Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif
Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih. Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai. Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi. Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui. Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.
Sumber Vitamin A

12 Sumber Vitamin A dan Manfaatnya untuk Anak

Selama ini mungkin Mums sering mendengar wortel sebagai sumber vitamin A yang paling populer. Namun, sebenarnya vitamin A bisa Mums dapatkan secara alami dari sumber makanan lainnya lho. Sumber vitamin A ini terkandung dalam makanan jenis hewani maupun nabati. Bahkan, selain vitamin A, makanan-makanan tersebut memiliki kandungan nutrisi lain yang tak kalah penting untuk kesehatan si Kecil. 

Vitamin A termasuk jenis vitamin larut lemak yang memiliki peranan penting dalam menjaga penglihatan, pertumbuhan, fungsi kekebalan tubuh, dan kesehatan reproduksi. Dalam makanan, vitamin A terbagi dalam dua bentuk, yaitu retinol (vitamin A1) yang bisa Mums temukan pada makanan hewani, serta karotenoid (beta karoten) yang ditemukan pada makanan nabati. 

Setiap sumber vitamin A pasti memiliki manfaatnya masing-masing. Pada dasarnya, vitamin A memiliki banyak manfaat yang diperlukan untuk pengembangan dan fungsi mata, kulit, serta sistem kekebalan tubuh. Selain itu, vitamin A juga bermanfaat untuk mencegah dan mengobati kanker, melindungi jantung dan sistem kardiovaskular. Lantas, apa jadinya bila si Kecil kekurangan mengonsumsi sumber vitamin A? Kekurangan vitamin A dapat menyebabkan si Kecil mengalami masalah penglihatan dan lemahnya sistem imun tubuh. Oleh karena itu, penting bagi Mums untuk mencukupi kebutuhan nutrisi ini dari beragam sumber vitamin A. 

Sumber Vitamin A

Berikut ini beberapa makanan yang menjadi sumber vitamin A, di antaranya:

  1. Ikan salmon

    Ikan salmon termasuk sumber vitamin A dalam kategori makanan hewani. Dengan mengonsumsi ikan salmon sesuai batas normal, maka si Kecil akan mendapat beragam manfaat bagi tumbuh kembangnya. Selain menjaga kesehatan mata dan kulit, ikan Salmon juga dapat meningkatkan fungsi otak si Kecil, meningkatkan sistem imun tubuh, menyehatkan jantung, hingga menurunkan risiko penyakit kanker. Dari manfaatnya yang beragam ini, tak heran jika ikan salmon merupakan salah satu sumber vitamin A yang patut dimasukkan ke dalam menu sehat si Kecil. 

  2. Wortel

    Wortel merupakan sumber vitamin A yang cukup populer, mudah didapatkan, dan mudah diolah menjadi hidangan lezat untuk si Kecil. Wortel banyak mengandung vitamin A dalam bentuk beta karoten. Beta karoten sendiri merupakan zat pada tanaman yang dengan cepat diubah menjadi vitamin A di dalam tubuh. Nutrisi ini dapat membantu meningkatkan fungsi penglihatan, sehingga banyak orang yang mengonsumsi wortel untuk menjaga kesehatan matanya. Selain itu, wortel juga memiliki manfaat dari kandungan nutrisi lainnya lho, Mums, seperti melancarkan saluran pencernaan, meningkatkan sistem imun, membantu melancarkan sirkulasi darah, dan mengurangi risiko penyakit. 

  3. Minyak hati ikan kod

    Sumber vitamin A yang tak kalah penting adalah minyak hati ikan kod. Minyak hati ikan kod merupakan jenis minyak yang diekstraksi dari hati ikan kod. Selain sebagai sumber vitamin A, minyak hati ikan kod juga termasuk sumber asam lemak omega 3 dan vitamin D yang baik untuk tumbuh kembang si Kecil. Bahkan, minyak hati ikan kod pun tak hanya menyehatkan fisik saja, tetapi juga berdampak baik terhadap kesehatan mental si Kecil. 

  4. Hati sapi

    Hati sapi termasuk sumber vitamin A yang di dalamnya mengandung banyak retinol. Setiap 1 porsi hati sapi atau sekitar 70 gram mengandung sekitar 6000 mcg retinol, yang setara dengan 7 kali kebutuhan vitamin A si Kecil. Oleh karena itu, meskipun hati sapi bermanfaat, tetapi jumlah atau porsinya harus sesuai dengan batas normal agar tidak memicu dampak buruk jika terlalu berlebihan mengonsumsinya. 

  5. Telur

    Selain kaya akan protein, ternyata telur juga termasuk sumber vitamin A yang baik dikonsumsi untuk si Kecil lho, Mums. Telur memiliki banyak kelebihan, seperti mudah didapatkan, mudah diolah, rasanya lezat, dan harganya terjangkau. Bahkan, telur juga sering kali menjadi makanan kesukaan anak-anak. Di balik rasanya yang gurih, telur bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata, menyuplai nutrisi bagi tubuh si Kecil, dan menjaga kesehatan jantung. 

  6. Ubi jalar

    Sama seperti wortel, ubi jalar termasuk sumber vitamin A yang kaya akan beta karoten. Beta karoten di dalam ubi jalar tak hanya memberi warna cerah, tetapi juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata, melindungi tubuh dari berbagai penyakit, hingga mencegah risiko kanker. Selain itu, ubi jalar juga bermanfaat untuk melancarkan saluran pencernaan, mengontrol tekanan darah, dan mengendalikan gula darah.

  7. Labu kuning

    Sumber vitamin A selanjutnya yang tak kalah penting adalah labu kuning. Buah berbentuk bulat dan berwarna oranye ini memiliki banyak manfaat bagi si Kecil, seperti menjaga kesehatan mata, melancarkan saluran pencernaan, meningkatkan daya tahan tubuh, mengontrol berat badan, menjaga kesehatan kulit, membantu meningkatkan kualitas tidur, hingga mencegah risiko kanker. 

  8. Sawi putih

    Mums juga bisa mendapatkan manfaat vitamin A dan nutrisi lainnya dari sawi. Selain rendah lemak dan kalori, sawi putih mengandung karbohidrat, serat, protein, dan berbagai vitamin serta mineral penting. Sawi putih bermanfaat untuk meningkatkan sistem imun tubuh, menjaga kesehatan mata, menjaga kesehatan saluran pencernaan, mengontrol tekanan darah, dan meningkatkan kesehatan tulang.

  9. Bayam

    Bayam termasuk sayuran yang selalu menjadi pilihan sebagian besar Mums. Nutrisi dan manfaat dari sayuran hijau ini tak perlu dipertanyakan lagi. Selain sebagai sumber vitamin A, bayam juga mengandung protein, karbohidrat, vitamin C, vitamin K, vitamin B9 (asam folat), kalsium, zat besi, kalium, sodium, magnesium, fosfor, selenium, zinc, serta antioksidan. Manfaat bayam juga cukup beragam, di antaranya dapat menjaga kesehatan mata, melancarkan saluran pencernaan, menangkal radikal bebas, meningkatkan sistem imun, dan menjaga kesehatan tulang.

  10. Brokoli

    Brokoli mengandung beragam jenis provitamin A, yaitu nutrisi yang nantinya diubah tubuh menjadi vitamin A. Provitamin A dalam brokoli termasuk beta karoten, beta kriptosantin, dan alfa karoten. Sayuran hijau ini bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit dan mata, melancarkan saluran pencernaan, menyehatkan jantung, meningkatkan sistem imun, mencegah anemia, dan lainnya. 

    Baca juga: 10 Jenis Nutrisi Terbaik di Dunia Beserta Manfaatnya untuk Anak

  11. Jeruk

    Selain kaya akan vitamin C, ternyata jeruk juga termasuk buah yang mengandung vitamin A lho, Mums. Buah yang menyegarkan ini bermanfaat untuk meningkatkan sistem imun, melancarkan saluran pencernaan, mencegah dehidrasi, menjaga kesehatan kulit dan mata. 

  12. Paprika

    Meskipun kebanyakan anak-anak kurang menyukai paprika, namun sebenarnya makanan ini memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh lho, di antaranya dapat menjaga kesehatan mata, mengurangi peradangan, mencegah anemia, mengontrol berat badan, dan menurunkan risiko kanker. 

Itulah 12 sumber vitamin A yang bisa Mums berikan kepada si Kecil demi mendukung tumbuh kembangnya. Mums bisa berkreasi mengolah makanan tersebut sesuai dengan menu kesukaan si Kecil. Hindari memanaskan makanan-makanan tersebut lebih dari satu kali, agar nutrisi alami di dalamnya tidak rusak. Selain itu, Mums juga perlu menyeimbangkan gizi harian si Kecil dengan asupan makanan bernutrisi lainnya. Supaya si Kecil kuat dari dalam, Mums bisa memberikannya susu FRISO Gold 4 yang mengandung nutrisi alami, tanpa perisa, bebas sukrosa, dan tetap memiliki rasa yang enak. Dengan kemasan baru, susu FRISO Gold 4 tetap bernutrisi tinggi, diperkaya pula dengan kandungan prebiotik, probiotik, nukleotida, vitamin, dan mineral, serta didukung oleh teknologi Locknutri yang menjaga kualitas nutrisi alami susu sehingga mudah diserap tubuh si Kecil agar membantunya kuat dari dalam. 

 

Ditinjau Oleh: dr. Rulli P.A Situmorang