Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif
Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih. Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai. Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi. Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui. Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.
3 Cara Nyaman Menjaga Kondisi Usia Hamil 4 Bulan

3 Cara Nyaman Menjaga Kondisi Usia Hamil 4 Bulan

Selamat, setelah resmi memasuki trimester pertama tahap akhir, kini Mums perlu bersiap-siap untuk lebih mengenal jauh tentang perkembangan janin dan juga perubahan yang terjadi pada tubuh Mums ketika mulai masuk ke usia hamil 4 bulan. Di awal-awal usia hamil 4 bulan, Mums sudah tidak lagi akan merasa mual dan muntah seperti pada bulan-bulan sebelumnya.

Meskipun begitu, Mums juga harus tetap menjaga diri dengan teliti, pasalnya gejala-gejala lain pada usia hamil 4 bulan masih bisa datang kapan saja. Biasanya, saat masuk ke usia hamil 4 bulan, Mums akan lebih rentan untuk menemukan gejala seperti heartburn, konstipasi, begah, pusing, dan napas pendek.

Menjaga kondisi usia hamil 4 bulan

Demi menjaga kesehatan janin, Mums juga perlu secara cermat memerhatikan kondisi fisik. Menjaga kondisi fisik diri sendiri paling mudah tentu dengan selalu memenuhi asupan nutrisi yang dibutuhkan. Untuk mempermudah, berikut adalah tips untuk menjaga diri Mums dengan calon bayi saat memasuki usia hamil 4 bulan.

1. Penuhi kebutuhan asam folat

Saat Mums berada dalam kehamilan, terutama pada usia hamil 4 bulan, tubuh akan terus bekerja untuk memenuhi asupan yang dibutuhkan oleh janin. Oleh karena itu, Mums juga perlu memenuhi kebutuhan nutrisi pada diri sendiri. Salah satu nutrisi yang dibutuhkan untuk menjaga kehamilan tetap sehat adalah asam folat. Setiap harinya, Mums perlu memenuhi asupan asam folat sebanyak 400 mikrogram. Pemenuhan asam folat juga akan mengurangi risiko cacat jantung, diabetes gestasional pada bayi, dan persalinan prematur.

2. Makan secara teratur dan cukup

Selain asam folat, Mums juga memerlukan energi untuk tetap dapat beraktivitas di usia hamil 4 bulan. Menjaga pola makan dengan teratur dapat membantu Mums untuk tetap memiliki energi setiap harinya. Pilihan makanan juga penting dalam menjaga kesehatan calon bayi dalam kandungan. Beberapa rekomendasi makanan yang bisa Mums coba di masa hamil 4 bulan adalah, ikan segar, daging, buah, serta makanan dengan tingkat zat besi yang tinggi. Namun perhatikan juga apakah Mums punya alergi terhadap makanan tertentu.

3. Buat diri senyaman mungkin

Memasuki usia hamil 4 bulan, tentu akan terasa sedikit perubahan pada tubuh Mums. Biasanya hal ini identik dengan kenaikan berat badan secara perlahan. Agar Mums lebih nyaman, biasakan untuk mulai mengenakan baju untuk ibu hamil. Pilihlah baju hamil dengan bahan katun atau linen. Baju hamil dirancang untuk memberi rasa nyaman pada Mums di masa otot perut yang mulai renggang di masa kehamilan.

Setelah Mums menemukan cara mudah dalam menjaga kesehatan diri, kini saatnya mengetahui kondisi perkembangan janin ketika memasuki usia hamil 4 bulan.

Perkembangan janin pada usia kehamilan 13 minggu

Mulai akan memasuki usia hamil 4 bulan, di minggu ke-13, Mums sudah bisa mengetahui kemampuan janin bertahan hidup di dalam kandungan. Selain itu, di usia ini, janin juga sudah mulai memperlihatkan perkembangan fisik yang signifikan. Saat ini, tubuh janin sudah mulai terbentuk dan membesar untuk mencapai ukuran yang proporsional dalam menopang kepalanya. Panjang tubuh janin bisa mencapai 7 sentimeter dengan berat hingga 30 gram.

Untuk perkembangan fisik lainnya, janin di dalam kandungan Mums saat mulai memasuki usia hamil 4 bulan mulai membentuk sidik jari dan mata serta telinganya sudah mulai terbentuk sempurna. Selain itu, alat kelamin janin juga sudah mulai terbentuk meskipun masih sulit untuk menentukan jenis kelaminnya, bahkan melalui USG. Meskipun begitu, melalui USG Mums bisa melihat perkembangan gerak janin yang kini sudah mulai memasukkan jarinya ke dalam mulut. Organ vital pada perkembangan janin usia 13 minggu juga sudah terbentuk dan berfungsi sepenuhnya.

Perkembangan janin pada usia kehamilan 14 minggu

Mungkin saat memasuki usia kehamilan 14 minggu, Mums sudah mulai memikirkan untuk ikut kelas kehamilan. Namun ada baiknya konsultasikan kepada dokter kandungan terlebih dahulu agar kondisi tubuh tetap terjaga. Hal ini diperlukan agar perkembangan janin saat memasuki usia hamil 4 bulan bisa tumbuh secara optimal. Mums juga harus tetap menjaga kesehatan diri di masa ini.

Pasalnya di usia 14 minggu, janin di dalam kandungan Mums kini secara fisik sudah tumbuh mencapai 9 sentimeter dengan bobot mencapai 45 gram. Jika diperhatikan melalui USG, Mums juga akan menemukan bahwa janin kini sudah mulai menumbuhkan rambut-rambut halus di kepalanya. Perkembangan otak janin juga mulai memperlihatkan peningkatan pada masa ini. Rangsangan otak mulai mengajarkan janin untuk dapat melatih otot-otot wajahnya agar bisa berekspresi. Indera perasa janin juga menunjukkan peningkatan yang signifikan karena sudah dapat merasakan rasa pahit, manis, serta asam yang berasal dari cairan ketuban.

Perkembangan janin pada usia kehamilan 15 minggu

Masuk ke dalam usia kehamilan 15 minggu, Mums mungkin akan merasa lebih mudah merasa lelah. Hal ini kerap terjadi karena masa ini, biasanya kekebalan tubuh Mums sedang berada di masa rendah. Namun tidak perlu khawatir, penurunan kekebalan tubuh ini berbanding selaras dengan perkembangan janin saat mulai memasuki usia hamil 4 bulan. Jangan sampai lupa untuk menambah asupan gizi dan nutrisi untuk diri sendiri dan calon buah hati, ya Mums!

Perkembangan janin pada masa ini secara fisik dapat terlihat melalui pertumbuhannya yang kini mencapai 10 sentimeter dengan bobot mencapai 75 gram. Secara bentuk tubuh, janin kini sudah mulai mencapai bentuk yang proporsional. Selain itu, otot-otot janin juga sudah mulai berfungsi secara konstan dalam melatih pergerakan janin di dalam kandungan, di mulai dari pergerakan kepala, mulut, tangan, dan kaki. Bagian lapisan kulit juga mulai terbentuk namun belum seluruhnya sempurna dan tebal. Pertumbuhan rambutnya juga sudah mulai menyebar secara merata dan kini alis pun sudah mulai tumbuh.

Perkembangan janin pada usia kehamilan 16 minggu

Memasuki usia kehamilan 16 minggu, ekspresi janin yang sebelumnya sedang dilatih pada minggu-minggu sebelumnya mulai memperlihatkan hasilnya. Janin sudah mulai terbiasa dalam memainkan ekspresi wajahnya pada saat ini. Hal tersebut juga dibantu dengan perkembangan pada bagian sistem saraf pada janin di dalam kandungan Mums. Gerakan janin juga sudah mulai lambat laun bisa dirasakan meskipun belum signifikan.

Di usia kehamilan 16 minggu atau awal usia hamil 4 bulan, panjang tubuh janin kini bisa mencapai 12 sentimeter dengan bobot berat badan yang mencapai 100 gram. Jika Mums sedang memeriksa kondisi kandungan melalui USG, Mums bisa menemukan posisi janin yang kini sudah bisa tegak lurus. Kemampuan otot janin yang semakin kuat pun membuatnya mampu menahan kepala secara lurus. Untuk bagian pendengaran, di area telinga kini sudah tumbuh tulang kecil. Tulang itu hadir sebagai penanda perkembangan pendengaran calon bayi yang mulai berfungsi dalam waktu dekat.

Jangan lupa untuk mengonsumsi Frisomum Gold Dualcare+ selama masa kehamilan ya, Mums. Kandungan nutrisi yang lengkap dapat membantu memenuhi kebutuhan nutrisi harian sehingga kondisi tubuh senantiasa terjaga. Semangat selalu menjalani masa kehamilan, Mums!

Sample Friso Gold

Selamat datang! Apakah Mums ingin mencoba Free Sample dari Friso?

Daftar Sekarang