Lompat ke isi utama
Minyak Ikan

3 Manfaat Minyak Ikan untuk Anak dan Sumber Makanannya

Minyak ikan untuk anak tak hanya penting untuk perkembangan otak lho, tetapi ada beragam manfaat lainnya yang baik bagi tumbuh kembang anak

Mums pasti sudah tidak asing dengan manfaat minyak ikan untuk anak yang penting bagi perkembangan otak. Namun, ternyata manfaat minyak ikan untuk anak tak hanya itu saja lho. Ada beragam manfaat yang perlu Mums ketahui agar tumbuh kembang anak lebih optimal. Nah, sebelum membahas mengenai manfaatnya, akan lebih baik jika kita memahami terlebih dahulu apa itu minyak ikan. 

Apa itu Minyak Ikan?

Minyak ikan merupakan ekstrak lemak ikan yang biasanya dapat diperoleh dari mengonsumsi ikan secara langsung, melalui suplemen tambahan, atau produk makanan yang diperkaya ekstrak minyak ikan. 

Minyak ikan untuk anak kaya akan kandungan asam lemak omega 3 yang penting bagi kesehatan dan tumbuh kembang. Asam lemak omega 3 sangat diperlukan karena tubuh tidak bisa memproduksinya sendiri, sehingga harus didapatkan dari makanan yang mengandung minyak ikan. 

Dalam memahami manfaat minyak ikan untuk anak, Mums juga perlu mengetahui peran penting asam lemak omega 3 untuk meningkatkan kecerdasan dan tumbuh kembang secara keseluruhan. Perlu Mums ketahui bahwa asam lemak omega 3 terbagi ke dalam 3 jenis, di antaranya: 

  • DHA, berperan dalam perkembangan otak agar berfungsi secara normal
  • EPA, berperan dalam membantu mengurangi peradangan 
  • ALA, berperan dalam mendukung kinerja DHA untuk memaksimalkan pembentukan sel otak

Selain yang disebutkan di atas, anak-anak juga membutuhkan asupan asam lemak lainnya, yaitu Linoleic Acid (LA) yang termasuk ke dalam jenis asam lemak omega 6. Nah, kandungan LA ini bisa Mums dapatkan dalam susu dan produk hewani lainnya. Dengan menyeimbangkan asupan asam lemak tersebut, maka perkembangan otak anak akan lebih optimal. 

Apalagi saat ini Mums bisa mendapatkan manfaat asam lemak tersebut dalam susu Friso Gold 4 yang mengandung omega 3, omega 6, DHA, dan AA yang penting untuk mendukung tumbuh kembang anak berusia 3-12 tahun. Kandungan ALA (omega 3) dan LA (omega 6) dalam susu Friso Gold 4 berperan penting sebagai bahan baku pembentuk DHA dan AA di dalam tubuh anak. ALA dan LA ini bermanfaat untuk mendukung pembentukan dan perkembangan otak, serta meningkatkan kesehatan matanya.

Yang tak kalah istimewa, susu Friso Gold 4 mengandung nutrisi berkualitas yang diolah dengan metode single process, sehingga nutrisi alami di dalamnya tidak rusak dan lebih mudah dicerna. Selain itu, susu Friso Gold 4 juga tanpa perisa, bebas sukrosa, dan tetap memiliki rasa yang enak, sehingga disukai oleh anak-anak.

Oleh karena itu, kebutuhan asam lemak esensial dan minyak ikan untuk anak sebenarnya bisa Mums dapatkan dari makanan bergizi seperti susu. Akan tetapi, Mums juga bisa menyeimbangkan asupan nutrisi ini dari berbagai jenis makanan sehat lainnya, seperti ikan, udang, kerang, telur, bayam, kale, dan kacang-kacangan. Sementara itu, asam lemak omega 6 bisa Mums dapatkan dalam minyak nabati, seperti minyak bunga matahari, minyak biji kapas, minyak kedelai, dan kelapa sawit.

Peran minyak ikan sangat penting kan, Mums? Itulah sebabnya, Mums juga perlu memahami lebih lanjut mengenai manfaat minyak ikan untuk anak agar bisa mengoptimalkan tumbuh kembang buah hati Mums dengan tepat. Supaya lebih jelas, kita simak penjelasannya di bawah ini, yuk! 

Apa Saja Manfaat Minyak Ikan untuk Anak?

Berikut ini beberapa manfaat minyak ikan untuk anak, antara lain:

  • Meningkatkan kecerdasan

    Manfaat minyak ikan untuk anak yang pertama yaitu berperan sebagai fondasi untuk membentuk dan mengembangkan otak anak agar lebih cerdas. Minyak ikan untuk anak menjadi salah satu nutrisi penting yang perlu Mums berikan selama 2 tahun pertama kehidupannya.

    Sebab, pada 2 tahun pertama atau 1.000 hari pertama kehidupannya, otak anak sedang berkembang secara pesat, sehingga harus didukung oleh berbagai nutrisi berkualitas, termasuk minyak ikan untuk anak. 

    Minyak ikan untuk anak ini berperan dalam membentuk bagian-bagian otak yang dibutuhkan saat berpikir, mengambil keputusan, berkonsentrasi, dan meningkatkan daya ingat.

  • Mencegah penyakit jantung

    Manfaat minyak ikan untuk anak yang selanjutnya yaitu dapat menjaga kesehatan jantung buah hati Mums. Sebuah penelitian yang dipublikasi dalam National Center for Biotechnology Information menyebutkan bahwa peran minyak ikan untuk anak dapat mengurangi risiko penyakit jantung di masa depan dan dapat mengontrol tekanan darah dengan lebih baik. Selain itu, manfaat minyak ikan untuk anak juga dapat membantu mengurangi risiko penyakit asma. Tentunya pemberian minyak ikan untuk anak ini harus dikonsumsi sesuai batas normal dan tidak berlebihan. 

  • Menjaga kesehatan mata

    Manfaat minyak ikan untuk anak yang tak kalah penting yaitu dapat menjaga kesehatan mata dengan baik. Sebab, retina mata memerlukan asam lemak dalam jumlah yang cukup supaya dapat berfungsi lebih optimal. 

    Meskipun begitu, minyak ikan bukan satu-satunya nutrisi untuk mata ya, Mums. Anak-anak juga tetap harus mengonsumsi nutrisi penting lainnya yang dapat meningkatkan kesehatan mata anak, seperti protein, vitamin A, vitamin D, vitamin E, serta vitamin dan mineral lainnya. 

    Di samping pemberian minyak ikan dan nutrisi lain, Mums juga tetap harus membiasakan pola hidup sehat dan aktif agar penglihatan anak tetap berfungsi dengan baik. 

Selain yang disebutkan di atas, minyak ikan untuk anak juga sebenarnya bermanfaat untuk membantu menjaga kepadatan tulang, mencegah risiko ADHD, dan mencegah munculnya gangguan tidur. Maka dari itu, Mums perlu mencukupi asupan nutrisi ini secara seimbang. Lantas, jenis makanan seperti apa yang mengandung minyak ikan untuk anak? Cari tahu jawabanya berikut ini ya, Mums.

Apa Saja Makanan yang Mengandung Minyak Ikan?

Banyak Mums yang memberikan minyak ikan untuk anak dalam bentuk suplemen dengan harapan agar perkembangan otak buah hatinya lebih optimal. Pemberian suplemen minyak ikan memang boleh-boleh saja dilakukan, namun Mums sebaiknya konsultasi terlebih dahulu dengan dokter. Hal tersebut dikarenakan setiap suplemen minyak ikan memiliki takaran atau jumlah asam lemak omega 3 yang berbeda-beda. Perbedaan jumlah ini tentu dapat memengaruhi kondisi kesehatan anak, bukan? 

Jika anak diberikan suplemen minyak ikan tidak sesuai batas normal, dikhawatirkan ia yang mengalami kelebihan minyak ikan atau sebaliknya. Maka dari itu, pastikan untuk berkonsultasi dengan dokter dulu, supaya bisa memberikan dosis suplemen minyak ikan sesuai dengan kondisi kesehatan anak. 

Di samping pemberian minyak ikan untuk anak yang berbentuk suplemen, sebenarnya Mums bisa mendapatkan manfaat minyak ikan dari beberapa sumber makanan, antara lain: 

  • Ikan

    Seperti yang telah disebutkan, beberapa jenis ikan merupakan sumber alami minyak ikan yang baik bagi perkembangan otak anak. Mums bisa memilih ikan berlemak, seperti ikan salmon, sarden, dan makarel karena mengandung kadar DHA dan EPA yang cukup tinggi. Selain itu, ada pula makanan laut (seafood) yang bisa menjadi pilihan Mums, seperti kerang, tiram, udang, dan cumi-cumi.

  • Biji-bijian

    Mums bisa mendapatkan manfaat asam lemak omega 6 dari berbagai jenis kacang-kacangan dan biji-bijian, di antaranya kacang kenari, kacang kedelai, minyak kanola, minyak biji bunga matahari, minyak kelapa sawit, dan lain sebagainya. 

  • Produk susu formula

    Nah, Mums tidak perlu khawatir si Kecil akan kekurangan asupan minyak ikan karena sebenarnya saat ini banyak produk susu yang diperkaya oleh nutrisi tersebut, salah satunya adalah susu Friso Gold 4 yang diperkaya dengan minyak ikan.

    Susu Friso Gold 4 juga mengandung prebiotik, probiotik, nukleotida, berbagai vitamin dan mineral, serta didukung oleh teknologi Locknutri yang menjaga kualitas nutrisi alami susu sehingga mudah diserap oleh tubuh si Kecil agar membantunya kuat dari dalam.

Sebenarnya tidak sulit untuk mendapatkan makanan yang mengandung minyak ikan untuk anak. Mums bisa dengan mudah memenuhi asupan nutrisi ini dari jenis makanan bergizi yang telah disebutkan di atas. Semoga artikel ini bermanfaat ya, Mums! 

 

Disadur dari berbagai sumber dan ditinjau oleh: dr. Rulli P.A Situmorang