Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif

Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih.

Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai.

Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi.

Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui.

Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.

3 Manfaat Minyak Ikan untuk Tumbuh Kembang si Kecil

3 Manfaat Minyak Ikan untuk Tumbuh Kembang si Kecil

Mencukupi setiap nutrisi agar tumbuh kembang si Kecil dapat berjalan optimal, merupakan salah satu hal yang wajib Mums lakukan. Salah satu sumber makanan yang mengandung banyak nutrisi adalah minyak ikan. Ya, manfaat minyak ikan cukup banyak untuk mendukung tumbuh kembang si Kecil, baik dalam jangka pendek maupun panjang.

Minyak ikan yang banyak dijual dipasaran sebagai suplemen berasal dari hati ikan cod yang difermentasi. Namun demikian, minyak ini harus diproses terlebih dahulu sedemikian rupa agar aman untuk dikonsumsi oleh si Kecil. Kandungan vitamin dan lemak tak jenuh jadi nutrisi utama yang akan didapatkan oleh si Kecil ketika mengkonsumsinya.

Lepas dari bentuk konsumsi, baik itu berupa suplemen atau berupa bahan makanan yang mengandung minyak ikan, Mums tentu perlu memahami apa sebenarnya manfaat minyak ikan untuk si Kecil. Tanpa berlama-lama lagi, yuk simak manfaatnya pada bagian di bawah!

Zat Besi, Vitamin, dan Mineral

Manfaat minyak ikan yang pertama bisa didapatkan dari kandungan Zat Besi, vitamin, dan mineral yang ada di dalamnya. Zat Besi secara umum diperlukan oleh tubuh si Kecil untuk menjaga daya tahan tubuhnya. Dengan daya tahan tubuh yang baik, si Kecil tidak akan mudah sakit dan dapat tumbuh dengan optimal.

Vitamin dan mineral dalam minyak ikan juga diperlukan untuk menyuplai kebutuhan nutrisi hariannya. Dengan asupan nutrisi yang cukup, sel-sel dalam tubuh dapat tumbuh dan berkembang dengan baik. Masa tumbuh kembang akan berjalan optimal ketika setiap kebutuhan nutrisi terpenuhi.

Untuk vitamin yang terdapat dalam minyak ikan adalah Vitamin A dan Vitamin D. Keduanya baik untuk menjaga fungsi organ dalam dan perkembangannya. Untuk itu, asupan kedua vitamin ini harus selalu dipastikan tercukup. Jenis Vitamin A dan Vitamin D adalah jenis yang larut dalam lemak pada minyak ikan, jadi lebih mudah diserap oleh tubuh si Kecil.

Asam Lemak pada Minyak Ikan

Minyak ikan juga mengandung asam lemak yang dapat membantu mengurangi risiko jantung koroner dalam jangka panjang. Asam lemak tak jenuh yang ada di dalamnya dapat membantu menurunkan kadar Trigliserida, sehingga dapat mengurangi tekanan darah tinggi.

Salah satu asam lemak yang cukup populer berkaitan dengan manfaat minyak ikan adalah Omega-3, yang dikenal luas sangat baik untuk mengoptimalkan pertumbuhan dan perkembangan otak si Kecil. Dengan asupan Omega-3 yang cukup, maka idealnya si Kecil akan tumbuh jadi anak yang pintar dan mudah menyerap rangsangan yang diberikan padanya.

Manfaat Minyak Ikan: Meringankan Penyakit

Manfaat minyak ikan yang ketiga adalah berperan besar dalam meringankan berbagai macam penyakit atau kelainan. Misalnya saja, ADHD, asma, radang sendi, detak jantung yang tidak normal, dan juga dapat membantu mengurangi resiko kanker pada anak-anak.

Tentu asupan yang diberikan tidak berefek secara instan, namun harus dilakukan secara berkelanjutan dan terus menerus agar efeknya juga dapat dirasakan untuk jangka panjang. Selama Mums mencukupi kebutuhan nutrisi yang diberikan untuk si Kecil, maka idealnya setiap resiko penyakit dapat diminimalisir.

Melihat banyaknya kandungan nutrisi dan manfaatnya untuk si Kecil, mungkin Mums berpikir untuk secara rutin memberikan suplemen minyak ikan padanya. Namun demikian, sebenarnya pemberian suplemen ini tidak terlalu diperlukan, selama Mums dapat mencukupi kebutuhan nutrisi dalam minyak ikan melalui asupan makanan sehat.

Beberapa jenis makanan lain yang dapat membantu Mums dalam mencukupi kebutuhan nutrisi harian si Kecil antara lain kenari, minyak rami, dan minyak borage. Semuanya memiliki kandungan Omega-3 yang sejenis dengan apa yang terkandung dalam minyak ikan. Opsi lain untuk makanan yang dapat diberikan adalah telur, susu, minuman kedelai, jus, yogurt, dan makanan yang mencantumkan kandungan Omega-3 dalam keterangan di kemasannya. Opsi ini dapat diberikan jika si Kecil tidak menyukai makanan yang mengandung ikan atau olahan ikan.

Konsumsi makanan yang terpola dengan baik dapat menjadi kunci utama dari optimalnya tumbuh kembang si Kecil. Setelah membaca manfaat minyak ikan yang sudah dijabarkan di atas, mungkin Mums dapat mulai menyesuaikan menu makanan yang setiap hari diberikan pada si Kecil.

Tentu, untuk membantu mengoptimalkan fase tumbuh kembangnya, asupan makanan sehat dan nutrisi yang cukup diperlukan. Jangan lupa juga untuk memberikan rangsangan aktif pada si Kecil seperti gerak, interaksi yang intens, dan yang lainnya agar si Kecil senantiasa dapat belajar hal baru setiap hari.

Manfaat minyak ikan, sekali lagi, tidak hanya bisa didapatkan dari olahan ikan saja namun juga jenis makanan lain. Kandungan Omega-3 yang sangat baik untuk perkembangan otak, juga dapat Mums dapatkan dari susu pertumbuhan. Friso Gold 4, kini hadir dengan nutrisi yang lengkap dan siap membantu Mums mencukupi kebutuhan nutrisi harian si Kecil. Friso yang dilengkapi dengan teknologi Locknutri, kualitas nutrisi alami senantiasa terjaga, sehingga mudah diserap oleh tubuh si Kecil dan membantunya kuat dari dalam. Berikan yang terbaik untuk si Kecil, dan lihat ia tumbuh dengan optimal!

Sample Friso Gold

Selamat datang! Apakah Mums ingin mencoba Free Sample dari Friso?

Daftar Sekarang