Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif

Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih.

Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai.

Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi.

Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui.

Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.

4 Tips Parenting Anak, Terapkan Semuanya ya Mums!

4 Tips Parenting Anak, Terapkan Semuanya ya Mums!

Tidak ada seorangpun yang ada di dunia dapat mengatakan bahwa mendidik anak adalah hal yang mudah. Diperlukan kesabaran, pengalaman, ketelatenan, serta pemahaman pada sifat dasar anak. Parenting anak, menjadi hal yang sangat penting untuk membentuk watak dan sifat si Kecil, agar kelak ia dapat menjadi seorang yang benar-benar memiliki kualitas diri yang tinggi.

Pola asuh atau parenting anak akan terus berkembang, berubah, dan menyesuaikan dengan keadaan zaman. Pola asuh yang diterapkan ayah atau ibu Mums mungkin tak lagi relevan di satu dan lain hal. Namun pada nilai utama, dapat dipastikan bahwa setiap pola asuh memiliki kesamaan. Nah, untuk membantu Mums dalam menerapkan pola asuh yang ideal, Mums dapat melihatnya pada poin di bawah ini. 

Jangan lupa Mums, parenting anak akan menentukan menjadi apa si Kecil kelak. Jadi pastikan Mums menjalankan tips ini dengan benar-benar menyesuaikan sifat dasar si Kecil ya.

Mums adalah Contoh Utama untuk si Kecil

Anak-anak akan melihat sosok Mums sebagai orang pertama yang menjadi inspirasi. Banyak yang Mums lakukan, katakan, akan ditiru si Kecil baik secara sadar ataupun tidak. Ini mengapa, penting untuk selalu berlaku dan berbicara baik selama Mums berada di dekat si Kecil. Jadi apa yang si Kecil alami adalah hal-hal baik, yang diharapkan dapat tertanam dan menjadi sifatnya juga.

Ketika Mums mencoba menanamkan satu nilai tertentu, terlebih dahulu berikan contoh nyata untuk si Kecil. Menjaga kebersihan misalnya, Mums dapat memperlihatkan kepada si Kecil bagaimana cara membersihkan area bermain, atau meja makan, dan lain sebagianya. Selanjutnya ajak si Kecil bersama-sama melakukan hal tersebut sambil memberikan pengertian padanya.

Menyayangi Tidak Sama dengan Memanjakannya

Tidak sedikit Mums yang kemudian salah kaprah, bahwa cara menyayangi si Kecil adalah dengan menuruti segala permintaannya. Hal ini justru akan menanamkan sifat manja pada si Kecil, dan akan sulit diubah ketika terbawa hingga dewasa. Ada kalanya Mums tidak menuruti kemauan si Kecil bilamana memang sudah melewati batas atau kesepakatan yang ditentukan.

Contoh paling sederhana adalah waktu bermain. Tidak ada anak-anak yang tidak suka bermain bukan? Namun jika si Kecil hanya ingin bermain terus menerus sepanjang hari tentu hal ini juga tidak benar. Ingatkan si Kecil bahwa waktu bermain harus seimbang dengan waktu istirahat dan waktu kegiatan lain. Tidak masalah jika si Kecil sesekali menangis karena kemauannya tidak dituruti, hal ini merupakan proses pembelajaran. Setidaknya Mums mengajarkan bahwa semua memiliki porsi yang pas, dan tidak boleh dilewati.

Terlibat dalam Proses Tumbuh Kembang

Tips parenting anak selanjutnya adalah terlibat secara langsung dalam setiap fase tumbuh kembang si Kecil. Menghabiskan waktu bersama si Kecil dalam bentuk apapun dapat membangun kedekatan Mums dengan si Kecil. Rasa nyaman yang Mums berikan ketika berada dekat dengan si Kecil akan menjadi stimulus yang sangat baik untuk fase tumbuh kembangnya.

Selain itu, dengan menghabiskan waktu bersama si Kecil, ia juga akan semakin percaya pada Mums. Kelak, si Kecil akan menjadi pribadi yang lebih terbuka dan mudah berkomunikasi dengan Mums. Kedekatan emosional akan memberikan banyak kemudahan untuk menanamkan nilai kebaikan pada si Kecil secara langsung.

Tanamkan Kemandirian dengan Rasa Percaya dan Apresiasi

Semua orang tua ingin agar anaknya menjadi pribadi yang mandiri dan dapat menyelesaikan berbagai tantangannya sendiri. Hal ini dapat Mums latih dengan memberikan kepercayaan pada si Kecil melakukan hal-hal di rumah, seperti membereskan mainan, membantu menyiram tanaman, dan lain sebagianya.

Ketika si kecil mendapatkan tanggung jawab, maka ia akan mengerti bahwa ia memiliki kemampuan untuk menyelesaikan berbagai tantangan secara mandiri. Jangan lupa untuk memberikan apresiasi pada si Kecil setelah ia selesai dengan pekerjaannya. Berikan masukan jika diperlukan, namun pastikan si Kecil memahami bahwa Mums ingin yang terbaik untuknya.

Parenting anak harus dilakukan secara terus menerus, setiap hari, dan berulang-ulang. Dengan proses repetitif seperti ini akan lebih mudah untuk si Kecil menyerap hal-hal baik yang Mums coba tanamkan sehingga ia dapat tumbuh dengan optimal, baik dari sisi psikis dan sosial, serta fisiknya.

Setelah mengetahui beberapa tips parenting anak di atas, Mums dapat segera melakukan analisa dan penerapan sesuai dengan situasi dan kondisi yang ada di rumah. Sesuaikan juga pola asuh tersebut dengan sifat si Kecil, sehingga Mums dapat menerapkan parenting anak yang baik tanpa harus memberikan perlakukan keras.

Tips parenting anak harus diaplikasikan dengan mencukupi asupan nutrisi harian si Kecil. Tumbuh kembang si Kecil akan berjalan lancar di setiap sisi jika tubuhnya mendapat asupan nutrisi terbaik. Selain makanan dan minuman bernutrisi, berikan juga Friso Gold 4 yang mengandung nutrisi alami susu. Friso dengan teknologi Locknutri yang dimiliki juga akan menjaga kualitas alami nutrisi, sehingga lebih mudah diserap oleh tubuh si Kecil dan membantunya kuat dari dalam. Berikan yang terbaik untuknya, dan dampingi setiap fase tumbuh kembang si Kecil!

Sample Friso Gold

Selamat datang! Apakah Mums ingin mencoba Free Sample dari Friso?

Daftar Sekarang