Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif

Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih.

Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai.

Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi.

Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui.

Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.

Kondisi Plasenta Previa, Begini Penjelasan dan Sikap yang Harus Diambil

Kondisi Plasenta Previa, Begini Penjelasan dan Sikap yang Harus Diambil

Kehamilan yang Mums alami tentu adalah sebuah berkah yang selalu dinantikan. Ini mengapa kondisinya perlu selalu diperiksa, agar mengetahui perkembangan dan apa yang tengah terjadi pada kandungan Mums.  Dengan memeriksakan secara rutin, Mums dapat mengetahui bilamana terjadi kelainan atau kondisi yang memerlukan penanganan khusus, seperti salah satunya Plasenta Previa.

Apa itu Plasenta Previa?

Plasenta Previa adalah kondisi dimana kehamilan yang Mums alami memiliki kondisi khusus dimana plasenta tertanam di area bawah rahim sehingga menyebabkan terhalangnya jalan si Kecil ketika akan lahir. Kondisi ini tentu tidak dialami oleh semua Mums, namun hanya pada beberapa orang saja yang persentasenya tidak terlalu tinggi.

Umumnya, plasenta tidak berada pada area tersebut. Organ ini juga memiliki fungsi krusial dalam menjaga kandungan, seperti misalnya menyalurkan nutrisi dan oksigen kepada janin, memproduksi hormon kehamilan, mengangkut zat tidak berguna dari janin untuk dibuang melalui urin dan feses Mums, serta untuk melindungi janin dari benturan atau penyakit yang mungkin mengancam janin.

Setelah memahami apa yang dimaksud Plasenta Previa, ada baiknya Mums juga memahami gejala-gejala yang nampak ketika Mums memiliki kondisi ini.

Gejala yang Ditimbulkan dan Nampak

Ada beberapa gejala yang akan Mums rasakan ketika kandungan yang Mums miliki mengalami kondisi Plasenta Previa. Misalnya saja seperti berikut ini :

  • Terjadinya pendarahan vagina di trimester kedua kehamilan dengan darah berwarna merah terang dan disertai rasa sakit.
  • Bentuk rahim yang tidak normal atau terdapat guratan di lapisan rahim Mums.
  • Kelainan posisi janin di dalam rahim, biasa dikenal dengan sebutan sungsang.

Gejala yang muncul ini, ketika sudah Mums rasakan, ada baiknya segera memeriksakan ke dokter kandungan atau kehamilan Mums agar mendapat rekomendasi dan perlakuan profesional dengan tepat.

Penyebab atau Pemicu Kondisi Ini

Memang hal ini merupakan hal alami yang terjadi begitu saja. Namun ada beberapa pemicu yang dapat mendorong kondisi kandungan ini.

  • Belum atau sudah tidak siapnya kondisi rahim ketika kehamilan. Biasanya terjadi ketika usia Mums di bawah 20 tahun atau di atas 35 tahun.
  • Pernah mengandung dan melahirkan bayi kembar.
  • Bagian kepala si Kecil dalam kandungan tidak masuk ke rongga panggul.
  • Pernah mengalami kondisi yang sama sebelumnya.
  • Pernah melakukan operasi rahim.

Tidak dapat dipastikan dengan akurat apa penyebabnya, namun beberapa hal di atas dapat menjadi pemicu utama kondisi Plasenta Previa yang Mums alami pada kehamilan ini. Keadaan ini bukan tidak bisa ditangani, namun agar dapat ditangani dengan tepat, Mums perlu sesegera mungkin mengetahuinya dengan memeriksakan diri dengan USG Transvaginal untuk mendapatkan  hasil akurat.

Penanganan Kondisi Plasenta Previa

Penanganan yang diberikan akan tergantung pada kondisi Mums, apakah mengalami Plasenta Previa dengan pendarahan atau tidak. Untuk penanganan kondisi ini tanpa pendarahan, langkah yang akan dilakukan adalah :

  • Menghindari aktivitas berat yang dapat membuat banyak pergerakan di area perut dan panggul Mums agar kondisi janin tidak mengalami banyak pergeseran atau gerakan tidak perlu.
  • Ketika ditangani oleh dokter profesional, akan dipantai secara intensif kondisi janin yang ada di dalam kandungan Mums. Dokter akan berupaya untuk mempertahankan kehamilan hingga usia janin cukup untuk dilahirkan. Biasanya upaya ini akan didorong hingga usia kehamilan wajar yakni sembilan bulan sepuluh hari. Namun jika tidak memungkinkan, dokter akan mengupayakan agar si Kecil dapat lahir dengan proses caesar dengan menekan resiko sekecil mungkin.

Nah, untuk kondisi ketika Plasenta Previa terjadi disertai dengan pendarahan, langkah yang akan dilakukan akan sedikit lebih jauh.

  • Segera mengunjungi rumah sakit atau dokter kepercayaan Mums untuk mendapatkan rekomendasi langkah selanjutnya. Biasanya jika pendarahan ringan, akan direkomendasikan untuk beristirahat.
  • Ketika pendarahan yang terjadi cukup berat, maka segera ke dokter atau rumah sakit. Kondisi ini akan diatasi dengan upaya menghentikan pendarahan yang terjadi agar si Kecil tidak lahir prematur.
  • Transfusi darah untuk Mums yang mengalami pendarahan sangat berat untuk menjaga stabilitas tubuh Mums dan janin. Langkah lain adalah dokter akan memberikan rekomendasi obat yang dapat merangsang pertumbuhan paru-paru bilamana langkah caesar perlu dilakukan.
  • Jika pendarahan tidak dapat diatasi dan kondisi tidak menunjukkan perbaikan, maka langkah caesar akan ditempuh untuk menyelamatkan Mums dan janin. Tenaga profesional dapat dipastikan akan memberikan langkah dan rekomendasi terbaik berdasarkan pertimbangan setelah observasi mendalam.

Kondisi Plasenta Previa memang dapat dikatakan jarang terjadi, namun bukan berarti dapat disepelekan. Untuk mencegah terjadinya hal yang tidak diinginkan, sangat direkomendasikan untuk terus berkomunikasi dengan dokter kepercayaan Mums untuk meninjau secara rutin kondisi janin yang ada di dalam kandungan. Sertai juga dengan pola hidup sehat dan makanan bernutrisi untuk menjaga kondisi kesehatan Mums dan si Kecil yang ada di dalam kandungan. Konsumsi susu khusus kehamilan seperti Frisomum Gold Dualcare+ yang mengandung nutrisi lengkap yang diperlukan Mums dan janin.

Sample Friso Gold

Selamat datang! Apakah Mums ingin mencoba Free Sample dari Friso?

Daftar Sekarang