Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif

Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih.

Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai.

Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi.

Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui.

Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.

Simak 4 Poin Penting Ini dalam Menyiapkan MPASI Pertama

Simak 4 Poin Penting Ini dalam Menyiapkan MPASI Pertama

Apa yang sangat Mums nantikan ketika si Kecil sudah menginjak usia 6 bulan? Jawabannya tentu adalah menyiapkan MPASI untuk si Kecil. Makanan pendamping ASI merupakan satu hal yang wajib diberikan untuk tetap memberikan energi dan asupan nutrisi yang diperlukan si Kecil untuk tumbuh. Eits, tapi ingat Mums, untuk MPASI pertama si Kecil ada beberapa hal yang harus diperhatikan.

Beberapa hal yang nantinya dibahas dalam poin di bawah ini penting untuk diperhatikan karena dapat berpengaruh pada pola makan si Kecil kedepan, optimalnya tumbuh kembang organ pencernaan, serta kecukupan nutrisi si Kecil. Maka dari itu, perhatikan setiap poinnya dengan seksama dan jangan sampai ada yang terlewat ya Mums untuk MPASI pertama si Kecil!

Untuk Menunya, Apa yang Paling Tepat?

Pilihan MPASI pertama untuk si Kecil biasanya akan mengerucut pada dua pilihan, yakni bubur atau buah. Secara medis, sebenarnya tidak ada aturan yang mengharuskan mana makanan yang perlu diberikan terlebih dahulu. Namun demikian, Mums perlu mengacu pada berat badan si Kecil ketika menginjak usia 6 bulan.

Untuk anak dengan berat badan yang ideal, Mums dapat mengenalkan buah terlebih dahulu untuk MPASI yang diberikan. Berat badan ideal mengindikasikan bahwa si Kecil tumbuh dengan baik dan optimal dan belum memerlukan asupan yang dapat menambah berat badannya. Namun jika si Kecil memiliki berat badan di bawah rata-rata, Mums dapat memberikan bubur atau sereal yang mengandung lebih banyak Karbohidrat yang dapat membantu menambah berat badannya.

Usahakan Tidak Memberikan Makanan yang Terlalu Manis

Hampir setiap anak-anak di dunia pasti menyukai rasa manis, begitu pula untuk MPASI yang dikonsumsinya. Namun demikian, sangat disarankan untuk tidak memberikan makanan yang rasanya terlalu manis untuk tahap pertama pengenalan MPASI. Mengapa? Karena jika terbiasa mengkonsumsi makanan manis, maka si Kecil akan menolak untuk mengkonsumsi makanan yang rasanya tidak terlalu manis di kemudian hari.

Selain tidak memberikan makanan dengan rasa terlalu manis, upayakan juga untuk tidak memberikan penambah rasa apapun pada makanan yang dijadikan MPASI. Karena baru memulai fase untuk konsumsi makanan padat, maka ada baiknya si Kecil diberikan makanan yang cenderung hambar dan memiliki tekstur sangat lembut. Sederhana, tujuannya untuk mengurangi resiko alergi yang belum terdeteksi sebelumnya sekaligus untuk melatih organ pencernaan si Kecil.

MPASI Pertama Tetap Bernutrisi

Mulai dari usia 6 bulan, si Kecil akan tumbuh semakin cepat dan memerlukan asupan nutrisi yang semakin banyak. Karbohidrat, Lemak,, serta Protein hewani, vitamin, mineral, Zat Besi, setiap nutrisi ini harus ada dalam MPASI yang diberikan. Untuk memenuhi kebutuhan nutrisi ini, Mums secara bertahap juga sebaiknya melakukan rotasi jenis makanan yang diberikan.

Untuk melakukan variasi makanan ini, Mums dapat memberikan setidaknya dua jenis MPASI dalam tempo waktu satu minggu untuk makanan utamanya. Sertakan juga sedikit porsi makanan-makanan lain yang juga dapat dikonsumsi si Kecil, sehingga ia dapat mulai mengenal berbagai rasa dari makanan yang Mums berikan. Selain dapat membantu memenuhi kebutuhan nutrisi hal ini juga dapat membangkitkan selera makan si Kecil lho.

Rebus dan Kukus, Hindari Menggoreng Makanan untuk si Kecil

Terakhir adalah cara memasak MPASI pertama yang akan diberikan pada si Kecil. Banyak pendapat yang mengatakan bahwa cara terbaik untuk memberikan MPASI adalah dengan mengolahnya dengan merebus atau mengukus makanan. Cara ini dinilai akan memberikan tekstur makanan yang lebih lembut, sekaligus menghindari penggunaan minyak ketika menggoreng yang dapat membuat si Kecil batuk atau mengalami radang tenggorokan.

Dengan merebus atau mengukus MPASI untuk si Kecil, Mums juga dapat mengenalkan rasa asli dari bahan makanan yang diberikan. Tekstur yang lembut serta kandungan nutrisi alami yang masih terjaga dengan proses memasak seperti ini benar-benar cocok untuk mendukung tumbuh kembang si Kecil di fase ini. 

Setelah mengetahui tips dan poin penting untuk MPASI di atas, sekarang Mums sudah memahami apa yang harus dilakukan bukan? Nah, mari segera menyiapkan MPASI untuk si Kecil dengan memperhatikan beberapa poin penting di atas agar fase tumbuh kembang si Kecil dapat dioptimalkan dengan baik. Selalu gunakan bahan alami berkualitas untuk memberikan MPASI si Kecil ya Mums.

Memahami hal penting terkait MPASI pertama untuk si Kecil jadi sebuah keharusan. Selain supaya fase MPASI ini dapat benar-benar memberikan manfaat optimal, juga agar ke depan tumbuh kembang si Kecil dapat berjalan ideal. Pengenalan MPASI yang sukses dapat membuat si Kecil memiliki nafsu makan yang baik, tidak pilih-pilih makanan, dan bisa mengkonsumsi makanan jenis apa saja. Selalu berikan yang terbaik untuk si Kecil, dan lihat ia tumbuh dengan ideal!

Sample Friso Gold

Selamat datang! Apakah Mums ingin mencoba Free Sample dari Friso?

Daftar Sekarang