Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif

Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih.

Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai.

Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi.

Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui.

Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.

5 Aktivitas Bersama si Kecil Selama Masa Karantina Mandiri

5 Aktivitas Bersama si Kecil Selama Masa Karantina Mandiri

Menjalani masa karantina secara mandiri di rumah bersama si Kecil dan seluruh anggota keluarga bukan berarti harus menjadi saat yang membosankan. Berbagai permainan dan kegiatan bisa dilakukan untuk mengisi waktu bersama-sama. Tentu saja, Mums tetap harus memberikan stimulus untuk mendukung tumbuh kembang si Kecil. Waktu di rumah aja bisa jadi semakin seru karena seluruh anggota keluarga juga berkumpul.

Kegiatan sehari-hari yang mungkin tadinya hanya dilakukan oleh Mums dan si Kecil, kini bisa dilakukan oleh semua anggota keluarga. Selain semakin ramai, sudah pasti kegiatan tersebut akan semakin seru. Nah, jika Mums sedang mencari ide bagaimana cara membuat kegiatan sehari-hari menjadi seru selama masa karantina mandiri, Mums bisa melihat beberapa itps di bawah ini.

Kurangi Screen Time dengan Kegiatan Produktif

Tidak dapat dipungkiri di era yang serba digital seperti sekarang ini, ketika harus di rumah aja maka hal pertama yang akan dipegang oleh setiap anggota keluarga adalah gadget. Memang tidak dilarang, namun ada baiknya untuk mengurangi waktu bermain gadget. Selain Mums, si Kecil, dan anggota keluarga lain akan memiliki lebih banyak waktu bersama, setiap anggota keluarga juga akan terhindar dari resiko paparan blue light yang terlalu lama.

Sebagai gantinya, Mums dapat mengajak setiap anggota keluarga untuk berkaraoke dan menari bersama. Kegiatan menyenangkan ini akan semakin seru jika semakin banyak yang berpartisipasi. Resiko paparan blue light dapat dikurangi sekaligus Mums dan si Kecil serta setiap anggota keluarga mendapatkan quality time bersama-sama.

Simple Group Exercise di Rumah atau Halaman Belakang

Kegiatan seru lain yang bisa dilakukan bersama-sama sekaligus memberikan stimulus untuk tumbuh kembang si Kecil adalah simple group exercise. Intinya, Mums dan setiap anggota keluarga melakukan exercise ringan sebagai rutinitas harian secara bersama-sama.

Selain dapat membuat semua orang bergerak dan berkeringat, yang tentu akan membuat daya tahan tubuh meningkat, Mums juga akan semakin bersemangat untuk beraktivitas setiap hari. Jika memungkinkan, lakukan excercise ini sambil berjemur ya Mums, agar manfaat yang didapatkan bisa semakin maksimal, baik untuk tumbuh kembang si Kecil dan untuk kesehatan setiap anggota keluarga.

Warna-Warni di Setiap Sajian

Mendukung tumbuh kembang si Kecil serta membentuk daya tahan tubuhnya juga perlu didukung dengan asupan nutrisi yang cukup. Jika pada hari biasa Mums memberikan makanan sesuai dengan menu yang sudah direkomendasikan, maka agar lebih seru Mums dapat memberikan variasi dengan menambahkan berbagai macam makanan dengan warna yang menarik.

Misalnya saja seperti wortel, timun, paprika, tomat, kubis ungu, dan berbagai sayuran lain. Jika masih kurang berwarna, Mums dapat menambahkan berbagai buah agar asupan nutrisi dan tampilan sajian semakin menarik. Dijamin, waktu makan bersama si Kecil dan setiap anggota keluarga akan semakin seru dan menyenangkan.

Bermain Pretend Play selama Karantina Mandiri

Permainan yang satu ini juga dapat Mums jadikan opsi untuk mengisi waktu selama berkegiatan di rumah di masa karantina mandiri. Jika beberapa poin sebelumnya akan membantu proses tumbuh kembang fisik si Kecil, permainan ini akan menjadi penyeimbang dengan membantu merangsang kemampuan sosial si Kecil.

Mums dan si Kecil serta setiap anggota keluarga dapat mengambil peran untuk pretend play yang dimainkan. Misalnya, Mums mengambil peran sebagai kasir di semua toko, si Kecil akan mengambil peran sebagai pelanggan yang berbelanja, Ayah atau Kakak bisa menjadi pelayan toko. Interaksi yang dilakukan selama melakukan permainan ini sangat baik untuk tetap memberikan stimulus perkembangan kemampuan komunikasi dan sosial si Kecil.

Bersih-Bersih Bersama, Lebih Cepat, Lebih Menyenangkan

Kegiatan terakhir, dan tentu saja tidak kalah menyenangkan dan bermanfaat, adalah kegiatan bersih-bersih bersama. Well mungkin si Kecil belum dapat memberikan kontribusi seperti orang dewasa lain, namun Mums dapat memberikan tugas sederhana seperti mencuci mainan, membereskan kamar, dan sejenisnya.

Selain dapat menanamkan kebiasaan bersih untuk si Kecil, kegiatan ini juga dapat meminimalisir resiko virus masuk dan menjangkiti tubuh setiap anggota keluarga. Ketika rumah berada dalam keadaan bersih dan higienis, virus dan kuman akan segera mati. Kegiatan ini juga dapat menjadi rangsangan tumbuh kembang yang baik, karena dapat melatih si Kecil bergerak, memegang berbagai peralatan, menggunakan alat-alat, sambil melihat anggota keluarga lain melakukan tugasnya. Belajar sekaligus praktek, apa lagi yang lebih baik?

Menghadapi masa karantina mandiri yang ditetapkan pemerintah guna memutus mata rantai penyebaran virus Corona memang langkah yang sangat penting. Namun demikian, rangsangan tumbuh kembang juga tetap perlu diberikan agar setiap fase tumbuh kembang si Kecil dapat berjalan dengan lancar. Mums dapat melakukan berbagai kegiatan yang sudah disebutkan di atas untuk mengisi waktu, sekaligus memberikan stimulus untuk si Kecil. Pastikan menerapkan pola hidup sehat, makan makanan bergizi serta cukup berolahraga ya Mums!

Sample Friso Gold

Selamat datang! Apakah Mums ingin mencoba Free Sample dari Friso?

Daftar Sekarang