsi lemak esensial ini akan menunjang pertumbuhan sel otak si Kecil sehingga kelak ia dapat lebih mudah menangkap pelajaran dan menyerap hal yang baru ditemuinya untuk menjadi anak yang cerdas.

Camilan Sehat dan Bernutrisi

Siapa yang tidak menyukai kudapan dengan rasa manis dan kadar gulanya tinggi? Memang kudapan seperti ini terasa sangat menyenangkan dan nikmat. Namun dalam masa menyusui, ada baiknya Mums mengurangi camilan dengan kadar gula yang tinggi. Selain tidak terlalu baik untuk mencukupi kebutuhan nutrisi harian si Kecil melalui ASI, gula juga dapat berdampak buruk jika dikonsumsi terlalu banyak.

Sebagai gantinya Mums dapat mengkonsumsi camilan yang kaya akan serat dan Protein. Misalnya saja biji bunga matahari, kismis dan sebagainya. Konsumsi salad sebagai camilan juga sangat direkomendasikan, mengingat kandungan nutrisi dan serat di dalam sayur-sayuran sangat baik tidak hanya untuk Mums namun juga untuk si Kecil yang makanan utamanya adalah ASI.

Istirahat yang Cukup serta Perhatikan Jenis Makanan dan Reaksi si Kecil

Yang tidak kalah penting untuk diperhatikan adalah waktu istirahat yang cukup atau berkualitas. Tubuh Mums akan mengeluarkan banyak tenaga untuk memberikan perhatian penuh pada si Kecil setiap saat ketika sedang menyusui. Ini sebabnya, istirahat yang berkualitas sangat diperlukan agar tubuh Mums tetap terjaga dalam kondisi yang fit sehingga dapat memproduksi ASI dengan kualitas terbaik.

Terakhir, ada baiknya Mums memperhatikan reaksi si Kecil setelah mengkonsumsi ASI. Jika si Kecil menunjukkan gestur tidak nyaman atau menjadi rewel, mungkin hal ini disebabkan karena makanan yang Mums makan. Makanan tersebut merupakan bahan penyusun kandungan di dalam ASI. Selalu perhatikan reaksi si Kecil dan catat makanan apa saja yang Mums konsumsi, agar dapat melakukan seleksi dan mengurangi jenis makanan yang kira-kira membuatnya rewel.

Pada intinya, Mums perlu menerapkan pola hidup sehat. Mulai dari memperhatikan makanan yang dikonsumsi hingga memastikan waktu istirahat yang berkualitas. Idealnya ketika dua hal ini dipenuhi, si Kecil akan mendapat asupan ASI berkualitas serta kaya nutrisi, serta Mums dapat mencurahkan kasih sayang yang Mums miliki sepenuhnya untuk si Kecil.

Diet sehat menjadi salah satu hal yang direkomendasikan untuk menunjang optimalnya masa menyusui. Untuk membantu menjamin nutrisi harian si Kecil tercukupi, selain makanan sehat dan istirahat yang cukup Mums juga direkomendasikan mengkonsumsi susu khusus masa kehamilan seperti Frisomum Gold Dualcare+. Kandungan Zat Besi, Protein, Kalsium serta ALA dan LA dapat memberikan nutrisi yang cukup untuk mengoptimalkan tumbuh kembang fisik dan otak si Kecil. Selalu berikan yang terbaik untuk si Kecil, agar kelak ia menjadi anak yang sehat, kuat dan cerdas!

Sample Friso Gold

Selamat datang! Apakah Mums ingin mencoba Free Sample dari Friso?

Daftar Sekarang