Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif

Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih.

Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai.

Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi.

Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui.

Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.

4 Model Pola Asuh Anak Di Dunia, Mana yang Mums Pilih?

4 Model Pola Asuh Anak Di Dunia, Mana yang Mums Pilih?

Menerapkan pola asuh anak yang tepat nyatanya dapat benar-benar memberikan efek jangka panjang yang baik untuk perkembangan karakteristik anak. Di dalam dunia parenting setidaknya dikenal ada 4 jenis pola asuh yang, baik sengaja maupun tidak, diterapkan. Setiap pola asuh memiliki karakter, kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Sebenarnya setiap pola asuh anak yang diterapkan akan dapat memberikan manfaat baik. Dengan catatan, penerapannya dilakukan secara ideal dan tidak saklek. Pola asuh yang diterapkan secara kaku akan berdampak buruk bagi perkembangan karakter dan sifat dasar si Kecil. Nah untuk memberikan gambaran pola asuh yang ideal, Mums dapat menyimaknya dalam penjelasan di bawah ini.

Pola Asuh Anak Otoriter

Pola asuh pertama adalah pola asuh otoriter. Seperti namanya, pola asuh ini menerapkan aturan, pemberian hadiah, dan hukuman dengan ketat. Mums memiliki aturan yang sudah dibuat demi kebaikan si Kecil, dan si Kecil harus menaati aturan ini tanpa terkecuali.

Karakter umum yang ditunjukkan oleh pola asuh ini adalah adanya tuntutan pada si Kecil untuk mengikuti aturan tanpa kompromi, tidak mempertimbangkan perasaan dan pendapat si Kecil, serta adanya ekspektasi tinggi dari Mums pada si Kecil.

Dampak buruk yang bisa muncul pada si Kecil adalah ia menjadi tertutup, kurang dapat berekspresi, tidak memiliki kemampuan sosial yang baik, serta kepercayaan diri yang rendah. Meski mungkin hanya sedikit, ada hal baik yang bisa diambil dari pola asuh ini. Si Kecil akan menjadi anak yang taat aturan dimanapun ia berada. Selain itu, si Kecil juga akan mudah mengikuti instruksi atau petunjuk. Namun pola asuh ini tidak direkomendasikan untuk diterapkan secara saklek ya Mums karena dampak buruknya lebih banyak daripada dampak baiknya.

Pola Asuh Kedua, Permisif

Kebalikan dari pola asuh anak otoriter, pola asuh kedua ini justru menerapkan sangat minim aturan untuk aktivitas si Kecil. Aturan yang sudah sedikit ini juga diterapkan secara longgar, sehingga benar-benar memberikan kebebasan untuk si Kecil melakukan apapun yang ia mau.

Tentu Mums sudah menebak dampak buruk akibat penerapan pola asuh ini bukan? Tepat sekali, si Kecil akan tumbuh menjadi anak yang memiliki ego besar, manja, impulsif, sulit diatur, serta kurang memiliki empati dengan orang lain. Namun demikian di sisi lain, hal positif yang bisa didapatkan jika Mums menerapkan pola ini dengan tepat adalah si Kecil memiliki imajinasi dan kreativitas yang tinggi, buah dari kebebasan yang didapatkannya. Si Kecil juga menjadi lebih ekspresif dan mengekspresikan apa yang ia rasakan. Meski demikian, sama dengan pola asuh pertama, pola asuh ini tidak disarankan untuk diterapkan sepenuhnya.

Pola Asuh Demokratis, Model Paling Ideal

Nah diantara dua pola asuh di atas, pola asuh ini dapat dikatakan model yang paling ideal karena merupakan perpaduan dari keduanya. Bukan dalam hal menerapkan aturan secara ketat dan memberikan kebebasan berlebihan, namun lebih kepada kompromi dalam pembuatan kesepakatan dan kebebasan yang tetap bertanggung jawab.

Karakter utama dari pola asuh ini adalah adanya hubungan komunikasi yang positif antara Mums dan si Kecil, memiliki aturan tegas dan logis sehingga si Kecil dapat memahaminya, dan sikap tegas dari Mums dalam penerapan aturan, bersamaan dengan konsistensi pemberian sanksi atau hadiah sebagai apresiasi perilaku si Kecil.

Manfaat positif dari pola asuh ini dapat dilihat dari si Kecil yang dapat mengembangkan kreativitas, adanya tanggung jawab dari si Kecil atas setiap perilakunya, keterbukaan komunikasi, kedekatan hubungan, serta kemampuan berpikir kritis yang akan muncul secara perlahan. Si Kecil juga cenderung memiliki kemampuan pengambilan keputusan yang baik, buah dari kemampuan berpikir kritis yang dimilikinya.

Pengabaian

Sebenarnya ini tidak dapat dikatakan sebagai bentuk dari pola asuh, karena poin terakhir cenderung tidak memberikan perlakuan pada si Kecil. Pada pola ini, Mums dan si Kecil tidak memiliki aturan untuk disepakati, Mums membiarkan si Kecil mencukupi kebutuhannya sendiri, serta minimnya komunikasi antara Mums dan si Kecil.

Tanpa disadari, tidak sedikit keluarga modern yang menerapkan pola ini karena kedua orang tua sibuk bekerja. Selalu berikan perhatian pada si Kecil ya Mums, sebab ketika diabaikan ia akan tumbuh menjadi anak yang tidak memiliki pegangan hidup.

Menerapkan pola asuh anak yang tepat dalam mendidik si Kecil mulai dari usia dini hingga anak-anak menjadi kunci untuk pertumbuhan karakter dan sifat dasar si Kecil. Mums harus benar-benar cermat dalam menerapkan pola asuh yang dipilih, agar tetap berorientasi pada optimalnya tumbuh kembang si Kecil. Nah untuk mendukung optimalnya tumbuh kembang si Kecil, Mums juga perlu mencukupi kebutuhan nutrisi hariannya. Makanan bernutrisi serta pola hidup sehat, harus menjadi hal yang diterapkan sepanjang waktu. Jangan lupa juga untuk memberikan Friso Gold 3, untuk membantu memenuhi kebutuhan nutrisi hariannya. Friso dengan teknologi Locknutri, membuat kualitas alami nutrisi senantiasa terjaga dalam kondisi terbaik sehingga mudah diserap oleh tubuh si Kecil dan membantunya kuat dari dalam. Berikan yang terbaik untuknya, dan lihat ia tumbuh sesuai harapan Mums!

Sample Friso Gold

Selamat datang! Apakah Mums ingin mencoba Free Sample dari Friso?

Daftar Sekarang