Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif

Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih.

Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai.

Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi.

Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui.

Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.

3 Manfaat Permainan Anak Perempuan: Masak-Masakan

3 Manfaat Permainan Anak Perempuan: Masak-Masakan

Permainan anak perempuan mungkin identik dengan masak-masakan, bermain boneka dan bermain sandiwara dengan peran yang sering ditemui si Kecil setiap hari. Meski terlihat sepele, ternyata permainan seperti ini dapat memberikan stimulus yang sangat efektif, baik untuk tumbuh kembang fisik, imajinasi serta kecerdasannya.

Setiap si Kecil bermain permainan tersebut, masak-masakan misalnya, si Kecil akan mempelajari hal baru dan langsung mempraktekkannya. Biasanya si Kecil yang suka bermain masak-masakan disebabkan karena ketertarikannya saat melihat Mums memasak di dapur. Jangan salah Mums, permainan ini juga bisa membantunya kuat dari dalam lho. Tapi bagaimana bisa?

Ya, setiap si Kecil bermain, ia akan melakukan berbagai gerakan dengan anggota tubuhnya. Baik gerakan tangan, kaki, badan, kepala, semua dapat menjadi latihan yang baik untuk melancarkan koordinasi fisik si Kecil. Selain itu, tentu saja kuat dari dalam tak melulu soal fisik. Ada banyak hal lain yang dapat terstimulasi ketika si Kecil bermain.

Proses Terjadinya Sesuatu

Ketika bermain permainan anak perempuan seperti masak-masakan, si Kecil akan belajar berimajinasi mengenai bagaimana makanan bisa disajikan di piring ketika akan dimakannya. Ini akan membuat si Kecil terlatih memahami bagaimana satu per satu proses yang harus dilakukan. Selain dapat membantunya berlatih koordinasi, proses yang dilakukannya juga akan membentuk logika dengan baik.

Selain itu, interaksi yang terjalin ketika ia bermain dengan Mums atau dengan teman atau kakak dan adiknya akan melatih kemampuan sosial serta emosional. Biasanya permainan masak-masakan akan disertai dengan permainan peran di mana si Kecil akan mengambil peran sebagai Mums yang bertugas memasak. Ini juga akan mengasah kemampuan emosionalnya secara langsung.

Hal Baru dalam Kehidupan

Setiap hari ketika si Kecil melihat Mums memasak, ia akan memperhatikan bahan atau alat baru yang digunakan. Setelah melahap masakan Mums, si Kecil akan bermain menggunakan pengetahuan baru ini. Tentu proses belajar seperti ini sangat efektif untuk membantunya berkembang karena setelah ia melihat ia langsung mempraktekannya.

Dengan begini, pengetahuan serta ilmu baru lebih mudah diserap olehnya. Setiap kali si Kecil mendapatkan hal baru, perkembangan juga akan terjadi. Sel otak akan terus terhubung satu dengan yang lainnya sehingga membuat si Kecil menjadi lebih pintar dan cerdas. Jika demikian, tinggal menjadi tugas Mums untuk mengenalkan padanya bahan dan peralatan yang belum pernah dilihatnya.

Daya Imajinasi

Ketika ia bermain dengan peralatan masak-masakan, ia akan mengandaikan bahwa tengah menggunakan peralatan sebenarnya yang Mums gunakan. Tentu ini membutuhkan daya imajinasi yang besar agar si Kecil dapat immerse ke dalam dunia yang dibayangkannya. Mungkin terlihat sepele, namun bermain masak-masakan akan membantu si Kecil memiliki daya imajinasi yang baik.

Ini berkaitan langsung dengan daya kreativitas yang tinggi. Semakin si Kecil memiliki imajinasi yang baik, maka idealnya si Kecil juga akan memiliki kreativitas yang tinggi. Dengan begini, si Kecil bisa berpikir pula secara luas dan lebih mudah menyelesaikan masalah yang dihadapinya. Terlihat sepele, namun ternyata masak-masakan dapat membawa manfaat besar bukan?

Kuat dari Dalam

Pada poin terakhir ini, sebenarnya lebih ke permainan masak-masakan dengan melibatkan berbagai hal atau materi di luar ruangan seperti dedaunan, tanah dan sebagainya. Memang si Kecil akan menjadi kotor ketika masak-masakan menggunakan bahan ‘sebenarnya’, namun dengan begini tubuhnya berkesempatan ‘mengenal’ berbagai bakteri baru yang belum pernah ditemuinya.

Ini akan melatih daya tahan tubuh si Kecil. Dengan latihan yang rutin dan dukungan asupan nutrisi yang baik dari Mums, maka si Kecil akan memiliki daya tahan tubuh yang kuat dan tidak mudah terserang penyakit. Tentu saja, ketika tubuhnya sehat ia juga akan tumbuh dan berkembang dengan lebih optimal.

Terkadang membiarkannya bermain di luar sering mendatangkan kekhawatiran. Namun sebenarnya, bermain masak-masakan dengan bahan di sekitar rumah yang dapat ditemui bisa menjadi stimulus membangkitkan imajinasi, daya tahan tubuh serta pengenalannya pada lingkungan sekitar. Cukup memastikan si Kecil tidak memasukkan benda yang tidak bersih ke dalam mulutnya saja.

Bersentuhan dengan alam secara langsung dengan bermain masak-masakan bisa jadi cara menyenangkan untuk mengenalkan alam sekaligus memberikan stimulus pada tumbuh kembang si Kecil. Selalu pastikan si Kecil mencuci tangan atau mandi setelah ia bermain di luar ya Mums, agar tubuh si Kecil bersih dan terhindar dari penyakit.

Pada akhirnya permainan anak perempuan seperti masak-masakan ini dapat memberikan banyak manfaat. Proses bermain dan belajar akan sangat optimal jika didukung dengan pemenuhan nutrisi harian si Kecil. Untuk mendukung hal tersebut, berikan Friso Gold 3. Dengan teknologi Locknutri, kualitas alami nutrisi akan terjaga dan lebih mudah diserap tubuh si Kecil. Ini akan membantu si Kecil agar kuat dari dalam dan tidak mudah terserang penyakit.