Lompat ke isi utama
Buah Vitamin A

10 Buah yang Mengandung Vitamin A untuk Si Kecil

Buah yang mengandung vitamin A bermanfaat bagi kesehatan mata si Kecil. Apa saja jenisnya? Cukupkah asupan vitamin A hanya dari buah saja?

Buah yang mengandung vitamin A memiliki beragam manfaat bagi tubuh si Kecil, terutama untuk menjaga kesehatan mata dan kulitnya. Selain itu, vitamin A juga penting untuk membantu meningkatkan sistem imun dan kesehatan sel-sel tubuh lainnya. Pada anak-anak, pertumbuhan dan perkembangan yang optimal juga didukung oleh kecukupan vitamin A lho. 

Pada dasarnya, vitamin A bisa ditemukan pada hampir semua jenis buah. Namun, yang membedakannya adalah jumlah vitamin A yang terkandung di masing-masing buah, ada buah yang jumlah vitamin A-nya cukup tinggi, tetapi ada pula yang jumlahnya lebih sedikit. Nah, di artikel ini akan menjelaskan beberapa jenis buah yang mengandung vitamin A cukup tinggi agar bisa dikonsumsi oleh si Kecil secara rutin. 

Rekomendasi Buah yang Mengandung Vitamin A

Berikut ini beberapa rekomendasi buah yang mengandung vitamin A yang bisa Mums berikan untuk si Kecil, di antaranya:

  1. Mangga

    Selain memiliki rasa manis dan menyegarkan, mangga juga dikenal sebagai buah yang mengandung vitamin A cukup tinggi. Mengonsumsi mangga secara rutin dapat membantu menjaga kesehatan mata, kulit, membantu menjaga sistem imun, dan meningkatkan kesehatan tulang.

  2. Pepaya

    Buah yang mengandung vitamin A selanjutnya yaitu pepaya. Mums pasti sering mendengar anggapan bahwa pepaya dapat melancarkan saluran pencernaan si Kecil, kan? Ternyata manfaat pepaya tak hanya itu saja lho. Buah ini bermanfaat untuk membantu mencegah kerusakan sel tubuh dari radikal bebas, memperkuat sistem imun, menjaga kesehatan mata, kulit, dan rambut, serta mengurangi gejala nyeri. 

  3. Tomat

    Tomat juga menjadi salah satu buah yang mengandung vitamin A cukup tinggi dan aman dikonsumsi oleh anak-anak. Selain menjaga kesehatan mata dan kulit, tomat juga bermanfaat untuk membantu menjaga kesehatan saluran pencernaan, jantung, hingga menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Selain itu, tomat memiliki kandungan likopen, yaitu salah satu jenis antioksidan yang diketahui dapat mencegah berbagai penyakit, termasuk kanker. Itulah sebabnya, mengonsumsi buah tomat yang sudah diolah dipercaya lebih baik dibandingkan memakannya secara langsung dalam bentuk buah segar. Ini karena kandungan likopen dalam tomat yang sudah diolah dapat lebih mudah dicerna oleh tubuh si Kecil.

  4. Blewah

    Blewah merupakan buah yang mengandung vitamin A dengan kadar yang cukup tinggi. Selain dapat menjaga kesehatan mata, blewah juga kaya akan beta karoten yang merupakan antioksidan. Mengonsumsi buah yang mengandung vitamin A dan antioksidan seperti blewah dapat membantu melawan radikal bebas dalam tubuh. 

  5. Jeruk bali

    Tahukah Mums, ternyata jeruk bali dikenal sebagai buah yang mengandung vitamin A dengan kadar yang sangat tinggi lho. Bahkan, jeruk bali merupakan buah yang mengandung vitamin A lebih tinggi dibandingkan buah jeruk jenis lainnya. Selain dianggap sebagai superfood, jeruk bali juga bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah, mengontrol gula darah, hingga membantu mencegah kanker. 

    Baca juga: Apa Perbedaan Prebiotik dan Probiotik? Ini Penjelasannya

  6. Semangka

    Semangka terkenal sebagai buah yang memiliki kandungan air cukup tinggi, sehingga dapat membantu mencegah dehidrasi. Ternyata manfaatnya tak hanya itu saja, buah yang mengandung vitamin A ini juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata dan kulit, membantu meringankan nyeri otot, menjaga kesehatan jantung, meningkatkan kesehatan saluran pencernaan, dan mampu menurunkan peradangan dalam tubuh. 

  7. Jambu biji

    Jambu biji dipercaya sebagai buah yang membantu mempercepat proses penyembuhan demam berdarah. Padahal, jambu biji juga termasuk buah yang mengandung vitamin A dengan beragam manfaat lainnya. Beberapa manfaat jambu biji di antaranya membantu meningkatkan sistem imun, meredakan flu dan batuk, menjaga kesehatan jantung, mata, dan kulit, melancarkan saluran pencernaan, hingga membantu mencegah kanker. 

  8. Stroberi

    Sebagian besar anak-anak sepertinya menyukai buah yang satu ini ya, Mums? Selain memiliki rasa manis dan asam yang menyegarkan, stroberi juga menyimpan banyak manfaat bagi tubuh si Kecil. Buah yang mengandung vitamin A ini berperan untuk membantu menjaga kesehatan kulit dan mata, meningkatkan sistem imun, mencegah tekanan darah tinggi, menjaga kesehatan jantung, mengontrol gula darah, hingga membantu mencegah kanker. 

  9. Aprikot

    Di Indonesia, buah aprikot memang tidak sepopuler buah lainnya. Namun, siapa sangka ternyata aprikot termasuk buah yang mengandung vitamin A dengan manfaat yang luar biasa. Buah yang mirip dengan buah persik ini berperan untuk menjaga kadar gula darah, memelihara kesehatan jantung, menjaga kesehatan kulit dan mata, mencegah dehidrasi, dan menjaga kesehatan saluran pencernaan. 

  10. Labu kuning

    Buah yang mengandung vitamin A selanjutnya yaitu labu kuning. Berbeda dengan jenis buah sebelumnya, labu kuning lebih sering dikonsumsi sebagai campuran dalam kue, sup, puding, dan kolak. Selain itu, labu kuning juga bisa diolah dengan cara dikukus, ditumis, hingga dipanggang. Selain memiliki rasa manis alami, buah yang mengandung vitamin A ini pun berperan untuk melancarkan saluran pencernaan, menjaga kesehatan mata dan kulit, mengontrol berat badan, memelihara kesehatan jantung, menjaga kesehatan dan fungsi otak, dan meningkatkan daya tahan tubuh. 

Nah, itu dia beberapa jenis buah yang mengandung vitamin A yang baik bagi tubuh si Kecil. Perlu Mums ketahui, jika ingin mengolah buah-buahan tersebut, pastikan cara pengolahannya harus tepat, ya. Hindari memasak buah-buahan tersebut lebih dari satu kali agar nutrisi alami di dalamnya tidak rusak, sehingga pencernaan si Kecil bisa lebih mudah mencerna nutrisi dari buah-buahan tersebut. 

Cukupkah Asupan Vitamin A Hanya dari Buah?

Buah yang mengandung vitamin A memang cukup banyak dan masing-masing buah memiliki manfaat yang baik bagi tubuh si Kecil. Namun, apakah kebutuhan vitamin A si Kecil sudah terpenuhi hanya dengan mengonsumsi buah-buahan? Jawabannya tentu tidak ya, Mums. Konsumsi buah yang mengandung vitamin A saja tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan vitamin A bagi tubuh.

Hal tersebut dikarenakan vitamin A bersifat larut dalam lemak, maka penyerapan tubuh akan jauh lebih efisien apabila dikonsumsi secara bersamaan dengan lemak. Misalnya, diseimbangkan dengan konsumsi produk hewani yang kaya lemak dan vitamin A, seperti susu, daging, keju, telur, ikan, keju, dan yoghurt. 

Meskipun begitu, Mums tetap harus membatasi asupan vitamin A kepada si Kecil. Sebab, kelebihan vitamin A juga tidak baik karena dapat mengakibatkan keracunan. Tak hanya itu, kelebihan vitamin A juga bisa memicu beberapa tanda dan gejala berikut ini:

  • Gangguan pencernaan, seperti muntah dan diare
  • Gangguan penglihatan
  • Pusing atau vertigo
  • Kulit kering dan bersisik

Untuk itu, pastikan asupan vitamin A si Kecil harus sesuai dengan batas normal. Imbangi juga dengan asupan nutrisi berkualitas lainnya, seperti protein, karbohidrat, lemak, serta jenis vitamin dan mineral lainnya. Nah, jika Mums ingin mendapatkan tambahan asupan vitamin A yang baik bagi si Kecil, Mums bisa memberikan ia susu Friso GOLD 3 karena telah diperkaya oleh vitamin A dan beragam vitamin lainnya. 

Selain itu, susu FRISO Gold 3 bisa jadi solusi yang tepat untuk mengoptimalkan tumbuh kembang si Kecil karena mengandung nutrisi alami, tanpa perisa, bebas sukrosa, dan tetap memiliki rasa yang enak. FRISO Gold 3 termasuk susu pertumbuhan bernutrisi tinggi yang diperkaya dengan kandungan prebiotik, probiotik, nukleotida, vitamin, dan mineral, serta didukung oleh teknologi Locknutri yang menjaga kualitas nutrisi alami susu sehingga mudah diserap tubuh si Kecil agar membantunya kuat dari dalam.

 

Ditinjau Oleh: dr. Rulli P.A Situmorang