Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif

Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih.

Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai.

Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi.

Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui.

Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.

4 Tips Simple Ajarkan Pola Hidup Sehat untuk si Kecil

4 Tips Simple Ajarkan Pola Hidup Sehat untuk si Kecil

Pola hidup sehat merupakan kunci untuk meningkatkan kondisi kesehatan secara umum. Penerapan pola hidup ini juga dapat membuat daya tahan tubuh meningkat, sehingga tubuh tidak mudah terserang penyakit yang disebabkan oleh berbagai jenis virus berbahaya, seperti misalnya Corona. Tentu, hal ini harus diterapkan dan dilakukan oleh semua anggota keluarga, termasuk juga si Kecil.

Seperti Mums ketahui, mengajari si Kecil untuk menerapkan pola hidup sehat tidak bisa dilakukan secara instan. Proses yang panjang serta kesabaran dari Mums adalah kunci  agar pola hidup ini dapat tertanam dengan baik. Tapi apakah ada cara yang efektif untuk mengajarkan pola hidup sehat untuk anak-anak yang notabene belum memahami sepenuhnya mengenai manfaat pola hidup tersebut?

Beberapa tips menerapkan pola hidup sehat berikut ini dapat Mums ikuti. Sembari melatihnya menerapkan pola hidup yang sehat, Mums juga dapat meminimalisir resiko si Kecil terjangkit virus yang setiap saat mengincarnya. Apa saja tipsnya? Simak poin di bawah ini!

Buka Jendela untuk Sirkulasi Udara yang Baik

Hidup sehat selalu diawali dari rumah yang sehat pula. Mulai dari sirkulasi udara yang baik, kondisi ruangan yang cukup terang, kebersihan rumah secara umum, serta keberadaan jendela yang berfungsi sebagai jalan masuknya sinar matahari, setiap poin tersebut harus benar-benar dipastikan dan diajarkan pada si Kecil.

Setiap pagi setelah membangunkan si Kecil, Mums dapat mengajaknya untuk berkeliling rumah guna membuka jendela yang ada. Sambil berjalan, jelaskan mengapa jendela dan tirai perlu dibuka ketika pagi hari, yakni agar udara segar dan sinar matahari bisa masuk. Dengan begini, nuansa di rumah juga akan terasa lebih hangat serta nyaman.

Pengiriman Tanpa Kontak dengan Kurir

Menerapkan pola hidup sehat, terlebih ketika masa pandemik seperti sekarang ini, juga dapat dilakukan dengan meminimalisir kegiatan belanja keluar rumah. Sebagai gantinya, Mums dapat berbelanja menggunakan layanan pesan-antar. Dengan begini Mums dan si Kecil akan mendapatkan bahan makanan tanpa perlu ke pasar, ke tempat orang-orang berkumpul yang artinya meningkatkan resiko kesehatan.

Ketika menggunakan layanan ini, Mums juga direkomendasikan untuk mengambil barang yang diantarkan tanpa kontak langsung. Bukan berarti sombong, namun demi menjaga higienitas dan kondisi kebersihan diri dan rumah. Minta kurir untuk meletakkan barang belanjaan pada pagar atau tempat yang sudah disediakan dan jangan lupa ucapkan terimakasih. Setelah mengambil barang yang sudah diantarkan, Mums dapat mengajak si Kecil untuk membantu mencuci kemasan dan bahan makanan dengan sabun yang mengandung antiseptik.

Menggunakan Hand Sanitizer dengan Kadar Alkohol Minimal 60%

Hal yang perlu diajarkan pada si Kecil selanjutnya adalah terkait kebersihan diri. Biasakan si Kecil untuk mandi dua kali sehari dengan menggunakan sabun yang mengandung antiseptik sehingga setiap kuman dan bakteri yang menempel di permukaan kulit si Kecil mati.

Setelah itu biasakan juga si Kecil untuk selalu mencuci tangan dengan sabun sampai bersih dan tidak terburu-buru. Jika memang si Kecil perlu membersihkan bagian tangan dengan cepat, Mums dapat menggunakan hand sanitizer, namun dengan catatan kadar alkoholnya setidaknya 60%. Dengan kadar alkohol minimal 60%, kuman dan bakteri serta virus yang mungkin masih menempel pada bagian tangan akan dapat dibunuh dan tidak masuk ke tubuh si Kecil.

Kebersihan Lingkungan dan Diri Sendiri? Sudah Pasti Dong!

Terakhir, dan tidak kalah penting dalam mengajarkan konsep pola hidup sehat, adalah menjaga kebersihan lingkungan dan diri sendiri. Kegiatan membersihkan rumah seperti menyapu dan mengepel serta membersihkan debu bisa dikenalkan pada si Kecil guna memberinya pengetahuan dasar. Siapa tahu dia tertarik dan ingin mencobanya, Mums akan mendapat ‘tangan ekstra’ untuk membantu kegiatan bersih-bersih bukan?

Satu lagi yang tidak boleh lupa untuk dibersihkan adalah peralatan yang selalu bersentuhan dengan Mums, atau si Kecil, atau anggota keluarga lainnya. Peralatan apa saja? Misalnya, kunci kendaraan, pegangan pintu, tombol flush toilet, mainan si Kecil, smartphone yang digunakan, perangkat elektronik, pegangan sapu, pegangan pel, dan lain sebagainya. Menjaga kebersihan setiap barang yang ada di rumah juga penting untuk mendukung kesehatan si Kecil dan setiap anggota keluarga.

Membiasakan pola hidup sehat tidak semata untuk kepentingan jangka pendek saja, namun lebih kepada penanaman pola perilaku untuk jangka panjang bagi masa depan si Kecil. Jika sejak kecil sudah terbiasa menerapkan pola hidup seperti ini, maka idealnya si Kecil akan tumbuh dengan membawa pola yang sangat baik ini di setiap sisi kehidupannya.

Pola hidup sehat yang sudah tertanam akan memberikan manfaat jangka panjang untuk kehidupan si Kecil. Maka dari itu, mengenalkan dan mengajarkan pola hidup sehat pada si Kecil harus dilakukan sedini mungkin Mums. Untuk sementara ini, tetap di rumah aja dan pastikan daya tahan tubuh si Kecil selalu terjaga agar terhindar dari infeksi virus jahat ya!

Sample Friso Gold

Selamat datang! Apakah Mums ingin mencoba Free Sample dari Friso?

Daftar Sekarang