Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif
Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih. Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai. Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi. Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui. Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.
11 Contoh Vitamin C yang Bermanfaat Bagi Kesehatan Anak

11 Contoh Vitamin C yang Bermanfaat Bagi Kesehatan Anak

Salah satu contoh vitamin C yang baik bagi si Kecil adalah jambu biji. Tak hanya itu, Mums juga bisa mendapatkan manfaat vitamin c dari sumber makanan lain

Mungkin sebagian besar Mums mengetahui salah satu contoh vitamin C adalah jeruk. Padahal, jeruk bukan satu-satunya makanan yang kaya akan vitamin C lho. Ada banyak contoh vitamin C lainnya yang bisa Mums berikan untuk si Kecil. 

Vitamin C memiliki beragam manfaat, mulai dari meningkatkan daya tahan tubuh, menangkal radikal bebas, mempercepat proses penyembuhan, mencegah sembelit atau konstipasi, hingga menjaga kesehatan kulit. Contoh vitamin C juga bisa berbentuk bahan makanan alami atau suplemen. 

Namun, Mums dianjurkan untuk memberikan vitamin C secara alami dari bahan makanan sehari-hari dibandingkan suplemen jika kondisi kesehatan anak masih normal, tidak sedang mengalami gangguan kesehatan tertentu. Ini karena pemberian vitamin C berbentuk suplemen harus disesuaikan dengan kondisi kesehatan tubuh, status gizi, dan dosis pemberiannya. Sedangkan, contoh vitamin C dari makanan akan lebih aman dikonsumsi karena mengandung nutrisi alami di dalamnya. 

Menurut Angka Kecukupan Gizi (AKG) tahun 2019 dari Kementerian Kesehatan RI, jumlah asupan vitamin C yang dianjurkan untuk anak usia 1-3 tahun yaitu sekira 40 mg per hari. Lantas, apa saja contoh vitamin C untuk mendukung kesehatan dan tumbuh kembang anak? Simak penjelasannya di bawah ini, yuk! 

Ragam Contoh Vitamin C yang dari Makanan

Berikut adalah beberapa contoh vitamin C yang baik dikonsumsi oleh anak, di antaranya: 

  1. Jambu Biji

    Jambu biji termasuk contoh vitamin C yang dapat dikonsumsi oleh si Kecil untuk mendukung asupan nutrisi hariannya. Dalam sebuah jambu biji ukuran sedang mengandung vitamin C sekira 125 mg. Jumlah tersebut setara dengan 140% dari kebutuhan vitamin C harian. 

    Selain vitamin C, jambu biji juga mengandung beragam nutrisi, di antaranya protein, karbohidrat, serat, kalsium, zat besi, zinc, kalium, vitamin B kompleks, dan lainnya. Dari beragam nutrisi tersebut, tak heran jika jambu biji bermanfaat untuk melancarkan saluran pencernaan, meningkatkan daya tahan tubuh, membantu meredakan flu dan batuk, dan menjaga kesehatan jantung. 

  2. Jeruk

    Contoh vitamin C yang paling populer adalah jeruk. Menurut U.S. Department of Agriculture, satu buah jeruk ukuran sedang mengandung vitamin C sekira 70 mg. Jumlah tersebut sebenarnya sudah mencukupi kebutuhan vitamin C harian lho, Mums. Jeruk juga mengandung nutrisi lain yang tak kalah penting, seperti protein, serat, zat besi, vitamin B6, vitamin D, vitamin B12, magnesium, dan lainnya. 

    Maka dari itu, manfaat jeruk pun cukup penting untuk menjaga kesehatan saluran pencernaan, mencegah anemia, membantu menjaga kesehatan kulit dan rambut, dan membantu meningkatkan daya tahan tubuh. 

  3. Pepaya

    Buah yang terkenal dapat melancarkan saluran pencernaan ini termasuk salah satu contoh vitamin C yang penting untuk dikonsumsi anak lho. Dalam satu mangkuk saji atau sekira 250 gram buah pepaya mengandung vitamin C sebanyak 90 mg. Jumlah tersebut sudah jelas telah mencukupi asupan vitamin C harian yang dianjurkan. 

    Pepaya juga mengandung nutrisi lain yang penting bagi anak, di antaranya protein, serat, vitamin A, vitamin B kompleks, vitamin D, vitamin E, vitamin K, zat besi. Zinc, magnesium, selenium, dan lainnya. Oleh karenanya, buah yang termasuk ke dalam contoh vitamin C ini bermanfaat untuk membantu meningkatkan daya tahan tubuh, menjaga kesehatan jantung, meningkatkan kesehatan kulit, rambut, dan mata. 

  4. Stroberi

    Contoh vitamin c selanjutnya yang bisa dikonsumsi oleh anak yaitu buah stroberi. Dalam satu mangkuk saji atau setara 150 gram stroberi mengandung vitamin C sekira 90 mg. Tak hanya itu, stroberi juga mengandung antioksidan tinggi berupa antosianin (zat warna alami pada buah-buahan dan sayuran) yang dapat menangkal radikal bebas dalam tubuh. 

    Buah yang termasuk contoh vitamin C ini pun mengandung protein, karbohidrat, serat, vitamin B6, vitamin B9 (asam folat), vitamin B12, vitamin D, kalsium, magnesium, natrium, dan lainnya. Semua nutrisi tersebut memberikan manfaat bagi kesehatan anak, mulai dari melancarkan saluran pencernaan, meningkatkan daya tahan tubuh, menjaga kesehatan mata,kulit, dan rambu, serta mengontrol gula darah. 

    Selain stroberi, buah-buahan dalam kategori buah beri, seperti blueberry, cranberry, blackberry, dan blackcurrant termasuk contoh vitamin C yang bisa dikonsumsi oleh anak-anak. 

  5. Kiwi

    Selain identik dengan perpaduan rasa manis dan asam yang menyegarkan, kiwi ternyata termasuk contoh vitamin C yang bermanfaat bagi kesehatan anak lho. Satu buah kiwi berukuran sedang mengandung vitamin C sebanyak 64 mg. Buah yang termasuk contoh vitamin C ini pun mengandung beragam nutrisi penting lainnya, seperti protein, serat, vitamin C, vitamin B kompleks, vitamin E, kalsium, kalium, zat besi, magnesium, zinc, fosfor, dan kolin. 

    Dari beragam nutrisi tersebut, tak heran jika kiwi bermanfaat untuk melancarkan saluran pencernaan, meningkatkan daya tahan tubuh, menjaga kesehatan jantung, meningkatkan fungsi otak, serta menjaga kesehatan mata, kulit, dan rambut. 

  6. Mangga

    Mums juga bisa mendapatkan manfaat vitamin C dalam buah mangga. Diketahui bahwa setengah buah mangga berukuran sedang mengandung vitamin C sekira 65 mg. Tak hanya itu, mangga juga termasuk buah yang kaya akan serat dan fitokimia seperti karotenoid dan polifenol. Penelitian menunjukkan bahwa senyawa antioksidan polifenol yang ada dalam mangga berpotensi menurunkan risiko kanker usus besar lho, Mums.

  7. Nanas

    Apabila Mums sudah mulai bosan dengan buah-buahan di atas, maka Mums bisa menggantinya dengan nanas. Dalam satu buah nanas besar mengandung sekira 79 mg vitamin C. Buah yang termasuk contoh vitamin C ini juga terkenal dengan kandungan bromelain yang ada di dalamnya. Bromelain adalah enzim pencernaan yang membantu memecah protein dalam makanan, mengurangi perut kembung, serta berfungsi sebagai antiradang. 

  8. Lemon

    Kemiripan antara lemon dan jeruk tidak terbatas pada rasanya saja, tetapi juga kandungan vitamin C di dalamnya. Satu buah lemon utuh mengandung vitamin C sekira 80 mg. Jumlah tersebut memang cukup tinggi sehingga lemon sangat baik untuk menjaga kesehatan saluran pencernaan, menjaga kesehatan mata, meningkatkan daya tahan tubuh, dan membantu menjaga kesehatan kulit.

    Sama seperti buah-buahan dalam kategori sitrus, lemon juga mengandung antioksidan seperti serat dan zat fitokimia, sehingga penting untuk menurunkan risiko penyakit jantung di kemudian hari.

  9. Brokoli

    Selain buah-buahan, ada pula contoh vitamin C dalam kategori sayuran yang aman dikonsumsi anak-anak, salah satunya adalah brokoli. Dalam satu mangkuk brokoli mengandung sekira 85 mg vitamin C. Sayuran ini juga mengandung beragam nutrisi penting lainnya, seperti protein, serat, vitamin A, vitamin B6, vitamin B9 (asam folat), vitamin B12, vitamin C, vitamin K, kalsium, kalium, fosfor, magnesium, dan sodium. 

    Dari beragam nutrisi tersebut, tak heran jika brokoli termasuk sayuran hijau yang memiliki beragam manfaat, di antaranya melancarkan saluran pencernaan, meningkatkan kesehatan kulit, meningkatkan daya tahan tubuh, menjaga kesehatan mata, dan mencegah anemia. 

  10. Kembang kol

    Sayuran selanjutnya yang termasuk ke dalam contoh vitamin C adalah kembang kol. Dalam semangkuk kembang kol mentah mengandung sekira 60 mg vitamin C yang bermanfaat bagi anak. Kembang kol juga mengandung nutrisi lain yang tak kalah penting, seperti serat, vitamin B6, vitamin B12, vitamin D, kalsium, kalium, zat besi, fosfor, magnesium, dan natrium. 

    Dari beragam nutrisi tersebut, kembang kol menghadirkan sejumlah manfaat, di antaranya untuk menjaga kesehatan saluran pencernaan, membantu meningkatkan daya tahan tubuh, membantu meningkatkan kekuatan tulang, serta menjaga kesehatan kulit dan rambut. 

  11. Bayam 

    Bayam juga merupakan sayuran yang termasuk ke dalam contoh vitamin C yang baik bagi anak. Dalam satu mangkuk bayam atau setara 30 gram mengandung vitamin C sekira 8,5 mg. Kandungan vitamin C pada bayam memang tidak sebanyak kandungan vitamin pada kedua jenis sayuran sebelumnya, tetapi bayam juga tetap bermanfaat lho. 

    Bayam mengandung banyak nutrisi penting, mulai dari serat, vitamin A, vitamin B kompleks, vitamin K, kalsium, kalium, zat besi, fosfor, magnesium, dan zinc. Kandungan nutrisi tersebut menjadikan bayam sebagai sayuran yang dapat menjaga kesehatan saluran pencernaan, meningkatkan daya tahan tubuh, menjaga kesehatan jantung, dan lainnya. 

Pastikan proses pengolahan makanan di atas secara tepat ya, Mums. Hindari mengolah atau memasak makanan lebih dari satu kali atau menggunakan metode single process agar nutrisi alami di dalamnya tidak rusak sehingga lebih mudah dicerna oleh si Kecil. 

Selain dari sumber makanan di atas, vitamin C juga bisa Mums dapatkan dalam susu pertumbuhan yang telah diperkaya oleh beragam nutrisi penting, salah satunya adalah Susu FRISO Gold 3 dengan metode single process yang kaya akan nutrisi alami, tanpa perisa, bebas sukrosa, dan tetap memiliki rasa yang enak. 

Susu FRISO Gold 3 diperkaya pula dengan kandungan prebiotik, probiotik, nukleotida, vitamin, dan mineral, serta didukung oleh teknologi Locknutri yang menjaga kualitas nutrisi alami susu sehingga mudah diserap tubuh si Kecil agar membantunya kuat dari dalam.

 

Ditinjau Oleh: dr. Rulli P.A Situmorang