Lompat ke isi utama
12 Makanan Tinggi Kalsium untuk Optimalkan Pertumbuhan Anak

12 Makanan Tinggi Kalsium untuk Optimalkan Pertumbuhan Anak

Makanan tinggi kalsium tak hanya penting bagi tulang, tetapi untuk tumbuh kembang anak secara keseluruhan. Apa saja jenisnya?

Mums pasti sering mendengar bahwa kalsium merupakan nutrisi yang sangat baik bagi kesehatan tulang. Tak heran jika anak-anak hingga orang dewasa dianjurkan untuk mengonsumsi makanan tinggi kalsium agar mendapatkan manfaat tersebut. 

Namun sebenarnya, manfaat kalsium bukan itu saja lho, Mums. Mineral ini menyimpan beragam manfaat lain yang tak kalah penting bagi tumbuh kembang anak, seperti menjaga kesehatan jantung, membantu meningkatkan daya tahan tubuh, dan lain sebagainya.

Oleh karena itu, setiap anak dianjurkan untuk mengonsumsi makanan tinggi kalsium agar terhindar dari risiko penyakit, khususnya penyakit tulang. Menurut Angka Kecukupan Gizi (AKG) dari Kementerian Kesehatan RI, anak-anak yang berusia 1-3 tahun dianjurkan untuk mengonsumsi makanan tinggi kalsium sekira 650 mg per hari. Nutrisi ini bisa Mums dapatkan dari beberapa jenis makanan yang mudah didapatkan. Yuk, cari tahu rekomendasi makanannya di bawah ini! 

Apa Saja Makanan Tinggi Kalsium yang Penting Bagi Anak?

Sebagian besar makanan umumnya mengandung kalsium, tetapi ada beberapa jenis makanan yang kandungan kalsiumnya cukup tinggi. Nah, Makanan tinggi kalsium ini dianjurkan diberikan kepada anak-anak sejak ia mengonsumsi MPASI hingga dalam masa pertumbuhan. 

Berikut ini beberapa makanan tinggi kalsium yang perlu Mums ketahui, antara lain:

  1. Susu

    Susu merupakan makanan tinggi kalsium yang penting untuk mengoptimalkan tumbuh kembang anak. Selain tinggi kalsium, susu juga sebagai sumber protein yang memiliki berbagai manfaat, di antaranya memperkuat dan meningkatkan kesehatan tulang, menjaga daya tahan tubuh, sebagai sumber energi, meningkatkan perkembangan otak, dan lain sebagainya. 

    Itulah sebabnya, anak-anak yang sedang dalam masa pertumbuhan dianjurkan mengonsumsi susu secara rutin. Salah satu susu pertumbuhan yang bisa jadi pilihan Mums, yaitu susu FRISO Gold 3 karena mengandung nutrisi alami, bebas sukrosa, tanpa perisa, dan tetap memiliki rasa yang enak.

    Susu FRISO Gold 3 juga melalui proses pengolahan satu kali (single process) sehingga nutrisi di dalamnya lebih mudah dicerna oleh sistem pencernaan anak. Selain itu, susu FRISO Gold 3 juga diperkaya dengan prebiotik, probiotik, nukleotida, vitamin, dan mineral yang tinggi, serta didukung oleh teknologi Locknutri yang menjaga kualitas nutrisi alami susu sehingga mudah diserap tubuh si Kecil agar membantunya kuat dari dalam.

  2. Yoghurt 

    Selain susu, produk olahannya seperti yoghurt juga termasuk makanan tinggi kalsium yang aman dikonsumsi oleh anak-anak. Bahkan, yoghurt juga baik bagi sistem pencernaan, sehingga mencegah sembelit atau konstipasi pada anak. 

    Namun, sebaiknya Mums memilih yoghurt yang tanpa rasa (plain yoghurt) agar lebih sehat. Sebab, yoghurt yang memiliki rasa biasanya mengandung gula tambahan (sukrosa). Padahal, anak-anak dianjurkan untuk mengurangi atau bahkan menghindari sukrosa agar tumbuh kembangnya lebih optimal. Ini karena mengonsumsi sukrosa yang berlebihan dalam jangka panjang dapat menghambat pertumbuhan anak, terutama tinggi badannya. 

  3. Keju

    Keju juga termasuk makanan tinggi kalsium yang dapat Mums kreasikan ke dalam menu makanan anak. Sebenarnya hampir semua jenis keju merupakan makanan tinggi kalsium. Namun, keju parmesan mengandung kalsium yang lebih tinggi dibandingkan jenis keju lainnya. Dalam 30 gram keju parmesan terdapat sekira 330 mg kalsium atau setara dengan 33% asupan kalsium harian anak. 

    Meskipun keju termasuk makanan tinggi kalsium yang penting bagi anak, Mums tetap harus memberikannya sesuai dengan takaran normal dan jangan berlebihan. Pastikan buah hati Mums mengonsumsi makanan bergizi lainnya agar kebutuhan nutrisi hariannya tercukupi dengan baik. 

  4. Ikan salmon

    Makanan tinggi kalsium selanjutnya yaitu ikan salmon yang memiliki rasa lezat dan gurih. Ikan jenis ini memang disukai oleh anak-anak hingga orang dewasa. Selain tinggi kalsium, ikan salmon juga kaya akan vitamin D yang berperan penting untuk membantu penyerapan kalsium dalam tubuh.

    Yang tak kalah penting, ikan salmon juga termasuk sumber protein hewani yang dapat mengoptimalkan tumbuh kembang anak. Mums bisa mengolah ikan salmon menjadi makanan lezat, seperti salmon teriyaki, salmon kani mentai, salmon saus keju, dan lain sebagainya. 

  5. Ikan tuna

    Selain salmon, ikan tuna juga termasuk makanan tinggi kalsium yang penting untuk memperkuat tulang anak. Makanan tinggi kalsium ini pun penting untuk meningkatkan kecerdasan, menjaga daya tahan tubuh, meningkatkan kesehatan mata, dan lain sebagainya. Sangat mudah mengolah ikan tuna menjadi makanan lezat kesukaan anak. Mums cukup mengombinasikannya dengan nasi goreng, sushi, ikan tuna fillet, dan lain sebagainya. 

  6. Ikan sarden

    Jika buah hati Mums bosan dengan ikan salmon atau tuna, tak ada salahnya memberikan ia ikan sarden. Sebab, sarden juga termasuk makanan tinggi kalsium yang penting bagi tubuh. Bahkan, ikan sarden cenderung lebih terjangkau, mudah didapatkan, dan mudah diolah. Ada banyak inspirasi dalam membuat ikan sarden, di antaranya ikan sarden saus kecap, ikan sarden bumbu balado, ikan sarden crispy, dan lain sebagainya. 

  7. Brokoli

    Selain dari makanan hewani, Mums juga bisa mendapatkan manfaat kalsium dari brokoli. Selain kalsium, sayuran hijau ini pun menyimpan berbagai nutrisi yang penting bagi anak, mulai dari serat, vitamin A, vitamin C, vitamin D, kalium, zinc, zat besi, magnesium, dan lain sebagainya.

    Itulah sebabnya, brokoli menjadi salah satu primadona untuk diolah menjadi menu makanan bergizi. Bahkan, brokoli juga dapat mencegah sembelit atau konstipasi karena kandungan seratnya yang cukup tinggi. 

  8. Bayam

    Sayuran hijau yang satu ini pun termasuk makanan tinggi kalsium yang bermanfaat bagi kesehatan dan tumbuh kembang anak. Meskipun kaya manfaat, Mums tetap perlu mengolah bayam secara tepat. Hindari memasak bayam terlalu lama atau berlebihan karena bisa mengeluarkan zat racun yang berbahaya. Sebaiknya Mums mengolah bayam segar untuk satu kali makan agar nutrisi alami di dalamnya tidak rusak. 

  9. Pakcoy

    Makanan tinggi kalsium yang tak kalah penting yaitu pakcoy. Mums pasti sering mengolah sayuran hijau ini menjadi makanan lezat untuk keluarga, kan? Ternyata, pakcoy juga kaya akan nutrisi yang penting bagi tumbuh kembang anak lho. Sebab, pakcoy mengandung berbagai nutrisi, di antaranya protein, serat, vitamin C, vitamin A, vitamin B9 (asam folat), zinc, zat besi, magnesium, dan lainnya. 

  10. Tahu

    Selain terjangkau, mudah didapatkan, dan mudah diolah, tahu juga menyimpan beragam nutrisi yang penting bagi tumbuh kembang anak lho, Mums. Makanan tinggi kalsium ini dapat mendukung kesehatan tulang, menjaga kesehatan mata, membantu meningkatkan daya tahan tubuh, menjaga kesehatan tulang, dan lain-lain. 

    Apalagi tahu menjadi salah satu makanan yang mudah dikombinasikan dengan bahan masakan lain, sehingga Mums bisa mengkreasikan berbagai menu bergizi yang sehat dan terjangkau bagi anak. 

  11. Kacang almond

    Sebenarnya semua jenis kacang mengandung kalsium, tetapi kacang almond mengandung kalsium yang lebih tinggi dibandingkan jenis kacang lainnya. Di dalam 15 gram kacang almond mengandung kalsium sekira 40 mg. Jika bosan dengan hidangan almond yang dikonsumsi dalam bentuk kacang utuh, Mums bisa lho mengkreasikan makanan tinggi kalsium ini dengan lebih menarik, misalnya mengolah kacang almond menjadi cookies, pancake, dikombinasikan dengan smoothies buah, dan kreasi lainnya yang bisa jadi favorit anak. 

  12. Biji wijen

    Satu lagi makanan tinggi kalsium yang bisa jadi pilihan Mums, yaitu biji wijen. Meskipun ukurannya cukup mungil, ternyata biji wijen mengandung kalsium yang cukup tinggi lho. Dalam 9 gram biji wijen mengandung sekira 160 mg kalsium. Mums bisa memasukkan biji wijen ke dalam camilan lezat, seperti cookies, cake, dan lain sebagainya. 

Apapun jenis makanan tinggi kalsium yang Mums pilih, pastikan mengolah makanannya secara tepat. Hindari memasak atau memanaskan makanan lebih dari satu kali agar nutrisi alami di dalamnya tidak rusak sehingga lebih mudah dicerna oleh anak. Selain itu, pastikan untuk menyeimbangkan asupan nutrisi yang dibutuhkan oleh buah hati Mums agar kebutuhan gizi hariannya tercukupi dengan tepat. 

 

Disadur dari berbagai sumber dan ditinjau Oleh: dr. Rulli P.A Situmorang