Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif

Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih.

Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai.

Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi.

Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui.

Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.

Jadwal Imunisasi Dasar Lengkap, Mums Wajib Paham!

Jadwal Imunisasi Dasar Lengkap, Mums Wajib Paham!

Memberikan imunisasi untuk si Kecil merupakan hak wajib guna membantu membentuk daya tahan tubuh si Kecil dari berbagai penyakit. Imunisasi dasar lengkap sendiri, merupakan program pemerintah yang sudah direncanakan dan dilakukan sejak lama. Namun demikian pada faktanya masih ada saja anak-anak yang tidak menerima imunisasi lengkap yang sudah diprogramkan.

Tentu, Mums dapat mengetahui jadwal dan jenis imunisasi apa saja yang wajib diberikan pada si Kecil. Namun demikian, untuk Mums yang mungkin tak sempat untuk mencari informasi ini secara langsung, Mums dapat menemukannya di sini. Akan dibahas sedikit mengenai jenis imunisasi apa saja yang harus diberikan, manfaat, serta jadwal terkait imunisasi tersebut.

Daftar Imunisasi Dasar Lengkap untuk si Kecil

Vaksin Hepatitis B atau HB

Vaksin ini diberikan untuk membantu si Kecil mencegah penyakit Hepatitis B. Hepatitis B sendiri dapat menyebabkan pengerasan hati dan berujung pada gagal hati dan kanker hati. Vaksin ini diberikan pada saat si Kecil berusia di bawah 24 jam, disebut dengan HB-0, lalu pada usia 2 bulan, usia 3 bulan, usia 4 bulan, dan pada usia 18 bulan (imunisasi lanjutan).

Vaksin BCG

Vaksin ini diberikan untuk membantu si Kecil mencegah penyakit Tuberkulosis. Waktu imunisasi untuk vaksin ini adalah sebelum usia 3 bulan. Jika terlambat diberikan (setelah usia 3 bulan) maka Mums perlu melakukan uji Tuberkulin terlebih dahulu untuk memastikan kondisi si Kecil.

Vaksin Polio

Vaksin ini diberikan pada usia 1 bulan, 2 bulan, dan 3 bulan dengan cara ditetes. Pada usia 4 bulan, sekali lagi diberikan dengan cara disuntik sehingga kekebalan tubuh dapat terbentuk dengan sempurna. Fungsi utama dari vaksin ini adalah untuk mencegah terjadinya lumpuh layu pada si Kecil. 

Vaksin Campak

Seperti namanya, vaksin ini berguna untuk mencegah penyakit campak yang dapat berefek pada radang paru-paru berat atau biasa disebut dengan Pneumonia. Efek lain dari campak adalah diare serta gangguan pada otak. Waktu diberikannya vaksin ini adalah pada usia 9 bulan dan 18 bulan. Disamping membantu mencegah campak, vaksin ini juga berfungsi untuk membantu mencegah Rubella.

Vaksin DPT-HB-Hib

Berguna untuk menangkal 6 penyakit, yakni Difteri Pertusis, Tetanus, Hepatitis B, Pneumonia dan Meningitis. Penyakit ini disebabkan kuman Hib. Waktu pelaksanaannya adalah pada usia 2 bulan, 3 bulan, 4 bulan, dan 18 bulan.

Seperti yang dapat Mums lihat, vaksin-vaksin ini adalah vaksin yang harus diberikan sesuai dengan usia si Kecil. Jadi, untuk dapat memenuhi jadwal yang sudah diberikan ini, mums dapat berkonsultasi dengan dokter kepercayaan Mums atau mengunjungi Posyandu terdekat. Di sana Mums akan mendapatkan informasi lengkap mengenai apa-apa saja yang harus diberikan pada si Kecil seiring pertambahan usia.

Pentingnya Melakukan Imunisasi Dasar Lengkap

Jika dilihat dari urgensinya, tentu hal ini sangat penting. Setiap vaksin yang diberikan pada si Kecil ini akan membantu membentuk daya tahan tubuh si Kecil dari setiap penyakit yang sudah disebutkan tadi. Baik yang berdampak berat atau ringan, vaksin akan membuat si Kecil kebal terhadap infeksi penyakit tersebut. 

Ketika daya tahan tubuhnya sudah terbentuk, maka idealnya si Kecil dapat tumbuh dengan optimal. Semua nutrisi yang masuk ke dalam tubuhnya bisa benar-benar digunakan untuk proses tumbuh kembang dan bukan untuk pemulihan karena penyakit. Maka dari itu, diharuskan untuk setiap anak-anak yang ada di Indonesia untuk mendapatkan vaksin tersebut sesuai dengan usianya.

Kementerian terkait juga menyatakan bahwa imunisasi dasar lengkap, jika diterapkan dan dijalankan dengan benar, dapat meningkatkan tingkat kesehatan masyarakat secara umum. Idealnya ketika setiap anak sudah mendapatkan imunisasi yang diprogramkan, maka kelak ketika ia tumbuh dewasa ia juga tidak akan terkena penyakit-penyakit seperti Hepatitis, lumpuh layu, dan lain sebagainya. 

Nah, setelah mengetahui sekilas mengenai informasi di atas, jangan tunda untuk segera memastikannya di dokter atau Posyandu terdekat ya Mums. Terlebih jika si Kecil berada pada rentang usia yang disebutkan di atas, pastikan ia mendapat imunisasi yang telah diprogramkan agar ia memiliki daya tahan tubuh yang kuat.

Kesehatan anak-anak tidak hanya menjadi tanggung jawab negara secara umum, namun juga tanggung jawab Mums secara langsung. Selain imunisasi yang sudah terjadwal, biasakan juga si Kecil untuk menerapkan pola hidup sehat. Asupan makanan bernutrisi, serta lingkungan yang bersih dapat turut mendukung optimalnya tumbuh kembang anak-anak.

Program imunisasi dasar lengkap untuk si Kecil telah sedemikian rupa disusun oleh pemerintah dengan dasar riset yang kuat. Selanjutnya, penerapan pola hidup sehat harus benar-benar ditekankan. Pastikan si Kecil mendapat seluruh asupan nutrisi yang dibutuhkan secara cukup, dan bila perlu tambahkan pula asupan susu pertumbuhan berkualitas yang dapat menunjang proses tumbuh kembang si Kecil.

Sample Friso Gold

Selamat datang! Apakah Mums ingin mencoba Free Sample dari Friso?

Daftar Sekarang