Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif

Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih.

Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai.

Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi.

Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui.

Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.

Mempererat Hubungan Orang Tua dan Anak [5 Cara Simple]

Mempererat Hubungan Orang Tua dan Anak [5 Cara Simple]

Pepatah mengatakan, ‘tidak ada ikatan sekuat ibu dan anak’. Tentu pepatah muncul bukan tanpa sebab. Ikatan orang tua dan anak dalam banyak sekali konteks memang merupakan ikatan batin yang kuat. Terlebih jika ikatan ini sudah dibentuk sejak si Kecil berusia dini. Artinya semakin panjang waktu yang dihabiskan untuk menumbuhkan ikatan tersebut, semakin kuat ikatan yang muncul antara Mums dan si Kecil.

Secara alami, ikatan ini dapat terbentuk dari berbagai interaksi yang Mums lakukan dengan si Kecil. Ikatan orang tua dan anak juga dapat diperkuat dengan melakukan aktivitas sederhana secara bersama-sama. Nah, jika mungkin Mums bingung bagaimana cara meningkatkan kualitas ikatan Mums dengan si Kecil, Mums berada di artikel yang tepat. Simak selengkapnya di bawah ini ya!

Sarapan Bersama si Kecil

Kegiatan makan secara bersama-sama dengan si Kecil dan semua anggota keluarga lain dapat menjadi cara sederhana dalam meningkatkan kualitas hubungan dan kedekatan emosional. Sekadar berbagi canda, interaksi yang terjadi, serta senyum semangat untuk setiap anggota keluarga sebelum beraktivitas dapat menjadi cara yang ampuh dalam meningkatkan kedekatan emosional.

Mums dapat melakukannya ketika sarapan pagi sebelum beraktivitas, ketika makan siang, atau ketika makan malam. Poin utamanya adalah kegiatan makan bersama dan interaksi yang terjadi ketika makan bersama.

Orang Tua dan Anak Bermain Bersama

Selanjutnya kegiatan yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kualitas dan mempererat hubungan orang tua dan anak adalah aktivitas bermain bersama. Bermain bersama memberikan Mums dan si Kecil untuk mengalami pengalaman bersama. Secara psikis, orang yang mengalami kejadian dan pengalaman yang sama akan memiliki ikatan yang jauh lebih erat.

Mums dapat mengajaknya bersepeda keliling komplek perumahan sekitar, atau sekedar lempar tangkap bola. Ketika sedang tak bisa melakukan aktivitas bermain di luar rumah, Mums juga dapat bermain board game atau flashcard buah dan sayur sebagai media interaksi.

Saling Menghargai

Perilaku saling menghargai antara anggota keluarga nyatanya juga dapat mempererat ikatan batin antara anggota keluarga. Misalnya, ketika Mums melakukan kesalahan pada si Kecil yang membuatnya sedih, Mums dapat meminta maaf secara langsung dan terbuka mengakui kesalahan Mums. 

Dengan begini si Kecil akan merasa dihargai sebagai anggota keluarga yang memiliki posisi setara dengan Mums dan anggota keluarga lain. Ketika si kecil melakukan kesalahan, disiplinkan dengan cara menegur dengan lembut. Hindari penggunaan nada tinggi ya Mums, karena hal tersebut justru dapat mendorong munculnya sifat membangkang pada anak-anak.

Berbagi Pengalaman Setiap Hari

Pernahkan Mums melihat adegan di film atau sinetron ketika seluruh anggota keluarga berkumpul dan menanyakan kegiatan apa yang dilakukan hari ini? Ternyata, aktivitas seperti itu memiliki dampak positif mendekatkan hubungan orang tua dan anak lho. Dengan berbagi pengalaman, setiap anggota keluarga dapat lebih memahami satu sama lain.

Ketika berbagi cerita ini, Mums dapat memberikan apresiasi dan mengajukan pertanyaan pada si Kecil untuk mengetahui lebih jauh apa saja yang terjadi padanya hari itu. Apresiasi yang Mums berikan sesederhana ekspresi kagum seperti ‘Wah’, atau ekspresi ingin tahu seperti ‘Apakah benar?’ dan lain sebagainya. Poin penting terletak pada momen Mums bertanya dan si Kecil berbagi cerita serta apresiasi yang diberikan.

Meminta Bantuan si Kecil

Seiring bertambahnya usia, kemampuan si Kecil dalam beraktivitas juga akan bertambah baik. Koordinasi gerakan bagian tubuh serta kemampuan berpikir yang terus meningkat dapat Mums jadikan kesempatan mempererat hubungan orang tua dan anak. Tapi bagaimana caranya? 

Dalam mengerjakan pekerjaan rumah, Mums dapat meminta bantuan pada si Kecil. Bantuan yang diminta tidak harus hal berat seperti menyapu atau mengepel, namun cukup dengan merapikan mainannya, merapikan selimut dan sprei, atau sekedar mengambilkan barang-barang kecil. Keterlibatan si Kecil pada aktivitas yang Mums lakukan dapat benar-benar membuatnya ikut memiliki andil dalam menyelesaikan pekerjaan Mums, dan tentu saja, ia akan merasa semakin dekat dengan Mums secara emosional.

Kunci dari peningkatan atau cara mempererat hubungan orang tua dan anak adalah melakukan aktivitas bersama dan menghabiskan waktu bersama. Dengan banyaknya interaksi yang terjadi, idealnya rasa saling memiliki akan muncul dengan sendirinya. Hubungan Mums dan si Kecil secara alami akan semakin erat sehingga si Kecil akan memiliki rasa percaya yang tinggi pada Mums.

Terkait dengan aktivitas pertama dalam cara mempererat hubungan orang tua dan anak, pastikan juga Mums selalu memberikan makanan yang kaya nutrisi. Hal ini penting agar tumbuh kembangnya dapat berjalan optimal, sehingga ia tumbuh dengan baik. Berikan juga Friso Gold 4 untuk membantu mencukupi kebutuhan nutrisi hariannya. Friso dengan teknologi Locknutri yang dapat menjaga kualitas alami nutrisi, nutrisi dalam Friso Gold 4 akan lebih mudah diserap tubuh si Kecil dan membantunya kuat dari dalam. Berikan yang terbaik untuk tumbuh kembang buah hati tercinta dan habiskan banyak waktu dengannya agar Mums semakin dekat dengan si Kecil!

Sample Friso Gold

Selamat datang! Apakah Mums ingin mencoba Free Sample dari Friso?

Daftar Sekarang