Lompat ke isi utama
Kado untuk ibu melahirkan

11 Kado untuk Ibu Melahirkan yang Bermanfaat

Memilih kado untuk ibu melahirkan perlu dilakukan secara tepat agar manfaatnya dapat dirasakan oleh Mums. Apa saja jenis kado yang baik?

Saat mendatangi keluarga atau kerabat yang baru melahirkan, membawa hadiah yang bermanfaat bagi bayi mungkin sudah hal yang biasa ya, Mums? Nah, Sesekali Mums bisa juga lho memberikan kado untuk ibu melahirkan yang bermanfaat dan membuatnya senang. Mengingat kehamilan dan melahirkan merupakan masa yang butuh perjuangan, maka tak ada salahnya memberikan hadiah yang membuat Mums yang baru melahirkan senang. Yuk, kita intip beberapa rekomendasi kado yang menarik dan bermanfaat di bawah ini. 

Apa Saja Kado untuk Ibu Melahirkan?

Berikut ini beberapa rekomendasi kado untuk ibu melahirkan, antara lain: 

  1. Alat pumping ASI (breast pump)

    Setelah melahirkan, hal yang penting untuk dilakukan oleh Mums kepada si Kecil yaitu memberikan ASI eksklusif. Untuk itu, ada satu alat yang dibutuhkan oleh Mums setelah melahirkan, yaitu alat pumping ASI atau breast pump. 

    Pumping ASI merupakan proses memerah ASI dari payudara dengan menggunakan bantuan alat pompa. ASI yang telah dipompa tersebut nantinya akan diberikan kepada bayi melalui botol susu atau disimpan di freezer untuk dikonsumsi di lain waktu. 

    Untuk mendukung aktivitas pumping dengan lebih nyaman, ada alat lain yang dapat dijadikan kado untuk ibu melahirkan, di antaranya bra menyusui yang praktis, kain menyusui, storage cup, cooling bag, dan krim perawatan untuk puting payudara. 

  2. Baju menyusui 

    Ide kado untuk ibu melahirkan selanjutnya baju menyusui yang nyaman. Setelah melahirkan, pasti Mums akan menghabiskan banyak waktu untuk menyusui si Kecil. Oleh karenanya, ibu yang baru melahirkan membutuhkan baju khusus menyusui yang praktis dan nyaman sehingga memudahkan proses menyusu secara langsung. 

    Selain baju menyusui, baju tidur juga bisa menjadi alternatif lain sebagai kado untuk ibu melahirkan, lho. Sebab, ibu yang baru melahirkan sudah pasti lebih banyak menghabiskan waktu di rumah, bahkan seringkali begadang di malam hari. Nah, memberikan baju tidur yang nyaman, adem, menyerap keringat, serta ‘breastfeeding friendly’ bisa menjadi pilihan tepat.

  3. Buku parenting 

    Buku tentang parenting juga bisa menjadi salah satu kado untuk ibu melahirkan yang memberikan banyak manfaat. Ini karena ibu yang baru melahirkan, apalagi anak pertama, pasti membutuhkan panduan dalam merawat buah hatinya. Nah, Mums bisa memberikan ia buku tentang parenting yang kredibel untuk membantunya merawat bayi dengan baik. Kado untuk ibu melahirkan ini bisa jadi pilihan yang tepat bagi Mums yang gemar membaca buku. 

  4. Playmat 

    Selain bermanfaat sebagai tempat bayi bermain, playmat juga bisa menjadi kado untuk ibu melahirkan karena di tempat ini Mums dan si Kecil bisa melakukan beberapa kegiatan menyenangkan, mulai dari bersantai bersama, menidurkan si Kecil, bermain, dan lain sebagainya. Matras multifungsi ini juga bisa Mums gelarkan di ruang keluarga atau kamar sehingga bisa digunakan dengan mudah. 

  5. Bantal menyusui

    Kado untuk ibu melahirkan yang lainnya yaitu bantal menyusui. Untuk Mums yang baru memiliki anak, kehadiran bantal menyusui sangat diperlukan agar tangan tidak mudah pegal saat menyusui si Kecil. Dengan kehadiran kado untuk ibu melahirkan ini, maka posisi menyusui pun jadi lebih nyaman bagi Mums dan buah hati. 

  6. Paket perawatan spa setelah melahirkan

    Nah, salah satu kado untuk ibu melahirkan yang bisa membuat Mums senang yaitu paket perawatan spa. Setiap Mums pasti paham bahwa masa kehamilan dan melahirkan merupakan momen yang cukup melelahkan. Itulah sebabnya, Mums yang baru melahirkan perlu diberi waktu me time dengan merawat diri di spa. 

    Kado untuk ibu melahirkan yang satu ini dapat membuat tubuh Mums kembali tampil segar, terutama untuk para Mums yang akan kembali bekerja. Tidak ada salahnya memberikan kado berupa voucher perawatan khusus ibu melahirkan di spa atau salon. 

    Jika tidak sempat keluar rumah, pilihlah paket perawatan yang bisa datang ke rumah agar bisa lebih leluasa dan fleksibel. Jika perlu, Mums bisa menitipkan si Kecil sebentar oleh pengasuh, orang tua, atau saudara supaya waktu me time tidak terlalu terganggu meskipun durasinya singkat. 

  7. Selimut yang nyaman

    Selimut yang nyaman juga bisa menjadi kado untuk ibu melahirkan yang bermanfaat lho. Bahkan, kado untuk ibu melahirkan yang satu ini bisa digunakan hingga jangka panjang. Pilihlah selimut yang berbahan lembut, hangat namun tidak panas, serta aman untuk bayi. Apalagi jika selimutnya memiliki corak dan warna yang menarik, pasti Mums akan lebih senang. 

  8. Perawatan kecantikan kulit

    Selain perawatan ke spa, perawatan kecantikan kulit juga termasuk kado untuk ibu melahirkan yang cukup menarik dan bermanfaat untuk Mums. Saat ini sudah banyak klinik kecantikan yang menghadirkan paket khusus ibu menyusui, yaitu paket yang menghadirkan produk-produk yang aman bagi ibu hamil dan menyusui. 

    Seperti yang Mums ketahui, ibu hamil dan menyusui tidak boleh sembarangan dalam memilih produk kecantikan. Untuk itu, pastikan klinik kecantikan tersebut memang menghadirkan produk yang aman. Setelah itu, barulah berikan voucher paket perawatan sebagai kado untuk ibu melahirkan. 

  9. Jasa bersih-bersih

    Kado untuk ibu melahirkan ini memang masih jarang dipilih, tetapi manfaatnya cukup penting dan dibutuhkan oleh para Mums yang baru memiliki anak, apalagi jika di rumah tidak ada asisten rumah tangga atau keluarga yang membantu. 

    Saat ini sudah banyak jasa bersih-bersih rumah yang sudah kredibel dan bisa langsung datang untuk membersihkan seluruh area rumah, mulai dari halaman depan, ruang tamu, keluarga, kamar, dan lainnya. Bahkan, banyak pula jasa bersih-bersih yang disertai dengan penyemprotan desinfektan sehingga kebersihan rumah lebih terjaga. Berniat menjadikan jasa bersih-bersih sebagai kado untuk ibu melahirkan? Pastikan memilih jasa bersih-bersih yang tepat dan aman ya, Mums. 

  10. Makanan favorit Mums

    Setelah melahirkan, para Mums langsung dihadapkan dengan berbagai macam kegiatan mengurus si Kecil. Mums yang sudah memiliki 2-3 anak mungkin sudah terbiasa menghadapinya. Namun sebagian Mums yang baru pertama kali melahirkan pasti akan merasa kelelahan saat menjadi orang tua baru. 

    Nah, salah satu hal yang bisa meningkatkan semangat Mums yaitu mengonsumsi makanan favoritnya. Itulah sebabnya, makanan favorit bisa menjadi kado untuk ibu melahirkan yang mengembalikan keceriaan setelah lelah mengurus si Kecil.

    Sebelum membeli kado untuk ibu melahirkan ini, sebaiknya ketahui terlebih dahulu makanan favorit dari Mums supaya semakin lahap memakannya. Selain itu, pilihlah makanan yang mudah disantap saat ada waktu luang, tanpa harus repot memasaknya kembali. Sebisa mungkin makanan favoritnya tersebut bernutrisi tinggi untuk mendukung kesehatan Mums selama menyusui. 

  11. Susu khusus ibu menyusui

    Bosan dengan jenis kado untuk ibu melahirkan yang itu-itu saja? Ingin memberikan sesuatu yang bermanfaat bagi Mums dan buah hatinya? Nah, susu yang diformulasikan untuk ibu menyusui bisa jadi kado yang tepat karena kaya nutrisi, dapat meningkatkan kualitas ASI, serta dapat mendukung kesehatan Ibu dan tumbuh kembang si Kecil.

    Pastikan memilih produk susu yang diformulasikan khusus ibu menyusui secara tepat. Susu Frisomum Gold Dualcare+ bisa menjadi solusi yang tepat karena mengandung zat besi, kalsium, ALA/LA, prebiotik, probiotik, dan nukleotida untuk mendukung kesehatan Mums dan tumbuh kembang bayi dalam kandungan hingga setelah lahir. 

Bagaimana, Mums? Sudah tahu ingin memberikan kado yang mana? Apapun jenisnya, pastikan memilih kado yang aman dan bermanfaat. Jika masih ragu, Mums bisa menanyakan terlebih dahulu kepada saudara atau teman yang baru melahirkan mengenai produk atau hal apa yang ia inginkan. Dengan begitu, kadonya pun akan semakin bermanfaat karena sedang dibutuhkan olehnya.

 

Ditinjau Oleh: dr. Rulli P.A Situmorang