Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif

Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih.

Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai.

Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi.

Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui.

Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.

Siasati Anak Susah Makan dengan 4 Trik Berikut!

Siasati Anak Susah Makan dengan 4 Trik Berikut!

Ketika si Kecil berusia 3 hingga 6 tahun, aktivitas fisiknya tentu akan meningkat pesat. Mulai memiliki kendali dan koordinasi gerakan bagian tubuh, si Kecil akan semakin rajin menjelajah dan mencoba hal baru. Tentu, asupan nutrisi tidak boleh sampai tidak tercukupi. Tapi masalah akan muncul ketika anak susah makan, yang notabene membuat kebutuhan nutrisi hariannya sulit terpenuhi dan memicu berbagai masalah lainnya.

Lalu bagaimana cara mengatasinya? Apakah dengan mengajak si Kecil melakukan kegiatan lain sembari makan? Bukan itu cara yang paling tepat. Justru mengalihkan perhatian dan fokus si Kecil ketika makan akan dapat berpengaruh buruk pada tumbuh kembangnya secara keseluruhan. Si Kecil tidak akan memiliki waktu untuk memahami tekstur dan rasa makanan, hanya asal makan dan asal kenyang saja.

Ada beberapa trik yang bisa Mums coba untuk menyikapi hal ini. Beberapa trik sederhana ini terbukti ampuh untuk menyiasati anak susah makan. Dan tentu saja, tidak memiliki ‘efek samping’ untuk proses tumbuh kembang si Kecil. Apa saja triknya? Simak di bagian selanjutnya!

Mengurangi Porsi Makan

Eits, tunggu dulu, mengurangi di sini bukan dalam artian secara total mengurangi jumlah makanan yang disajikan. Pengurangan porsi dilakukan lebih pada penyajiannya. Jadi dalam jumlah total yang sama, sajikan pada porsi yang lebih kecil dan bagi menjadi beberapa bagian. Terkadang si Kecil menjadi susah makan karena sudah membayangkan betapa banyak makanan yang harus dihabiskannya.

Siasati dengan menggunakan piring atau mangkuk kecil namun pastikan setiap porsinya tetap padat nutrisi. Jadi Mums dapat memberikan secara bertahap. Hal ini selain dapat memberikan asupan nutrisi yang cukup, juga dapat membuat si Kecil termotivasi. Berikan pujian setiap ia menghabiskan satu porsi yang disajikan agar ia semakin bersemangat dalam melahap makanannya.

Anak Susah Makan, Berikan Asupan Cairan Variatif

Ketika si Kecil banyak bergerak, tentu akan banyak cairan tubuh yang dikeluarkannya. Cairan tubuh ini harus diganti dengan asupan cairan dari minuman agar tubuh si Kecil tetap dapat berfungsi optimal. Ketika anak susah makan, minuman ketika aktivitas ini bisa jadi jalan masuknya nutrisi. Berikan susu atau jus sehingga nutrisi bisa masuk dari minumannya.

Pastikan jus yang diberikan adalah jus asli, bisa berupa buah, sayur atau dicampurkan. Akan sangat lebih baik jika Mums membuat jus tersebut sendiri dengan mengkombinasikan berbagai macam bakan. Untuk susu, Mums direkomendasikan untuk memilih susu pertumbuhan terbaik sesuai dengan fase usianya untuk membantu mencukupi kebutuhan nutrisi harian.

Coba Makanan Baru? Siapa Takut!

Anak susah makan juga bisa disebabkan karena perasaan bosan mengkonsumsi makanan dengan jenis yang sama dalam kurun waktu tertentu. Ketika si Kecil mengungkapkan hal ini, saatnya Mums untuk mencari informasi mengenai jenis makanan lain yang juga memiliki nutrisi yang diperlukan oleh si Kecil. Jadi jenis makanan yang konsumsi si Kecil berbeda, namun tetap dapat mencukupi kebutuhan nutrisinya.

Contoh untuk asupan Karbohidrat, biasanya Mums menggunakan nasi bukan? Nah, untuk menggantikannya, Mums dapat menggunakan roti gandum, atau pasta, atau mungkin kentang sebagai sumber Karbohidrat untuk si Kecil. Hal yang sama juga berlaku untuk makanan jenis lain seperti sayur dan buah. Misalnya saja untuk sayuran, Mums tak perlu cemas mengganti sayuran yang biasa diberikan karena secara garis besar nutrisi yang terkandung tidak jauh berbeda.

Sulit untuk Makanan Berat, Siasati dengan Makanan Ringan

Ketika si Kecil tetap sulit menghabiskan porsi makanan berat yang diberikan, Mums dapat mengganti asupan nutrisi ke dalam makanan ringan yang juga kaya akan nutrisi yang diperlukan. Alternatifnya tentu bukanlah makanan instan yang banyak mengandung lemak serta gula tidak sehat, namun makanan ringan alami yang memiliki kandungan nutrisi berguna.

Makanan ringan yang cukup disukai si Kecil adalah es krim yang terbuat dari susu dan buah-buahan. Rasa segar yang diberikan serta sensasi dingin yang dirasakan si Kecil akan sangat menggugah selera. Selain menjadi kudapan yang bisa dibuat sendiri, nutrisi yang terkandung dalam buah bisa secara langsung diserap oleh tubuh si Kecil sehingga tumbuh kembangnya dapat berjalan optimal.

Mengatasi anak susah makan memang tidak terlalu sulit, hanya diperlukan kreativitas dan sedikit kesabaran dari Mums. Variasi jenis makanan, siasat dalam menikmati waktu makan bersama si Kecil, serta dukungan dari setiap anggota keluarga dapat menjadi solusi yang sangat tepat untuk membuatnya kembali memiliki nafsu makan yang tinggi.

Satu hal yang sudah disebutkan sebelumnya untuk membantu mengatasi anak susah makan, adalah pemilihan susu pertumbuhan terbaik sesuai dengan usia si Kecil. Dalam hal ini, Friso Gold 4 dapat memberikan asupan nutrisi yang cukup untuk si Kecil guna memenuhi kebutuhan nutrisi hariannya. Dengan teknologi Locknutri, kualitas alami nutrisi di dalam susu akan terjaga, sehingga lebih mudah diserap oleh tubuh si Kecil. Tumbuh sehat, kuat dan pintar, berikan asupan nutrisi terbaik untuk si Kecil dengan Friso Gold 4!

Sample Friso Gold

Selamat datang! Apakah Mums ingin mencoba Free Sample dari Friso?

Daftar Sekarang