Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif
Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih. Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai. Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi. Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui. Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.
3 Indikasi Growth Sprout si Kecil, Ini Cara Mendampinginya!

3 Indikasi Growth Sprout si Kecil, Ini Cara Mendampinginya!

Tumbuh kembang si Kecil menjadi hal yang tak mungkin luput dari perhatian Mums. Setiap detail terkecil, hingga hal paling signifikan, tentu akan selalu Mums ketahui. Ada kalanya, si Kecil tiba-tiba berubah dan menjadi sangat rewel. Waktu menyusui semakin lama, dan terjadi perubahan pola tidur. Apakah ini berbahaya? Tenang Mums, mungkin si Kecil hanya tengah mengalami growth sprout.

Apa itu growth sprout? Istilah ini digunakan untuk menggambarkan proses pertumbuhan yang mengalami peningkatan. Pertumbuhan yang terjadi adalah pada berat badan, tinggi badan, serta penambahan ukuran lingkar kepala secara lebih cepat dari biasanya. Proses ini sendiri merupakan hal yang wajar terjadi pada si Kecil. Jadi Mums tak perlu khawatir dan terlalu memikirkannya.

Indikasi si Kecil Mengalami Growth Sprout

3 Indikasi Growth Sprout si Kecil, Ini Cara Mendampinginya!

Indikasi si Kecil mengalami growth sprout sebenarnya cukup terlihat, terlebih untuk Mums yang paham benar aktivitas dan kebiasaan si Kecil. Berikut 3 tanda paling mudah terlihat.

Perubahan Pola Tidur

Pada fase ini si Kecil akan mengalami perubahan pola tidur. Jika waktu ideal tidur si Kecil yang biasanya sudah terbentuk, maka ia akan menghabiskan waktu tidur 4,5 jam lebih lama dari biasanya. Tentu, hal ini dikarenakan proses tumbuh kembang yang cepat ini juga memerlukan waktu istirahat yang optimal, sehingga tubuh si Kecil ‘terprogram’ untuk tidur lebih lama.

Waktu Menyusu Lebih Lama

Karena pertambahan ukuran tubuh si Kecil terjadi lebih cepat daripada proses yang normal, otomatis tubuhnya akan memerlukan nutrisi yang lebih banyak. Ini mengapa ketika growth sprout terjadi si Kecil akan menghabiskan lebih banyak waktu untuk menyusu. Asupan ASI yang diterima akan dikonversi menjadi berat badan, tinggi badan, serta lingkar kepala yang meningkat.

Menjadi Lebih Rewel

Ada kalanya si Kecil tiba-tiba menjadi lebih rewel dan ingin selalu dekat dengan Mums. Hal ini terjadi karena dinamika hormon yang terjadi dalam tubuhnya dan membuat si Kecil tak nyaman. Tentu cara satu-satunya untuk mengurangi rewel si Kecil adalah dengan terus dekat dengannya dan mendampinginya sepanjang waktu.

Peningkatan Ukuran Tubuh

Peningkatan ukuran tubuh secara keseluruhan akan terasa lebih cepat dari biasanya. Growth sprout yang terjadi akan membuat pertumbuhan semacam dipercepat pada beberapa waktu, sehingga akan nampak sekali perbedaan ukuran tubuh si Kecil secara umum. Keempat hal ini yang tidak mungkin luput dari pengamatan Mums.

Periode Terjadinya Growth Sprout

3 Indikasi Growth Sprout si Kecil, Ini Cara Mendampinginya!

Sebenarnya hal ini bisa terjadi pada berbagai titik usia si Kecil. Namun demikian, growth sprout sangat umum terjadi pada usia 1 hingga 3 minggu pertama, usia 6 minggu, usia 3, 6 dan 9 bulan. Mums akan merasakan, selama beberapa waktu, si Kecil menunjukkan beberapa indikasi di atas. Tentu saja sebenarnya Mums tak perlu cemas, karena ketika ia rewel tak berarti ia sedang sakit atau mengalami gangguan kesehatan.

Ada baiknya, untuk memastikan penyebab rewel si Kecil, Mums mengunjungi dokter kepercayaan untuk melakukan pengecekan kesehatan. Jika memang tak ditemukan gejala gangguan kesehatan, maka berarti si Kecil sedang mengalami growth sprout saja, dan itu bukanlah satu masalah.

Cara Menenangkan si Kecil

3 Indikasi Growth Sprout si Kecil, Ini Cara Mendampinginya!

Mmm...mungkin bagian yang satu ini sebenarnya tidak terlalu diperlukan mengingat Mums tentu selalu memiliki cara efektif untuk menenangkan si Kecil dan membuatnya nyaman ya? Namun demikian, tak ada salahnya bukan membaca sedikit tips yang mungkin berguna untuk membantu Mums mendampingi growth sprout yang dialami si kecil?

Intensitas Menyusui

Untuk mencukupi kebutuhan nutrisi selama fase ini, Mums dapat meningkatkan intensitas menyusui yang dilakukan. Jika sudah waktunya ia diberikan MPAS, pilih juga MPASI yang bernutrisi tinggi.

Selalu Mendampingi si Kecil

Ketika ia rewel dan terus merengek, terus dampingi si Kecil dan buat si Kecil nyaman. Pelukan hangat, usapan, atau memberikan ASI padanya, bisa membuat si Kecil lebih tenang. Bisa juga Mums membacakan buku cerita, agar si Kecil dapat tidur dengan lebih nyenyak ketika ia rewel di malam hari.

Waktu Istirahat yang Cukup

Untuk mencukupi waktu istirahatnya, Mums dapat mengupayakan untuk membuat kondisi rumah sekondusif mungkin. Kondisi rumah yang tenang dapat membantu si Kecil tidur nyenyak dan tidak terbangun ketika malam tiba. Dengan tidur yang nyenyak si Kecil dapat lekas melalui fase ini dan tumbuh dengan optimal.

Baca Juga : Penasaran pada Ukuran Lambung Bayi Baru Lahir dan Asupan Nutrisinya? Simak Artikel Berikut Ini!

Fase growth sprout memang menjadi fase yang cukup menantang selama tumbuh kembang si Kecil. Yang harus tetap dipastikan adalah Mums mencukupi asupan nutrisi harian untuk si Kecil, baik berupa ASI maupun MPASI. Terapkan pola hidup sehat dan konsumsi makanan bergizi. Bila perlu Mums dapat menambahkan Frisomum Gold Dualcare+ untuk menopang kecukupan nutrisi harian selama masa menyusui. Berikan yang terbaik untuk si Kecil, dan lihat ia tumbuh dengan optimal!