Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif

Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih.

Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai.

Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi.

Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui.

Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.

Asupan-Gizi-Seimbang-untuk-si-Kecil-yang-Berpuasa.jpg

Asupan Gizi Seimbang untuk si Kecil yang Berpuasa

Seiring bertambahnya usia si Kecil, mungkin sudah waktunya untuk mengenalkan puasa padanya. Meski mungkin belum dapat menjalankannya secara optimal, namun latihan dengan puasa setengah hari bisa dilakukan. Tentu hal ini tetap harus didukung dengan menu sahur dan berbuka yang memiliki gizi seimbang. Hal yang belakangan disebut menjadi faktor penting agar latihan si Kecil dapat berjalan lancar.

Nah, untuk si Kecil yang sekiranya sudah mampu melaksanakan ibadah puasa secara penuh dari sahur hingga berbuka, tentu patut diapresiasi. Dukung ibadah yang dijalankan si Kecil dengan memberikannya menu sahur dan berkua yang kaya nutrisi. Makanan dengan gizi seimbang akan membantu si Kecil puasa hingga waktu berbuka, dan tetap mencukupi kebutuhan nutrisi hariannya.

Jika mungkin ini pengalaman pertama Mums dalam menemani si Kecil menjalankan ibadah puasa, Mums dapat melihat beberapa rekomendasi dan tips yang akan disampaikan pada bagian selanjutnya. Tips ini, semata untuk tetap mencukupi kebutuhan nutrisi harian sekaligus mendukung si Kecil agar kuat berpuasa sehari penuh.

Pastikan Gizi Seimbang Saat Sahur

Menu makanan sahur jadi poin pertama yang perlu dicermati. Ketika berpuasa, asupan makanan dan energi untuk aktivitas sehari akan didapat dari menu sahur. Jadi sebisa mungkin berikan makanan yang tepat serta ajarkan pola sahur yang benar. Jangan sampai niat si Kecil untuk berpuasa terhambat karena ia kurang paham pada pola sahur yang benar.

Makan secukupnya, ketika sahur, ajarkan si Kecil untuk makan secukupnya. Memang logika si Kecil akan berkata bahwa harus makan sebanyak-banyaknya agar kuat melakukan ibadah puasa. Namun sebenarnya kunci ketahanan puasa terletak pada jenis makanan yang tepat sehingga dapat dicerna secara bertahap.

Kenyang lebih lama, makanan dengan indeks Glikemik rendah dapat membantunya meningkatkan gula darah secara bertahap. Hal ini berpengaruh langsung pada rasa kenyang yang dirasakan si Kecil. Makanan yang direkomendasikan antara lain nasi merah, ubi jalar, kacang hijau, jagung, wortel, buah anggur, buah pisang, ikan kukus serta ayam panggang.

Nutrisi dari susu pertumbuhan, untuk mendukung pemenuhan kebutuhan nutrisi harian, Mums juga disarankan untuk memberikan susu pertumbuhan yang tepat. Nutrisi yang terkandung dalam susu pertumbuhan dapat membantu memenuhi kebutuhan nutrisi harian sehingga tumbuh kembang si Kecil tetap berjalan optimal.

Cairan tubuh, dehidrasi menjadi hal yang patut diperhatikan ketika si Kecil ingin berpuasa secara penuh. Hal ini dapat dihindari dengan mencukupi asupan cairan tubuh, baik melalui air putih, susu pertumbuhan, atau buah dan sayur. Semua dapat menjadi sumber asupan cairan tubuh yang baik.

Asupan Nutrisi Saat Berbuka Puasa

Apa yang biasanya dilakukan anak-anak ketika waktu berbuka puasa tiba? Minum es buah? Makan dengan lahap? Atau yang lainnya? Well, sebenarnya ada sedikit rekomendasi yang dapat Mums terapkan untuk membantu si Kecil mengembalikan energi dengan benar.

Air putih, ketika berbuka puasa, minuman paling tepat adalah air putih dengan suhu kamar. Lanjutkan dengan takjil yang dimiliki, misalnya buah atau makanan ringan dengan rasa mains lain. Makanan ini berfungsi agar lambung si Kecil tak ‘kaget’ jika menerima asupan makanan berat.

Seimbangkan gula darah, waktunya mengisi tenaga si Kecil setelah seharian penuh berpuasa. Berikan makanan dengan indeks glikemik tinggi agar dapat menstabilkan gula darahnya. Pilihan makanannya cukup beragam, seperti kentang, roti putih, nasi, donat, oatmeal, makaroni, serta keju.

Hindari gorengan dan teh, memang kedua makanan ini menjadi favorit untuk berbuka. Namun dalam menerapkan konsep gizi seimbang, kedua makanan ini sangat tidak disarankan. Teh untuk berbuka puasa dapat membuat penyerapan Zat Besi terganggu, sedangkan gorengan mengandung zat yang dapat memicu naiknya asam lambung.

Hindari juga minuman terlalu dingin dan makanan berlemak tinggi, kedua makanan ini juga merupakan menu sangat menggoda untuk membatalkan puasa karena dapat memberikan kepuasan ketika dikonsumsi. Namun demikian, minuman yang terlalu dingin justru bisa membuat lambung berkontraksi dan membuat rasa kenyang bertahan lebih lama. Padahal ketika berbuka hingga malam hari adalah kesempatan tubuh mendapat asupan nutrisi sebagai bekal untuk puasa hari berikutnya.

Bagaimana Mums tips dan rekomendasi di atas? Cukup mudah diikuti bukan? Jika dipraktekkan, mungkin akan menemui sedikit kesulitan karena akan mengubah pola konsumsi ketika sahur dan berbuka. Namun demikian perubahan ini perlu agar Mums dapat menjaga asupan gizi seimbang untuk si Kecil ketika menjalankan ibadah puasa.

Menjaga gizi seimbang setiap hari jadi kunci optimalnya tumbuh kembang si Kecil. Maka dari itu, pemilihan menu makanan dan minuman yang tepat harus dilakukan. Untuk membantu Mums memenuhi kebutuhan nutrisi hariannya, Mums dapat memberikan Friso Gold 4. Susu pertumbuhan yang satu ini mengandung nutrisi yang lengkap dan dapat menunjang pemenuhan gizi harian. Friso dilengkapi dengan teknologi Locknutri, membuat kualitas alami nutrisi senantiasa terjaga sehingga mudah dicerna oleh tubuh si Kecil dan membantunya kuat dari dalam. Berikan menu sahur dan berbuka yang terbaik untuk si Kecil, dan dukung ia menjalankan ibadah puasanya! 

Sample Friso Gold

Selamat datang! Apakah Mums ingin mencoba Free Sample dari Friso?

Daftar Sekarang