Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif

Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih.

Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai.

Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi.

Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui.

Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.

96805-4png

3 Manfaat Blueberry dan Ide Olahannya untuk si Kecil

Berbagai jenis buah-buahan dikenal luas sebagai jenis makanan yang sangat baik dikonsumsi anak-anak, terlebih dalam masa pertumbuhan. Salah satu buah yang cukup digemari adalah Blueberry. Manfaat blueberry yang sangat kaya, akan sangat cocok ketika dikombinasikan dengan makanan dan minuman kaya nutrisi yang lain, sehingga masa tumbuh kembangnya benar-benar dapat optimal.
Beberapa kandungan blueberry yang sangat bermanfaat untuk si Kecil misalnya saja Zat Besi, Kalsium, Magnesium dan Vitamin K. Tentu seperti banyak jenis buah lain, buah yang satu ini juga memiliki kandungan serat yang kaya, sehingga dapat membantu menjaga kesehatan organ cerna si Kecil. Lebih hebatnya lagi, konsumsi buah blueberry secara rutin dapat memberikan asupan Antioksidan pada tubuh.
Lalu apa manfaat dari setiap nutrisi yang disebutkan sebelumnya? Berikut penjelasannya!

Nutrisi untuk Pertumbuhan dan Kesehatan Tulang

Tumbuh kembang si Kecil tidak akan lepas dari pertumbuhan tulangnya. Mulai dari ukuran hingga kepadatan, tulang menjadi pondasi utama penopang tubuh si Kecil. Konsumsi buah blueberry secara rutin dapat memberikan nutrisi yang baik untuk mendukung pertumbuhan dan kesehatan tulang secara umum.
Kandungan Zat Besi, Kalsium, Magnesium dan Vitamin K yang ada di dalamnya, dapat memberikan nutrisi yang diperlukan oleh tulang ketika masa tumbuh kembang. Ketika nutrisi untuk tumbuh kembangnya terpenuhi, idealnya si Kecil akan dapat memaksimalkan periode ini dengan baik. Tubuhnya, baik tinggi maupun berat badan, cenderung akan ideal dan tidak tertinggal oleh teman sebayanya.

Kesehatan Pencernaan

Salah satu hal yang paling penting dalam masa tumbuh kembang anak-anak adalah proses penyerapan nutrisi yang baik. Nutrisi yang masuk ke dalam tubuh, akan diserap ketika makanan tersebut dicerna. Penyerapan nutrisi yang baik akan dapat memberikan apa yang diperlukan tubuh untuk tumbuh dan berkembang sehingga kesehatan organ dan sistem pencernaan harus terjaga.
Dengan kandungan serat yang kaya, salah satu manfaat blueberry adalah untuk menjaga kesehatan dan sistem pencernaan. Serat yang masuk ke dalam tubuh akan membantu membersihkan bagian pencernaan sehingga tidak ada sisa makanan yang menempel pada dinding organ cerna seperti usus besar. BAB si Kecil akan dapat menjadi lancar dan terhindar dari resiko sembelit dan gangguan pencernaan lainnya.

Daya Tahan dan SIstem Kekebalan Tubuh

Kandungan Antioksidan dalam blueberry sangat bermanfaat dalam rangka membangun daya tahan tubuh dan kekebalan si Kecil. Dengan kombinasi asupan Vitamin C dan nutrisi pelengkap lain, si Kecil akan memiliki daya tahan yang lebih baik dan tidak mudah terserang penyakit atau virus. Tumbuh kembang akan berjalan maksimal tanpa gangguan penyakit-penyakit yang datang.
Kandungan Antioksidan juga dikenal sebagai kandungan yang sangat ampuh dalam rangka mengurangi resiko kanker sejak dini sehingga si Kecil memiliki sistem pertahanan yang jauh lebih kuat pada penyakit ganas ini. Tentu saja, agar lebih optimal, Mums harus senantiasa membiasakan si Kecil bergerak aktif agar tubuhnya juga dapat terus tumbuh dan berkembang dengan optimal, serta penyerapan nutrisi dapat berjalan dengan baik.

Konsumsi dan manfaat blueberry dapat Mums optimalkan dengan menjadikannya berbagai olahan nikmat. Tujuannya sederhana, agar si Kecil tetap memiliki antusiasme yang tinggi dalam mengkonsumsi buah ini dan tidak cepat bosan. Ini 3 olahan yang bisa menjadi ide untuk memodifikasi blueberry jadi makanan yang lebih yummy!

Kue Muffin

Kue ini bisa menjadi bekal yang sehat dan bergizi. Mums dapat membuatkan kue dengan isian blueberry. Proses membuatnya yang mudah dan cepat membuat kue ini sangat cocok jika menjadi bekal sekolah. Jika memungkinkan, buatkan beberapa kue tambahan ya Mums, agar ketika bermain si Kecil juga dapat belajar berbagi dengan teman bermainnya.

Oatmeal

Sebagai variasi makanan berat, Mums dapat memberikan blueberry pada si Kecil sebagai pendamping oatmeal. Topping buah-buahan seperti blueberry dapat memberikan rasa segar dan variasi yang unik ketika dikonsumsi sehingga si Kecil dapat makan dengan lahap. Karena bersifat makanan berat, oatmeal juga sangat cocok diberikan ketika si Kecil akan mulai beraktivitas.

Pancake

Salah satu bentuk kue yang satu ini sangat mudah dikreasikan dan ditambahkan dengan berbagai macam topping. Selain dengan blueberry, Mums juga dapat memberikan keju dan madu atau makanan lain. Lengkapi juga sajian pancake si Kecil dengan memberikannya susu pertumbuhan yang dapat menunjang pemenuhan nutrisi harian sehingga si Kecil mendapatkan manfaat maksimal.

Manfaat blueberry dan kreasi olahannya di atas mungkin dapat meberikanide baru untuk Mums. Untuk melengkapi asupan nutrisi hariannya, Mums dapat memberikan pula Friso Gold 3 sebagai pendamping makanannya. Dengan teknologi Locknutri, kualitas alami nutrisi akan terjaga dan lebih mudah diserap tubuh si Kecil. Ini akan membantu si Kecil agar kuat dari dalam dan tumbuh lebih optimal.