Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif
Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih. Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai. Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi. Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui. Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.
3 Cara Mudah Mengatasi Sembelit Pada Anak

3 Cara Mudah Mengatasi Sembelit Pada Anak

Sembelit merupakan penyakit yang cukup mengkhawatirkan untuk dialami oleh anak. Sembelit menghadirkan dampak susah buang air besar pada anak. Mengatasi sembelit merupakan hal perlu diprioritaskan ketika anak sudah mulai menunjukkan tanda-tanda susah buang air besar agar pencernaan anak tetap terjaga. Sistem pencernaan yang baik maka akan berdampak positif dalam proses tumbuh kembang anak.

Sebelum mulai menentukan cara terbaik dalam mengatasi sembelit pada anak, ada baiknya Mums mengenal lebih dulu ciri-ciri serta penyebab terjadinya sembelit atau susah buang air besar pada anak. Ciri-ciri yang identik dengan sembelit pada anak adalah, minimal anak tidak buang air besar sebanyak 3 kali dalam seminggu atau kesulitan anak dalam buang air besar, seperti kotoran yang keras dan anak mengejan saat buang air besar. 

Kenali penyebab sembelit pada anak

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi sembelit, namun sebelum itu berikut adalah beberapa penyebab umum yang membuat anak mengalami sembelit sehingga Mums dapat penyakit ini sejak dini demi mengatasi sembelit lebih cepat dan lebih baik.

1. Kekurangan asupan cairan

Dalam mengatasi sembelit pada anak, pastikan Mums selalu memenuhi asupan cairan yang dibutuhkan oleh anak. Pasalnya, kekurangan cairan pada anak dapat menyebabkan pencernaannya tidak bekerja secara optimal sehingga menyebabkan sembelit. Kekurangan cairan membuat kotoran hasil proses makanan di dalam tubuh menjadi kering atau susah dikeluarkan, sehingga anak mengalami kesusahan dalam buang air besar. Kekurangan cairan juga dapat menghadirkan dampak buruk lain pada kesehatan anak yang mengganggu proses tumbuh kembangnya. 

Selain menjadi penyebab sembelit, kekurangan cairan juga dapat menyebabkan sariawan sehingga membuat anak malas makan. Jika terlalu larut anak dibiarkan dengan asupan cairan yang kurang maksimal, anak akan rentan terkena dehidrasi, pilek, infeksi telinga, atau infeksi tenggorokan yang akan membuat Mums semakin sulit dalam mengatasi sembelit pada anak.

2. Baru mulai mengonsumsi makanan padat

Perubahan pola makan juga jadi salah satu penyebab anak mengalami sembelit. Biasanya sembelit terjadi ketika Mums sudah mulai memperkenalkan makanan padat pada anak. Sistem pencernaan yang sedang mencoba menyesuaikan akan membutuhkan waktu yang lama agar pencernaan anak menjadi lancar ketika mulai mengonsumsi makanan padat. Oleh karena itu, Mums harus memperkenalkannya perlahan dan tetap menggabungkannya dengan jenis makanan bertekstur halus sebagai salah satu langkah awal menghindari serta mengatasi sembelit pada anak. 

3. Porsi makan yang terlalu banyak

Makanan memang jadi hal penting dalam menjaga tumbuh kembang anak selalu optimal. Namun, Mums juga perlu memahami bahwa selama masa tumbuh kembang anak, sistem pencernaannya masih mengalami penyesuaian. Terutama bagi anak di usia 1 hingga 3 tahun. Oleh karena itu, pemberian porsi yang banyak dapat menyebabkan anak mengalami sembelit yang membuatnya susah buang air besar. Seiring berjalannya hitungan bulan serta tahun pada anak, Mums harus memastikan agar porsi makanan anak bertambah secara perlahan dan berkala agar proses pencernaan anak tidak terganggu dan mampu menyerap segala nutrisi yang dibutuhkan dengan baik. Jika anak merasa lapar sebelum waktunya, Mums bisa memberikan berbagai camilan sehat yang ringan, seperti buah sebagai salah satu cara mengantisipasi serta mengatasi sembelit

4. Terlalu banyak mengonsumsi serat

Serat memang diketahui sebagai salah satu elemen penting demi menjaga kelancaran pencernaan pada tubuh. Namun bagi anak, terlalu banyak mengonsumsi serat dapat mengganggu sistem pencernaannya yang menyebabkan anak jadi susah buang air besar. Dalam hal ini, demi mengatasi sembelit pada anak, sangat dianjurkan agar Mums memberikan komposisi sumber makanan yang seimbang agar sistem pencernaan anak dapat bekerja secara optimal. Selain itu, Mums juga bisa mengurangi pemberian makanan tinggi serat seperti sayur dan buah yang memiliki kadar air rendah. Akan lebih baik jika dalam masa pertumbuhannya, anak diberikan buah dengan kadar air yang tinggi, seperti buah naga dan jeruk. Pemberian buah dengan kadar air yang tinggi ini tidak hanya mampu mencukupi kebutuhan serat anak, tapi juga menjaga kadar asupan cairan yang dibutuhkan anak sehingga terhindar dari sembelit atau susah buang air besar. 

5. Kekurangan sumber makanan berlemak

Kekurangan sumber makanan berlemak juga bisa jadi penyebab anak mengalami sembelit atau susah buang air besar. Mungkin lemak dianggap sebagai salah satu penyebab anak sulit mendapatkan berat badan yang ideal. Padahal lemak, terutama lemak tak jenuh merupakan elemen penting yang mampu meningkatkan proses tumbuh kembang anak, terutama untuk perkembangan otak, sistem syaraf, serta penyerapan nutrisi. Maka dari itu, kehadiran lemak punya peran besar dalam memperlancar pencernaan anak, sehingga mampu menjadi elemen yang dapat mengantisipasi serta mengatasi hadirnya sembelit pada anak. Agar mudah dicerna oleh anak, Mums juga bisa menggunakan santan dan mentega sebagai sumber lemak dalam pengolahan makanan anak. Namun, jangan lupa untuk perhatikan juga kadarnya, jangan sampai berlebihan.

Cara mudah mengatasi sembelit pada anak di rumah

Jika anak sudah memperlihatkan tanda-tanda mengalami sembelit, Mums bisa segera melakukan langkah-langkah ini demi mengatasi sembelit pada anak. Langkah-langkah mengatasi sembelit pada anak ini bisa Mums lakukan dengan mudah di rumah.

1. Mandi menggunakan air hangat

Salah satu cara mudah untuk mengatasi sembelit pada anak adalah dengan memandikan anak menggunakan air hangat. Menjadi salah satu cara yang mudah dilakukan di rumah dalam mengatasi sembelit pada anak, air hangat dikenal membantu mengendurkan otot-otot yang tegang pada anak, serta membantu mengurangi rasa tidak nyaman pada perut anak saat susah buang air besar. Otot-otot yang rileks berkat bantuan air hangat ini mampu mempermudah proses buang air besar anak sehingga tidak perlu mengejan untuk mengatasi sembelit saat anak baru memperlihatkan gejala tersebut di awal.

2. Memijat bagian perut anak

Selain memandikan anak menggunakan air hangat, memijat bagian perut anak juga bisa Mums lakukan sebagai salah satu upaya dalam mengatasi sembelit. Dalam mengatasi sembelit dengan cara pijat, Mums bisa memijat bagian perut bawah anak secara perlahan dan lembut. Memijat perut bayi sebagai upaya mengatasi sembelit ini berguna untuk menstimulasi usus anak yang membantu melancarkan pencernaan. Mums bisa melakukan pijatan untuk mengatasi sembelit dengan cara memijatnya secara melingkar mengikuti arah jarum jam dengan ujung jari.

3. Penuhi asupan prebiotik anak 

Prebiotik biasanya bisa Mums temukan di dalam kandungan susu. Peran prebiotik berguna untuk menyeimbangkan bakteri baik di dalam usus anak sehingga mempelancar proses buang air besar anak. Mencukupi asupan prebiotik anak merupakan salah satu cara mudah dalam mengatasi sembelit pada anak. Susu pertumbuhan Friso Gold 3 merupakan pilihan tepat yang dapat membantu Mums dalam memenuhi asupan prebiotik anak dalam mengatasi sembelit. Selain itu, kandungan nutrisi yang dikandungnya dapat meningkatkan pertumbuhan anak di usia 1 hingga 3 tahun. Friso dengan teknologi Locknutri, menjaga kualitas nutrisi alami sehingga mudah diserap tubuh si Kecil dan membantunya kuat dari dalam.

Sample Friso Gold

Selamat datang! Apakah Mums ingin mencoba Free Sample dari Friso?

Daftar Sekarang