Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif

Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih.

Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai.

Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi.

Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui.

Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.

Cara Menyapih Anak agar Lepas Dari ASI [4 Caranya]

Cara Menyapih Anak agar Lepas Dari ASI [4 Caranya]

Apakah Mums familiar dengan istilah menyapih? Ini adalah salah satu cara untuk membuat si Kecil terlepas dari ketergantungan pada ASI setelah usianya 2 tahun. Seperti yang Mums pahami juga, mulai usia 6 bulan si Kecil mampu mengkonsumsi MPASI atau makanan pendamping ASI sehingga diharapkan pada usia 24 bulan si Kecil sudah benar-benar lepas dari ketergantungan ASI. Tapi bagaimana cara menyapih anak agar ia tidak rewel?

Ya, rewel menjadi salah satu masalah yang sering muncul ketika Mums membiasakan si Kecil untuk lepas dari ASI. Menyusu merupakan hal yang sudah menjadi rutinitasnya, untuk itu, mengubah rutinitas si Kecil akan diperlukan effort yang tidak sedikit. Namun tenang, selalu ada cara menyapih anak yang bisa dilakukan agar si Kecil tidak rewel dan bisa lepas dari ketergantungan pada ASI. 

Si Kecil sendiri sebenarnya akan memberikan ‘tanda-tanda’ ketika ia mulai bosan dengan ASI. Misalnya, tidak menunjukkan antusiasme ketika Mums menawarkan ASI, tetap rewel meskipun sudah diberikan ASI, dan mulai menyukai makanan padat yang Mums sajikan. Nah, ketika tanda ini sudah muncul, Mums dapat membantunya dengan melakukan cara berikut ini.

Sampaikan pada si Kecil Secara Jelas

Menginjak usia 18 bulan, biasanya anak-anak sudah dapat diajak berkomunikasi dengan baik hingga ia memahami apa yang ingin Mums sampaikan. Di sini Mums dapat menyampaikan pada si Kecil bahwa dalam waktu dekat ia tak lagi boleh mengkonsumsi ASI. Sampaikan hal ini secara perlahan dan berulang hingga ia paham, dan lakukan beberapa cara pendukung lainnya.

Si Kecil yang mendapatkan pengetahuan ini akan memberikan respon beragam. Sedih, marah, atau membantah, menjadi respon yang sangat biasa. Namun dengan kasih sayang dan kesabaran Mums, perlahan si Kecil tentu akan memahami apa yang Mums maksudkan.

Alihkan Perhatiannya 

Cara kedua adalah dengan mengalihkan perhatian si Kecil. Seperti Mums pahami, perhatian dan fokus si Kecil sangat mudah berpindah dari satu hal ke hal lainnya. Dalam rangka menerapkan cara menyapih anak, hal ini bisa dilakukan. Tujuannya agar si Kecil lupa ketika ia ingin menyusu dan Mums dapat memberikan penggantinya berupa makanan padat atau susu pertumbuhan.

Waktu makan yang teratur biasanya akan menjadi tantangan tersendiri. Pola yang sudah terbangun sejak si Kecil masih berusia sangat muda dan dijalankan setiap hari harus digantikan dengan pola baru. Misalnya ketika biasanya si Kecil menyusu pukul 14.00, maka mendekati jam tersebut Mums dapat menyiapkan makanan atau susu pertumbuhan yang dapat menjadi pengganti ASI yang selama ini dikonsumsi si Kecil.

Cara Menyapih Anak dengan Mengurangi Intensitas Menyusui

Seperti yang disampaikan sebelumnya, bahwa untuk melepaskan si Kecil dari ketergantungan konsumsi ASI, caranya adalah dengan mengubah pola dan makan yang sudah dilakukan. Tentu hal ini tidak bisa dilakukan secara instan bukan? Untuk memulainya, Mums dapat mengurangi intensitas pemberian ASI secara bertahap.

Pada minggu pertama misalnya, kurangi intensitas pemberian ASI setiap hari dari 4 kali menjadi 3 kali. 1 kali waktu makan yang biasanya untuk ASI bisa Mums ganti dengan makanan padat atau susu pertumbuhan atau jenis makanan lain. Kurangi secara bertahap pada minggu-minggu berikutnya hingga si Kecil benar-benar tidak lagi mengkonsumsi ASI.

Cara Lain untuk Menenangkan si Kecil

ASI merupakan salah satu ‘mekanisme’ yang digunakan bagi sebagian Mums untuk menenangkan si Kecil ketika ia rewel atau ketika Mums ingin menidurkannya. Memang, cara ini terbukti ampuh dan bisa membuat si Kecil tenang lebih cepat. Namun demikian jika dilakukan terus menerus maka si Kecil akan mengalami ketergantungan pada ASI yang Mums berikan.

Untuk mengatasinya, Mums perlu cara lain untuk menenangkan si Kecil. Misalnya saja, Mums bisa menggunakan dot yang diisi dengan susu pertumbuhan. Untuk tahap awal, pangku si Kecil seperti posisi ketika ia menyusu, namun berikan dot alih-alih ASI. Cara ini bisa dicoba untuk membantu menenangkan si Kecil ketika ia rewel atau akan tidur.

ASI memang merupakan makanan terbaik yang dapat Mums berikan semenjak si Kecil lahir hingga berumur 6 bulan. Selebihnya, sangat direkomendasikan untuk memberikan makanan padat pendamping ASI, dan berangsur-angsur mengganti ASI dengan makanan lain. Hal ini juga penting agar daya tahan tubuh si Kecil menjadi lebih kuat, sehingga tidak mudah terserang penyakit.

Setelah mengetahui cara menyapih anak yang sudah dijelaskan di atas, Mums tentu paham betapa pentingnya memberikan MPASI yang menarik agar si Kecil lepas dari ketergantungan ASI. Nah, sebagai partner Mums dalam memastikan setiap nutrisi yang dibutuhkan si Kecil terpenuhi dan membantunya lepas dari ASI, Mums dapat memberikan Friso Gold 4. Kualitas nutrisi alami terjaga berkat teknologi Locknutri, yang mudah diserap oleh tubuh si Kecil dan memastikan si Kecil tetap mendapatkan semua nutrisi yang diperlukan untuk tumbuh kembangnya, juga membantunya kuat dari dalam!

Sample Friso Gold

Selamat datang! Apakah Mums ingin mencoba Free Sample dari Friso?

Daftar Sekarang