Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif
Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih. Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai. Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi. Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui. Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.
Opsi Makanan Bayi 1 Tahun, Beragam Sumber Nutrisi Padat yang Baru untuk si Kecil

Opsi Makanan Bayi 1 Tahun, Beragam Sumber Nutrisi Padat yang Baru untuk si Kecil

Ketika si Kecil telah menginjak tahun pertama usianya, asupan makanan dan nutrisi yang diberikan mulai bisa bervariasi. Jika tadinya hanya berfokus pada ASI saja, maka  makanan bayi 1 tahun sudah dapat disertai dengan makanan padat. Tentu tidak kemudian makanan padat sepenuhnya, namun secara bertahap dikenalkan pada tekstur yang lebih padat daripada cairan atau susu yang selama ini dikonsumsinya.

Dari sekian banyak pilihan makanan, tentu Mums dapat memilah dan memilih makanan mana yang kira-kira memiliki tekstur tak terlalu padat, namun tetap bisa digunakan untuk pengenalan tekstur selain cairan. Biasanya alternatif paling dipilih adalah bubur, tofu, olahan telur, daging ikan, selai kacang. Tapi apakah makanan ini memiliki cukup nutrisi untuk memenuhi kebutuhan nutrisi hariannya?

Bubur

Jika dikatakan bubur, mungkin akan identik dengan nasi yang dimasak cukup lama hingga teksturnya sangat lembut. Makanan ini dapat dikenalkan dengan syarat bahwa si Kecil sudah dapat mencerna tekstur bubur yang pada dasarnya adalah nasi. Nah agar memiliki nutrisi yang cukup, Mums dapat memberikan potongan sayur atau daging yang juga bertekstur lunak di dalamnya.

Bubur dapat memberikan asupan energi yang cukup untuk aktivitas harian si Kecil. Selain itu, tambahan sayur dan bahan lain yang juga bernutrisi dapat menjadi pelengkap yang sangat baik untuk memenuhi kebutuhan nutrisi hariannya. Pastikan setiap bahan sudah dicuci bersih untuk mengurangi resiko infeksi penyakit ya Mums!

Tofu

Merupakan salah satu olahan kedelai yang memiliki tekstur lebih lembut daripada tahu, tofu merupakan pilihan makanan yang baik untuk diberikan pada anak berusia 1 tahun. Selain dapat disajikan secara sederhana dengan memprosesnya terlebih dahulu, Mums juga dapat memasak tofu bersama dengan sayuran lainnya. Tapi bagaimana dengan nutrisinya?

Untuk mendukung tumbuh kembang si Kecil, tofu dapat dikatakan makanan yang tepat. Kandungan Kalsium, Protein, Zat Besi dan sifatnya yang rendah kalori merupakan opsi makanan yang baik untuk si Kecil. Pada usia 1 tahun, tubuh si Kecil memerlukan asupan nutrisi yang cukup banyak karena pertambahan berat badan, volume serta panjang tulang sehingga setiap nutrisi tersebut menjadi penting untuknya.

Olahan Telur

Telur, makanan yang disukai hampir semua orang di dunia ini memiliki rasa yang nikmat, pengolahan yang mudah serta perpaduan dengan bahan lain yang juga tidak rumit. Untuk mengenalkan tekstur baru pada si Kecil, Mums dapat membuat scrambled egg dengan tambahan susu dan keju, sehingga teksturnya menjadi lembut dan mudah dicerna si Kecil.

Nutrisi dari telur sendiri, seperti yang mungkin Mums ketahui, cukup banyak. Mulai dari Omega 3, Selenium, Protein, Vitamin hingga berbagai Mineral, semua ada dalam sebutir telur. Untuk menopang kebutuhan nutrisi hariannya, telur bisa masuk ke dalam  menu makanan sehari-hari. Namun demikian, perhatikan jumlah dan jenis telurnya juga ya Mums, agar si Kecil mendapatkan manfaat maksimal.

Daging Ikan

Ikan adalah salah satu bahan makanan yang mengandung sangat banyak nutrisi. Mulai dari Protein hingga Omega 3 yang baik untuk perkembangan otaknya. Ini mengapa ikan menjadi salah satu makanan yang direkomendasikan untuk mendukung tumbuh kembang si Kecil, tidak hanya pada fisik namun juga perkembangan otaknya.

Konsumsi ikan secara rutin dapat membuat si Kecil lebih mudah menyerap rangsangan karena otaknya mendapatkan nutrisi yang cukup untuk terus berkembang. Namun demikian ada baiknya Mums berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter kepercayaan. Pasalnya makanan jenis ini sering menimbulkan alergi, yang alih-alih memberikan manfaat justru membuat si Kecil terganggu kesehatannya.

Selai Kacang

Selai kacang bisa diberikan pada si Kecil ketika usianya 1 tahun selama si Kecil tidak memiliki alergi pada olahan kacang. Alergi pada kacang merupakan salah satu jenis alergi yang cukup sering terjadi, ini mengapa Mums juga perlu mengkonsultasikannya terlebih dahulu dengan dokter kepercayaan Mums. Namun demikian lepas dari potensi alergi yang ditimbulkan, nutrisi yang terkandung juga tak kalah lengkap.

Mulai dari Omega 3, Protein, berbagai Vitamin dan Mineral serta nutrisi lain terkandung dalam bahan makanan ini. Sajikan bersama buah atau finger food dengan cara dioles atau dicocol. Hal ini dapat mengontrol jumlah selai kacang yang dikonsumsi oleh si Kecil karena selai ini juga mengandung gula yang cukup banyak.

Satu jenis bahan pangan yang tidak boleh dilewatkan dalam rangka mendukung tumbuh kembangnya adalah susu dengan kandungan nutrisi lengkap. Susu seperti ini biasanya memiliki proses produksi modern serta terjamin kualitasnya.

Lengkapi menu makanan bayi 1 tahun dengan susu Friso Gold 3. Diproduksi dengan Single Process, dimana susu tidak mengalami pemanasan berlebih sehingga nutrisinya tetap terjaga. Selain itu Friso Gold 3 juga dilengkapi teknologi Locknutri yang menjaga kualitas alami nutrisi dalam susu, sehingga mudah diserap tubuh si Kecil dan mendukung optimalnya tumbuh kembang si Kecil.