Lompat ke isi utama
cara cepat membaca

10 Cara Cepat Belajar Membaca Bagi Anak Usia Dini

Cara cepat belajar membaca bisa Mums lakukan dengan beberapa langkah mudah berikut ini. Simak tips dan triknya di sini, yuk!

Ada berbagai cara cepat belajar membaca yang dapat diterapkan kepada anak. Namun pada kenyataannya, terkadang ada tantangan yang membuat Mums kesulitan saat membiasakan kegiatan ini. Salah satu tantangannya karena anak menolak untuk membaca dan justru memilih bermain.

Jika hal tersebut dialami oleh Mums, tidak perlu khawatir secara berlebihan, ya. Sebenarnya membiasakan cara cepat belajar membaca dapat dilakukan dengan beberapa langkah mudah. Dengan catatan, Mums perlu melakukannya sedini mungkin, bahkan lebih baik jika kebiasaan membacakan cerita sudah dilakukan sejak masa kehamilan, bayi baru lahir, sampai anak menginjak usia sekolah.

Supaya lebih jelas, berikut ini ada beberapa cara cepat belajar membaca yang dapat diterapkan mulai sekarang. Simak, yuk!

Cara Cepat Belajar Membaca Bagi Anak

Cara cepat belajar membaca untuk anak bisa Mums lakukan dengan berbagai langkah. Namun, di bawah ini ada beberapa cara yang dapat dilakukan dengan mudah, antara lain: 

  1. Pilih buku yang mudah dimengerti dan menarik

    Cara cepat belajar membaca yang bisa Mums lakukan kepada anak yaitu dengan memilih buku cerita menarik dan mudah dimengerti. Dengan buku yang menarik perhatian anak, maka ia akan antusias untuk mendengarkan Mums membacakan ceritanya. Jika kebiasaan ini dilakukan secara rutin, maka kemampuan membaca anak akan semakin terasah dengan lebih baik. 

    Untuk permulaan, Mums bisa memilih buku cerita yang menampilkan berbagai jenis gambar warna-warni. Akan lebih menarik lagi jika buku cerita tersebut berisikan gambar 3D yang bisa dimainkan oleh anak. 

  2. Rutin mengajak anak untuk membaca bersama

    Cara cepat belajar membaca yang selanjutnya yaitu dengan rutin mengajak anak untuk membaca bersama. Kebiasaan ini sebenarnya sudah bisa Mums lakukan sejak masa kehamilan dan saat buah hati Mums baru lahir. 

    Meskipun di periode tersebut ia tidak paham cerita yang dibacakan, tetapi membacakan cerita dapat merangsang panca inderanya secara perlahan. Sebab, kemampuan membaca juga dapat dilatih dengan baik apabila anak terbiasa mendengar alur cerita dan susunan kosa kata di dalamnya.

  3. Kenalkan anak dengan bunyi huruf

    Seiring pertambahan usianya, Mums bisa mengenalkan anak dengan bunyi-bunyi huruf dan cara menyebutkannya dengan tepat. Ini bisa jadi cara cepat belajar membaca yang dapat diterapkan pada anak usia dini. 

    Cara cepat belajar membaca ini bisa diasah dengan melatih anak untuk meniru bunyi huruf yang diucapkan oleh Mums. Sebagai permulaan, cobalah ajarkan ia untuk menyebutkan huruf alfabet secara berurutan. 

  4. Ajarkan anak mengeja 

    Selain mengenalkan bunyi huruf dan cara membacanya, Mums juga perlu melakukan cara cepat belajar membaca kepada anak dengan mengajarkan ia untuk mengeja. Latih ia untuk mengeja kata-kata yang mudah, mulai dari hewan, anggota tubuh, profesi, dan lain sebagainya. Setelah itu, Mums bisa membuat permainan yang menyenangkan untuk melatih anak agar lebih lancar untuk mengeja kata demi kata. 

  5. Buat permainan saat belajar mengenal huruf

    Supaya cara cepat belajar membaca lebih menarik dan tidak membosankan, cobalah buat permainan saat belajar mengenal huruf. Salah satu permainan membaca yang menyenangkan yaitu dengan menggunakan kartu membaca.

    Mums bisa membuat sendiri kartu membaca yang kreatif dari kertas karton warna-warni yang dipotong berukuran A6, lalu tempelkan gambar-gambar yang mewakili kata tersebut. Misalnya, tempelkan gambar gajah dan di bawah gambarnya ditulis ejaan G-A-J-A-H. Ini adalah salah satu cara cepat belajar membaca yang menyenangkan. Mums perlu membantu anak berlatih secara rutin, setidaknya belajar membaca 1-2 kali dalam 1 hari. 

  6. Berikan label pada benda atau objek di rumah

    Cara cepat belajar membaca ini hampir mirip dengan cara sebelumnya. Namun, cara ini bisa menjadi media pendukung agar anak semakin terlatih untuk bisa membaca dengan lancar. 

    Caranya, Mums dapat menempelkan ejaan di beberapa objek atau benda di rumah, seperti di lemari, kursi, meja belajar, pintu, dan lain sebagainya. Dengan begitu, anak akan familiar untuk mengeja kata demi kata dan mengetahui sebutan untuk masing-masing benda tersebut. 

  7. Jadikan membaca sebagai kegiatan yang menyenangkan

    Memaksakan anak untuk belajar membaca hanya akan sia-sia lho, Mums. Sebab, semakin dipaksa, anak-anak justru semakin menolak untuk melakukannya. Oleh karena itu, jadikan membaca sebagai kebiasaan yang menyenangkan. 

    Cara cepat belajar membaca ini harus atas rasa cinta terhadap buku dan menciptakan literasi sedini mungkin. Itulah sebabnya, Mums juga harus menunjukkan kepada anak bahwa membaca merupakan kegiatan yang menyenangkan sekaligus bermanfaat bagi dirinya sendiri.

    Misalnya, cobalah berikan ia buku-buku ensiklopedia khusus anak yang dipenuhi oleh gambar menarik agar menumbuhkan rasa penasaran dan menambah pengetahuan baru bagi anak. 

  8. Lakukan komunikasi 2 arah saat membaca

    Pada tahap awal cara cepat belajar membaca, Mums akan menjadi pendongeng dan anak yang mendengarkan. Namun, bukan berarti ia hanya diam saja. Sebaiknya Mums harus melibatkan ia dengan menanyakan kelanjutan dari cerita tersebut. Misalnya, Mums bisa menanyakan “Setelah ini, beruang akan pergi kemana, ya?”.

    Dengan melibatkan anak saat membacakan cerita dongeng, secara perlahan ia pun akan melihat hubungan antara kata yang Mums ucapkan dengan kata-kata yang tertulis dalam buku cerita. Itulah sebabnya, ini menjadi salah satu cara cepat belajar membaca untuk anak usia dini. 

  9. Latih anak untuk belajar menulis

    Seperti yang Mums ketahui, membaca dan menulis merupakan 2 kemampuan yang tidak bisa dipisahkan. Mums dapat mencoba cara cepat belajar membaca dengan melatih anak untuk menulis menggunakan pensil warna, krayon, atau media apapun yang membuatnya mengenal lebih jauh mengenai huruf dan angka. 

    Bebaskanlah anak untuk mengeksplorasi apapun yang ingin ia tulis atau gambar. Sesekali Mums dapat menstimulasinya dengan cara meminta ia untuk menuliskan huruf A, B, C, dan seterusnya. 

  10. Beri contoh yang baik

    Salah satu cara cepat belajar membaca yang tidak boleh terlewat yaitu memberikan contoh yang baik bagi anak. Dalam hal ini, Mums juga perlu membangun literasi anak sejak dini. Jika Mums ingin melihat anak gemar membaca, maka Mums juga sebaiknya menunjukkan kebiasaan rajin membaca dan meyakinkan ia bahwa membaca merupakan kegiatan yang bermanfaat. 

Apa Saja Manfaat Membaca Bagi Tumbuh Kembang Anak?

Banyak cara cepat belajar membaca yang bisa dilakukan, namun sebenarnya apa saja manfaat membaca bagi anak usia dini? Eits, ternyata manfaatnya cukup beragam lho, Mums. Tak heran jika kegiatan membaca sudah harus dibiasakan sejak dini. Berikut ini beberapa manfaat membaca bagi tumbuh kembang anak:

  • Meningkatkan kemampuan kognitif anak
  • Meningkatkan kemampuan berbahasa
  • Menstimulasi minat baca sejak dini
  • Membantu meningkatkan kecerdasan
  • Mengurangi kecanduan bermain game atau gadget 
  • Meningkatkan hubungan yang lebih erat antara Mums dan anak
  • Meningkatkan kreativitas dan imajinasi anak
  • Sebagai sarana untuk menerapkan nilai-nilai kehidupan 

Membaca memang memberikan banyak manfaat. Untuk mendukung manfaat membaca tersebut, Mums perlu ingat bahwa asupan nutrisi pun berperan dalam meningkatkan tumbuh kembang anak. Salah satu nutrisi terbaik untuk mendukung kebutuhan gizi harian anak adalah susu FRISO Gold 3 yang mengandung nutrisi alami, tanpa perisa, bebas sukrosa, dan tetap memiliki rasa yang enak. 

FRISO Gold 3 merupakan susu bernutrisi tinggi yang diperkaya dengan kandungan prebiotik, probiotik, nukleotida, vitamin, dan mineral, serta didukung oleh teknologi Locknutri yang menjaga kualitas nutrisi alami susu sehingga mudah diserap tubuh si Kecil agar membantunya kuat dari dalam.

 

Ditinjau Oleh: dr. Rulli P.A Situmorang