Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif
Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih. Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai. Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi. Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui. Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.
3 Kegiatan Sederhana Optimalkan Kemampuan Motorik Halus

3 Kegiatan Sederhana Optimalkan Kemampuan Motorik Halus

Mengasah kemampuan motorik halus yang dimiliki si Kecil adalah hal yang wajib Mums lakukan guna memaksimalkan fase tumbuh kembangnya. Terlebih pada usia 1 hingga 3 tahun, dimana si Kecil tumbuh dan berkembang secara pesat, hal ini benar-benar wajib dilakukan agar si Kecil mencapai titik optimal pertumbuhan. Tapi sebenarnya bagaimana cara mengasah kemampuan ini?

Kemampuan motorik halus sendiri dapat menentukan kemampuan si Kecil melakukan berbagai aktivitas. Mulai dari hal sederhana seperti menggenggam dengan erat, hingga hal kompleks seperti koordinasi gerakan tangan dan gerakan mata. Setiap hal ini perlu latihan yang baik agar perkembangannya tidak terhambat.

Nah, jika mungkin Mums belum mengetahui cara sederhana untuk melatih kemampuan motorik halus si Kecil, Mums bisa mempraktekkan beberapa cara sederhana berikut ini.

Berkreasi dengan Plastisin atau Lilin Mainan

3 Kegiatan Sederhana Optimalkan Kemampuan Motorik Halus

Bermain dengan menggunakan plastisin bisa merangsang perkembangan kemampuan motorik halus si Kecil. Teksturnya yang lembut dan liat akan menjadi mainan yang menarik untuk si Kecil. Mums juga dapat memadukan mainan plastisin dengan cetakan-cetakan kue, sehingga si Kecil bisa berkarya dengan lebih seru.

Beberapa gerakan yang bisa diasah ketika bermain plastisin adalah kemampuan meremas, meregangkan plastisin, menggulung, menekan, dan membentuk suatu hal yang familiar. Mums bisa memberikan contoh beberapa ilustrasi yang sekiranya mudah dibentuk, seperti ember, atau cermin persegi, atau bentuk-bentuk dasar yang lain untuk dijadikan contoh dan inspirasi si Kecil. Bahkan jika Mums memiliki perangkat masak-masakan mainan, Mums juga dapat mengajak si Kecil bermain dengan perangkat tersebut.

Meski terlihat sederhana, tapi bermain plastisin, dengan segala kreasinya, bisa memberikan rangsangan yang baik untuk perkembangan kemampuan motorik si Kecil. Pastikan plastisin yang digunakan memiliki standar produk yang baik ya Mums, agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan.

Menggambar dan Mewarnai

3 Kegiatan Sederhana Optimalkan Kemampuan Motorik Halus

Memegang dan menggerakkan alat tulis juga menjadi salah satu latihan yang baik untuk si Kecil. Ketika menggambar, si Kecil akan berusaha untuk membuat objek sesuai dengan contoh ayng diberikan. Tentu saja Mums tidak bisa mengharapkan si Kecil tiba-tiba bisa membuat satu garis yang benar-benar sempurna. Perlu beberapa waktu hingga akhirnya si Kecil bisa benar-benar membuat garis ini.

Demikian pula dengan mewarnai, gerakan yang berulang dan dilakukan terus menerus menggunakan alat pewarna juga bisa jadi latihan yang baik untuknya. Berikan arahan pada si Kecil untuk tidak mewarnai melewati garis, agar ia juga dapat berlatih mengontrol kekuatan dan gerakan tangannya.

Permainan ini, menggambar dan mewarnai, sekaligus dapat pula dijadikan stimulus untuk daya imajinasi dan kreativitasnya. Mums bisa meminta si Kecil menggambarkan satu benda tertentu, tanpa harus mengarahkan si Kecil dengan terlalu tegas. Berikan kebebasan untuknya agar bisa berkarya, sehingga banyak kemampuan yang akan terasah dalam proses menggambar dan mewarnai.

Melatih Kemampuan Motorik Halus dengan Berkebun dan Memasak

3 Kegiatan Sederhana Optimalkan Kemampuan Motorik Halus

Melihat judul yang dituliskan di atas saja, mungkin Mums sudah akan terbayang kegiatan menyenangkan bersama si Kecil. Ya, berkebun dan memasak bersama adalah kegiatan yang sangat disarankan guna merangsang kemampuan motorik halus si Kecil, sekaligus dengan kemampuan lain seperti kemampuan gerak dan koordinasi anggota tubuhnya.

Ketika berkebun Mums juga akan berkesempatan mengenalkan si Kecil dengan berbagai objek alami, seperti tumbuhan dan tanah, sehingga ia bisa terus belajar hal baru. Tidak perlu takut si Kecil terkena kuman atau bakteri, dalam jumlah kecil, justru hal ini bisa berdampak baik karena dapat melatih daya tahan tubuh si Kecil.

Sama halnya ketika si Kecil memasak, si Kecil akan banyak berlatih menggunakan kedua tangan serta jari-jari mungilnya untuk membantu Mums memasak. Tidak perlu hal yang rumit, cukup dengan mengambilkan satu jenis sayuran atau bahan masakan saja, sudah merupakan latihan untuknya. Pada waktu yang bersamaan, si Kecil juga akan mengenal banyak sayuran dan bahan makanan yang digunakan. Selalu jauhkan si Kecil dari bahan makanan yang memiliki rasa terlalu tajam ya Mums, agar ia tidak kapok atau mengalami trauma tertentu.

Baca Juga : Jenis Permainan Edukasi Balita pada Setiap Fase Tumbuh Kembang si Kecil

Tiga hal di atas tadi, bisa Mums jadikan kegiatan untuk melatih kemampuan motorik halus si Kecil. Meski terlihat dan terasa sederhana untuk Mums, kegiatan bermain bersama tersebut adalah stimulus yang cukup efektif untuk si Kecil. Tentu, agar perkembangannya semakin optimal Mums juga wajib memenuhi kebutuhan nutrisi harian si Kecil.

Untuk urusan tersebut, Mums bisa mempercayakannya pada Friso Gold 3 yang memiliki kandungan nutrisi sangat kaya. Konsumsi secara rutin Friso Gold 3 bisa membantu Mums memenuhi kebutuhan nutrisi harian si Kecil. Terlebih, Friso dilengkapi dengan Locknutri yang mampu menjaga kualitas alami nutrisi dalam susu sehingga lebih mudah diserap tubuh si Kecil dan membantunya kuat dari dalam. Kecukupan nutrisi setiap hari benar-benar diperlukan agar stimulus untuk motorik halus yang diberikan bisa diserap dengan sempurna. Selalu berikan yang terbaik untuk si Kecil, dan lihat ia tumbuh dengan optimal!