Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif

Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih.

Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai.

Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi.

Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui.

Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.

Fakta Manfaat Bubur Kacang Hijau, Makanan Wajib Posyandu

Fakta Manfaat Bubur Kacang Hijau, Makanan Wajib Posyandu

Ingatkah Mums ketika dahulu masih kecil dan tiba waktunya datang ke Posyandu, Mums akan mendapatkan berbagai makanan yang salah satunya adalah bubur kacang hijau? Atau mungkin hingga beberapa waktu belakangan, ketika Mums membawa si Kecil ke Posyandu, makanan yang sama masih diberikan? Lalu pernahkah Mums bertanya-tanya apa sebenarnya yang menyebabkan bubur ini selalu masuk dalam menu Posyandu?

Masuknya bubur kacang hijau dalam menu makanan atau jajanan yang diberikan pada saat mendatangi Posyandu ternyata bukanlah tanpa sebab lho Mums. Mungkin dahulu, hanya mitos dan kepercayaan saja, yang menyatakan bahwa makanan ini sangat baik untuk mendukung tumbuh kembang si Kecil. Secara ilmiah, ternyata hal ini dibenarkan. Nah, untuk mengetahui apa saja manfaatnya secara rinci, simak uraian dalam poin berikut ini!

Kaya Akan Vitamin dan Mineral

Ternyata dalam seporsi bubur kacang hijau yang dimasak dengan tepat, terdapat kandungan Vitamin C, A, K, E, dan B6 yang cukup banyak. Tentu saja vitamin ini kemudian sangat esensial untuk mendukung tumbuh kembang si Kecil secara umum. Mencukupi kebutuhan vitamin ini dapat memanfaatkan makanan yang diberikan dari Posyandu tadi.

Selain itu, ternyata terdapat kandungan Tiamin, Riboflavin, Niasi, Folat, Kalsium, Zat Besi, Magnesium, Kalium, Fosfor, Zinc dan Natrium. Sangat kaya akan vitamin dan mineral penting bukan? Padahal dahulu mungkin bubur kacang hijau hanya dianggap sebagai pelengkap kegiatan Posyandu saja. Namun ternyata segudang nutrisi ada pada setiap porsinya.

23 Gram Protein dalam 100 Gram Bubur

Cukup mengejutkan juga ketika diketahui bahwa kandungan Protein dalam setiap 100 gram bubur kacang hijau adalah sebanyak 23 gram. Ini artinya, sebanyak 23% dari bubur yang diberikan merupakan Protein yang sangat diperlukan dalam perkembangan otot dan organ pada anak-anak.

Angka ini tergolong tinggi jika mungkin dibandingkan dengan makanan lain, misalnya saja telur, daging ikan, atau daging ayam. Pada waktu yang bersamaan, konsumsi bubur kacang hijau juga cenderung memiliki potensi sangat kecil untuk menyebabkan alergi. Maka dari itu, makanan ini selalu menjadi pilihan untuk makanan tambahan yang diberikan pada si Kecil ketika Posyandu.

Tekstur Bubur Kacang Hijau yang Lunak

Kelebihan lain mengapa makanan ini selalu masuk dalam list makanan di Posyandu adalah karena teksturnya yang lunak dan mudah dicerna oleh organ pencernaan si Kecil. Pada usia balita, organ pencernaan si Kecil memang sudah dapat mencerna makanan dengan tekstur yang cukup padat. Namun demikian makanan dengan tekstur lunak seperti ini dapat membuat penyerapan nutrisi lebih mudah terjadi.

Semakin mudah nutrisi diserap oleh tubuh si Kecil, maka tubuh juga akan semakin cepat mendapatkan nutrisi yang diperlukan untuk tumbuh dan berkembang. Yang perlu ditekankan adalah proses pemasakan bubur yang satu ini, jangan sampai terlalu lama sehingga justru menghilangkan kadar nutrisi yang ada di dalamnya.

Efek Baik Jangka Panjang

Salah satu efek jangka panjang yang dapat diberikan dengan konsumsi bubur ini adalah terjaganya kesehatan organ dalam si Kecil seperti misalnya hati. Konsumsi kacang hijau yang rutin dapat membantu tubuh untuk menjaga kesehatan organ penting ini. Hal ini didukung dengan sebuah riset yang dimuat dalam researchgate.net.

Kesehatan hati dapat memiliki efek jangka panjang. Semakin sehat hati yang dimiliki si Kecil, maka otomatis pencernaan yang terjadi di dalam tubuhnya juga akan semakin optimal. Di waktu yang sama, kesehatan tubuh secara keseluruhan akan turut meningkat. Jadi, jangan lupa untuk menghabiskan bubur yang diberikan ya Mums!

Nutrisi untuk Kekebalan dan Daya Tahan Tubuh

Seperti yang Mums ketahui, kekebalan dan daya tahan tubuh harus selalu diperkuat agar si Kecil tidak mudah terserang penyakit. Salah satu caranya adalah dengan mencukupi kebutuhan nutrisi harian, seperti misalnya Vitamin A, C, dan E. Karena bubur kacang hijau mengandung ketiga vitamin ini, maka konsumsi secara rutin dapat membantu tubuh si Kecil menjadi kuat dan tidak mudah sakit.

Tentu saja sumber nutrisi yang dikonsumsi tidak hanya bubur tersebut saja, namun juga dibarengi dengan konsumsi makanan lain seperti buah dan sayur serta daging yang cukup. Dengan konsumsi makanan yang nutrisinya seimbang, maka tidak hanya daya tahan tubuh saja yang akan terjaga namun juga tumbuh kembangnya dapat berjalan optimal.

Makanan yang diberikan ketika Mums mendatangi Posyandu tentu sudah dipastikan kadar nutrisinya sehingga dapat membantu memenuhi kebutuhan nutrisi harian. Selain itu, Mums juga perlu menerapkan pola hidup sehat agar tumbuh kembang si Kecil berjalan optimal dan kesehatannya terus terjaga.

Konsumsi bubur kacang hijau sangat baik untuk tumbuh kembang si Kecil. Agar semakin lengkap, Mums dapat juga memberikan Friso Gold 4 yang juga mengandung nutrisi lengkap. Kelebihannya, Friso Gold 4 memiliki teknologi Locknutri yang dapat menjaga kualitas alami nutrisi dari bahan utama susu sapi, sehingga lebih mudah diserap oleh tubuh si Kecil. Selalu pastikan agar kebutuhan nutrisi si Kecil tercukupi, dan berikan rangsangan optimal agar ia tumbuh sehat, kuat dari dalam, dan cerdas!

Sample Friso Gold

Selamat datang! Apakah Mums ingin mencoba Free Sample dari Friso?

Daftar Sekarang