Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif

Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih.

Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai.

Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi.

Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui.

Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.

Mengenai Ruam Popok, Penyebab, Pencegahan dan Cara Mengatasinya

Mengenai Ruam Popok, Penyebab, Pencegahan dan Cara Mengatasinya

Melihat bagian pantat atau paha si Kecil mengalami ruam ketika pemakaian popok tentu akan membuat Mums merasa sedih. Ruam popok sering terjadi akibat kesalahan mendasar yang tidak disadari, dan baru akan menjadi masalah ketika terlanjur membuat kulit si Kecil iritasi. Padahal ruam seperti ini bisa dengan mudah dicegah. Namun jika sudah terjadi, bagaimana cara menanggulanginya?

Ketika si Kecil menggunakan popok untuk keperluan buang air kecil dan buang air besarnya, tentu secara berkala popok akan diganti atau dicuci. Namun meski sering diganti, tidak sedikit bagian paha atau pantat anak-anak yang tetap mengalami ruam. Pada artikel ini Mums akan mendapatkan informasi mengenai penyebab, pencegahan serta penanggulangan ruam popok yang dialami si Kecil.

Penyebab Terjadinya Ruam Popok

Seperti yang disampaikan pada bagian awal tadi, sebenarnya ruam popok disebabkan oleh hal sederhana yang bisa dihindari. Hanya saja, beberapa dari Mums sekalian kurang teliti dan cermat sehingga terjadi ruam dan membuat kulit si Kecil mengalami iritasi atau alergi. Berikut beberapa penyebab utama dari ruam yang terjadi pada kulit si Kecil akibat pemakaian popok.

Popok dalam Kondisi yang Lembab

Keadaan lembab dan tertutup dapat menjadi tempat subur untuk tumbuhnya bakteri dan kuman yang dapat mengiritasi kulit si Kecil. Terlebih jika popok yang digunakan terlambat diganti, atau sudah mencapai batas kapasitas. Jadi disarankan untuk senantiasa memeriksa popok dan segera menggantinya ketika sudah harus diganti.

Terlalu Ketat ketika Digunakan

Memakaikan popok terlalu ketat juga bisa membuat ruam muncul pada bagian pantat dan paha si Kecil. Ketika popok terlalu ketat, kulit akan kesulitan ‘bernafas’ sehingga akan meningkatkan kelembaban dan memicu tumbuhnya bakteri dan kuman.

Konsumsi MPASI

Meski diperlukan, namun pada fase awal pengenalan MPASI biasanya terdapat perubahan pada tinja si Kecil. Tinja ini akan membuat bakteri tumbuh subur karena sebagian besar makanan belum dapat dicerna dengan sempurna.

Terjadinya Infeksi

Infeksi sangat mudah terjadi ketika kondisi kulit lembab dan menjadi semakin mudah tergores. Infeksi ini sebenarnya dipicu poin pertama dan kedua tadi.

Kulit si Kecil yang Tergolong Sensitif

Terakhir untuk penyebab ruam popok adalah kulit si Kecil yang mungkin tergolong terlalu sensitif sehingga mudah mengalami iritasi. Kondisi ini memerlukan penanganan medis yang tepat, jadi jangan ragu untuk mengkonsultasikannya dengan dokter kepercayaan Mums.

Cara Pencegahan yang Bisa Mums Lakukan

Tentu cara pencegahannya adalah dengan menghindari penggunaan popok yang terlalu lama atau terlalu ketat. Pastikan juga popok yang digunakan oleh si Kecil memiliki bahan yang tepat sehingga tidak akan membuat kulit si Kecil terkena iritasi. Untuk mencegah ruam terkait dengan MPASI, mungkin Mums dapat mengolah makanan menjadi lebih lembut lagi atau mengganti makanan tersebut dengan makanan lain yang memiliki nutrisi serupa.

Lalu Apa yang Harus Dilakukan untuk Mengatasi Ruam?

Ketika si Kecil mengalami ruam popok, Mums tidak perlu khawatir. Dengan melakukan cara berikut ini Mums dapat mengurangi dan menyembuhkan ruam yang dialami si Kecil. Check this out!

  • Bersihkan tangan Mums sebelum mengganti popok si Kecil untuk mengurangi resiko bakteri dari tangan Mums.
  • Ganti popok secara berkala, namun perhatikan kelembaban popok yang digunakan. Ganti jika kira-kira sudah cukup lembab.
  • Setelah melepas popok, bersihkan dulu area yang tertutup popok, seperti pantat, pangkal paha dan selangkangan si Kecil dengan sabun bayi hingga bersih.
  • Keringkan dengan kain atau handuk lembut sampai benar-benar kering.
  • Oleskan krim pelembab dengan kandungan Zinc Oxide atau krim yang direkomendasikan dokter anak kepercayaan Mums. Tunggu hingga krim kering.
  • Pakaikan popok bersih. Ingat ya Mums, jangan terlalu ketat dan pastikan popok yang digunakan cocok dengan kondisi kulit si Kecil.
  • Ketika mengusap atau mengeringkan permukaan kulit, pastikan untuk berhati-hati dan tidak menggosok bagian kulit yang lecet atau terluka.
  • Jika ruam tak kunjung hilang, pertimbangkan untuk menghentikan secara sementara pemakaian popok.
  • Jika harus menggunakan popok, Mums dapat mencari alternatif ukuran popok yang sedikit lebih besar agar dapat memberikan sirkulasi udara yang baik untuk kulit si Kecil.

Demikian tadi pembahasan mengenai sebab, cara mencegah dan cara mengatasi ruam yang terjadi karena si Kecil menggunakan popok. Jika dicermati, penyebabnya sangat sederhana bukan Mums? Maka dari itu, yang diperlukan sebenarnya adalah kecermatan dan ketelitian Mums dalam urusan popok si Kecil.

Mengatasi ruam popok bisa dilakukan dengan cukup mudah selama Mums telaten untuk merawat si Kecil. Nah, untuk membantu mengoptimalkan tumbuh kembangnya, Mums juga perlu selalu memberikan makanan yang kaya nutrisi agar kebutuhan nutrisi si Kecil tercukupi dan ia bisa pulih lebih cepat. Mums dapat memberikan Friso Gold 3 dengan teknologi Locknutri yang dapat menjaga kualitas alami nutrisi. Kualitas alami nutrisi ini akan memastikan penyerapan nutrisi terjadi secara optimal sehingga daya tahan tubuh si Kecil terus terjaga, dan membantunya kuat dari dalam. Selalu cermat dalam merawat si Kecil, dan berikan yang terbaik untuknya!

Sample Friso Gold

Selamat datang! Apakah Mums ingin mencoba Free Sample dari Friso?

Daftar Sekarang