Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif

Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih.

Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai.

Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi.

Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui.

Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.

3 Ide Kreasi Jajanan Anak Sekolah, Bekal Sempurna untuk si Kecil

3 Ide Kreasi Jajanan Anak Sekolah, Bekal Sempurna untuk si Kecil

Memasuki usia sekolah, si Kecil akan mendapati dirinya berada di lingkungan baru. Meski mungkin pada hari-hari pertama Mums tidak langsung meninggalkannya, namun ketika sudah terbiasa si Kecil akan lebih nyaman beraktivitas sendiri. Yang tidak mungkin lepas dari usia dan lingkungan sekolah adalah jajanan anak sekolah. Nah, pada poin ini Mums sebaiknya tetap melakukan kontrol yang ketat.

Bukan tanpa maksud, namun control ketat pada  menu jajanan anak sekolah harus dilakukan guna memastikan si Kecil tetap mendapatkan asupan makanan kaya nutrisi serta yang paling penting higienis dan sehat. Seperti yang diketahui bersama, tidak semua jajanan sekolah dapat dipastikan higienitas serta nutrisinya, sehingga ada baiknya jika Mums memberikan bekal makanan untuk si Kecil.

Memberikan bekal makanan ini selain dapat memastikan nutrisi serta higienitas, Mums juga dapat mengajari si Kecil untuk menabung. Uang bekal yang Mums berikan bisa ditabung untuk membeli berbagai keperluan lain. Seperti pepatah ‘Sekali mendayung dua tiga pulau terlampaui’, dengan memberikan bekal jajanan untuknya, si Kecil akan mendapatkan beberapa manfaat sekaligus.

Nah, untuk memberikan ide jajanan apa yang kira-kira cocok diberikan untuk si Kecil, yuk Mums simak beberapa poin di bawah ini! Beberapa menu jajanan anak sekolah yang mudah dibuat sekaligus bernutrisi dapat Mums temukan pada penjelasan berikut.

Kreasi Donat dengan Ubi Merah

Bahan alami seperti ubi merah merupakan bahan tambahan yang tepat untuk memberikan nuansa baru pada donat buatan Mums. Mungkin si Kecil sudah terbiasa dengan donat berwarna coklat atau kuning, namun dengan warna merah yang menggoda, dijamin selera makannya akan meningkat.

Ada beberapa hal yang menarik dari donat ubi merah ini. Pertama, warna yang menarik sehingga dapat membangkitkan nafsu makan si Kecil. Kedua, kandungan Karbohidrat yang cukup tinggi cocok untuk mengisi energi si Kecil setelah beraktivitas seharian. Ketika, tekstur serta rasa manis alami dari ubi merah dapat menjadi pelengkap yang sempurna untuk donat istimewa buatan Mums ini. Tambahkan pula topping kesukaan si Kecil agar donat semakin nikmat dan menggugah selera!

Omelet dengan Topping Unik

Apakah Mums acap dengan jajanan lawas telur gulung? Ya, jajanan tersebut kembali banyak disukai karena rasanya yang nikmat serta proses membuatnya yang tidak memakan waktu. Namun demikian jika ingin memberikan jajanan dengan nuansa telur, Mums bisa lho membuatkan omelet untuk si Kecil dari rumah. Daripada harus jajan yang tidak terjamin higienitasnya, benar tidak Mums?

Untuk membuat omelet buatan Mums menarik, tambahkan topping aneka sayuran atau mungkin daging agar warnanya semakin meriah. Dengan tampilan yang menarik, si Kecil juga tentu akan semakin lahap menyantapnya Mums. Nutrisi yang terkandung dalam telur serta topping yang diberikan akan dapat membantu mencukupi kebutuhan nutrisi hariannya untuk makan siang lho, jadi jangan ragu memberikan bekal yang satu ini ya.

Crispy Nikmat dengan Bahan Utama Pisang

Mungkin beberapa dari Mums ketika membaca nama makanan ini sudah mengernyitkan dahi karena membayangkan betapa banyak minyak yang digunakan. Eitss tunggu dulu Mums, memberikan jajanan seperti pisang goreng crispy sebenarnya tidak bermasalah jika hanya sesekali. Toh si Kecil juga banyak beraktivitas serta mendapat asupan lainnya, sehingga efek kurang baik yang mungkin muncul dapat diminimalisir.

Bahannya cukup mudah didapatkan, pisang, tepung crispy, minyak, dan beberapa bahan pelengkap lainnya. Tentu Mums sudah ahli dalam membuat jajanan seperti ini bukan? Selain rasanya nikmat, pisang goreng crispy juga menjadi jajanan anak sekolah yang higienis karena dibuat langsung oleh tangan terampil Mums. Untuk pelengkapnya, Mums dapat menambahkan topping berupa keju atau coklat di atasnya agar semakin nikmat.

Kreasi Lain Favorit si Kecil

Nah jika kreasi jajanan favorit si Kecil belum ada pada daftar di atas, Mums dapat membuatnya juga secara langsung. Selera dan kebutuhan si Kecil tentu berbeda-beda, membuatkan makanan kesukaannya sebagai bekal jajan untuk di sekolah dapat menjadi alternatif yang baik untuk menjamin makanan yang dikonsumsi si Kecil higienis serta tetap bernutrisi.

Memberikan bekal jajanan pada si Kecil dari dapur Mums sendiri selain terjamin higienitas serta nutrisinya juga akan membuat ikatan emosional Mums dan si Kecil lebih erat. Terlebih jika Mums melibatkan si Kecil dalam pembuatannya, ini juga akan merangsang tumbuh kembang kecerdasan serta keterampilan si Kecil dalam memasak dan mengolah bahan makanan. Siapa tahu dikemudian hari ia akan menjadi koki yang handal bukan?

Nah untuk melengkapi kebutuhan nutrisi hariannya, Mums dapat memberikan  Friso Gold 4. Nutrisi yang terkandung dalam Friso Gold 4 dapat membantu Mums dalam mencukupi kebutuhan nutrisi harian demi optimalnya tumbuh kembang si Kecil. Dengan metode Single Process yang digunakan, susu tidak melewati pemanasan berlebih sehingga nutrisinya terjaga. Dilengkapi juga dengan teknologi  Locknutri yang menjamin kualitas alami nutrisi tetap terjaga sempurna sehingga mudah diserap oleh tubuh si Kecil yang tengah dalam masa pertumbuhan.