Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif
Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih. Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai. Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi. Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui. Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.
11 Sumber Vitamin E dan Manfaatnya Untuk Kesehatan Si Kecil

11 Sumber Vitamin E dan Manfaatnya Untuk Kesehatan Si Kecil

Ingin daya tahan tubuh si Kecil meningkat dan terhindar dari infeksi virus atau bakteri? Mums bisa berikan ia asupan sumber vitamin E alami dari berbagai jenis makanan yang sehat. Selain itu, banyak juga lho manfaat vitamin E yang baik untuk kesehatan tubuh si Kecil. Vitamin E atau alfa tokoferol merupakan salah satu nutrisi yang tidak dapat dihasilkan oleh tubuh, sehingga harus didapatkan dari makanan sumber vitamin E. Vitamin E juga terkenal sebagai vitamin yang dapat memelihara kesehatan kulit, tak heran jika vitamin ini dibutuhkan oleh anak-anak hingga orang dewasa. Ada banyak sumber vitamin E yang bisa Mums dapatkan sebagai tambahan nutrisi harian si Kecil. 

Sumber Vitamin E

1. Ikan Salmon

Ikan salmon selalu berada di deretan daftar makanan yang berperan penting bagi tumbuh kembang anak. Ini karena ikan salmon termasuk makanan laut yang memiliki nutrisi cukup banyak, salah satunya vitamin E. Selain sumber vitamin E, ikan salmon juga mengandung protein, kalium, selenium, vitamin B12, dan asam lemak omega 3 yang memiliki manfaat sebagai berikut: 

  • Menjaga kesehatan tulang
  • Meningkatkan daya ingat dan fungsi otak
  • Mencegah risiko penyakit jantung
  • Mengontrol berat badan
  • Melawan peradangan
  • Menjaga kesehatan mata

2. Udang 

Makanan laut yang satu ini termasuk sumber vitamin E yang baik bagi tubuh lho, Mums. Vitamin E yang terdapat dalam udang menjadi antioksidan karotenoid yang berguna melawan sel-sel pemicu penyakit kanker. Selain sebagai sumber vitamin E, udang juga mengandung berbagai mineral penting yang dibutuhkan tubuh, seperti kalsium, magnesium, fosfor, kalium, dan zinc. Kandungan nutrisi ini membuat udang memiliki banyak manfaat, antara lain:

  • Membantu pembentukan sel dan jaringan tubuh
  • Membantu produksi hormon tiroid
  • Menjaga kesehatan tulang dan gigi
  • Menyehatkan jantung
  • Membantu menurunkan risiko kanker 

3. Brokoli

Siapa yang tidak tahu sayuran hijau dengan segudang manfaat ini? Mums pasti sering melihat brokoli berada dalam daftar makanan bergizi untuk pola hidup sehat. Selain sumber vitamin E, brokoli mengandung cukup banyak nutrisi, mulai dari protein, serat, karbohidrat kompleks, air, kalium, magnesium, kalsium, fosfor, zinc, zat besi, serta berbagai vitamin yang baik untuk kesehatan, seperti:

  • Memelihara kesehatan jantung
  • Melancarkan pencernaan
  • Meningkatkan daya tahan tubuh
  • Menjaga kepadatan tulang

4. Bayam

Selain mudah ditemukan dan rasanya lezat, ternyata bayam memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Sayuran hijau ini temasuk sumber vitamin E yang rendah kalori dan kaya serat. Beberapa manfaat yang terkandung dalam bayam, antara lain:

  • Mengurangi radang
  • Meningkatkan daya tahan tubuh
  • Mencegah anemia
  • Menjaga kesehatan mata
  • Menurunkan risiko penyakit kardiovaskular
  • Menjaga kesehatan kulit

5. Kacang Almond

Almond merupakan kacang yang populer hampir di seluruh dunia. Kacang yang berasal dari Timur Tengah ini termasuk sumber vitamin E yang memiliki kandungan gizi tinggi untuk tubuh si Kecil. Dalam 1 ons kacang almond mengandung 37 persen asupan vitamin E yang disarankan setiap harinya. Selain itu, sumber vitamin E ini juga berfungsi sebagai antioksidan untuk melindungi sel-sel dari kerusakan akibat radikal bebas. Manfaat lain dari kacang almond antara lain:

  • Mengontrol gula darah
  • Menurunkan kolesterol
  • Mengontrol berat badan
  • Menurunkan tekanan darah

6. Kacang Kedelai

Meski bentuknya kecil, tapi kacang kedelai mengandung manfaat cukup besar untuk kesehatan tubuh. Mums bisa menemukan kacang kedelai dalam berbagai bentuk olahan, seperti tahu, tempe, tepung, minyak, dan susu. Semua olahan ini mengandung sumber vitamin E yang baik untuk kesehatan. Berikut manfaat kacang kedelai yang sayang jika Mums lewatkan:

  • Menurunkan kolesterol
  • Memelihara kesehatan organ tubuh
  • Mencegah demensia
  • Menjaga kesehatan tulang

Baca juga: 3 Tips Tepat Dalam Berikan Vitamin Untuk Anak

1. Kacang Tanah

Si Kecil suka ngemil? Mums bisa memberikannya cemilan sehat, seperti kacang tanah yang renyah dan lezat. Kacang tanah cukup populer karena mudah ditemukan dan harganya cukup terjangkau. Selain itu, kacang tanah juga termasuk sumber vitamin E yang memiliki banyak manfaat, di antaranya:

  • Mengurangi risiko penyakit jantung
  • Menurunkan kolesterol
  • Membantu melebarkan pembuluh darah 

Namun, Mums tetap harus menyesuaikan jumlah asupan cemilan ini supaya tidak berlebihan ya!

2. Biji Bunga Matahari 

Tahukah Mums? Ternyata biji bunga matahari atau disebut juga kuaci memiliki banyak manfaat yang belum diketahui orang. Salah satu manfaatnya adalah mencegah munculnya peradangan di dalam mulut. Ini karena biji bunga matahari termasuk sumber vitamin E, flavonoid, dan senyawa bioaktif yang bertugas sebagai antiinflamasi untuk menghambat reaksi peradangan. Selain itu, biji bunga matahari juga memiliki manfaat lain, di antaranya:

  • Menjaga kesehatan jantung
  • Menjaga kadar gula darah
  • Menjaga kesehatan pencernaan
  • Menjaga berat badan ideal

3. Kiwi

Sumber vitamin E selanjutnya adalah buah kiwi. Selain rasanya yang segar, kiwi mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh, seperti vitamin E, A, C, K, kalium, asam amino, folat, dan kalsium. Banyak penelitian yang menunjukkan bahwa buah ini memiliki banyak manfaat, di antaranya:

  • Membantu meredakan penyakit asma
  • Menjaga kesehatan sistem pencernaan
  • Meningkatkan daya tahan tubuh
  • Menurunkan tekanan darah
  • Mengurangi risiko penyakit kronis
  • Mengurangi risiko pembekuan darah
  • Menjaga kesehatan mata

4. Alpukat

Sepertinya alpukat termasuk buah yang digemari anak-anak ya, Mums? Buah bertekstur lembut ini bisa dikonsumsi secara langsung atau diolah dengan makanan lain untuk menambah kelezatan. Dibalik rasanya yang enak, ternyata alpukat termasuk sumber vitamin E yang baik untuk anak-anak. Selain itu, alpukat juga mengandung vitamin dan mineral lain yang penting. Ada beberapa manfaat yang bisa didapat bila rutin mengonsumsi alpukat, yakni: 

  • Meningkatkan kesehatan mata
  • Memberikan efek kenyang lebih lama
  • Menjaga kesehatan jantung
  • Mencegah osteoporosis
  • Sebagai detoksifikasi tubuh
  • Meningkatkan fungsi otak

5. Mangga

Mangga termasuk sumber vitamin E yang kaya akan antioksidan untuk menjaga kesehatan sel-sel tubuh dari radikal bebas. Selain itu, mangga juga mengandung vitamin B, C, K yang dibutuhkan oleh tubuh. Buah favorit banyak kalangan ini memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan, seperti:

  • Melancarkan sistem pencernaan
  • Menurunkan kolesterol
  • Menjaga kesehatan mata
  • Mengatasi dan mencegah anemia
  • Menjaga kesehatan kulit
  • Meningkatkan fungsi otak 

Selain jenis makanan di atas, sumber vitamin E juga terdapat dalam minyak nabati, seperti minyak zaitun, minyak kelapa sawit, dan minyak kelapa. Namun perlu Mums ingat bahwa minyak secara umum kaya akan lemak dan kalori, karena itu asupan atau penggunaannya harus dibatasi agar kesehatan tubuh si Kecil tidak terganggu. 

Manfaat Vitamin E Untuk Tumbuh Kembang Anak

Ada banyak nutrisi yang perlu dibutuhkan si Kecil dalam masa pertumbuhan, salah satunya vitamin E yang memiliki manfaat cukup besar untuk kesehatan tubuh, antara lain:

  • Meningkatkan daya tahan tubuh
  • Sebagai antioksidan untuk melawan radikal bebas 
  • Meningkatkan fungsi-fungsi sel pertumbuhan
  • Meningkatkan peredaran darah
  • Menjaga kesehatan mata, kulit, dan rambut
  • Mengoptimalkan pertumbuhan
  • Mencegah risiko penyakit jantung


Selain sumber vitamin E di atas, Mums juga bisa melengkapi kebutuhan gizi harian si Kecil dengan susu sebagai sumber protein yang diperlukan oleh tubuh. Friso Gold 3 bisa menjadi susu pilihan Mums untuk si Kecil karena di dalamnya mengandung prebiotik, vitamin A, vitamin C, vitamin E, zinc, zat besi, dan selenium untuk mendukung tumbuh kembangnya. Friso dengan teknologi Locknutri, dapat menjaga kualitas nutrisi alami sehingga mudah diserap tubuh si Kecil dan membantunya kuat dari dalam.

Sample Friso Gold

Selamat datang! Apakah Mums ingin mencoba Free Sample dari Friso?

Daftar Sekarang