Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif
Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih. Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai. Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi. Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui. Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.
3-Pilihan-Resep-MPASI-9-Bulan-Cocok-untuk-si-Kecil

3 Pilihan Resep MPASI 9 Bulan, Cocok untuk si Kecil!

Seiring bertambahnya usia si Kecil, kebutuhan kalori hariannya juga akan ikut bertambah. Katakanlah ketika si Kecil berusia 9 bulan, kebutuhan energinya tentu tidak lagi sama dengan ketika ia berusia 3 bulan karena ukuran tubuhnya juga terus berkembang. Memberikan MPASI 9 bulan sesuai jadwal makan pada si Kecil bisa jadi solusi untuk mencukupi kebutuhan kalori serta nutrisi yang dibutuhkan untuk tumbuh optimal.

MPASI sendiri sudah dapat Mums berikan ketika usia si Kecil menginjak usia 6 bulan. Pada usia awal MPASI ini, si Kecil dapat mulai dikenalkan dengan berbagai sumber makanan lain selain ASI. Jenis makanan yang diberikan bisa beragam, dengan catatan memiliki tekstur yang lembut sehingga tidak menyulitkan organ pencernaan si Kecil dalam mencernanya.

Nah, untuk MPASI 9 bulan sendiri, Mums sudah dapat memberikan variasi makanan yang lebih banyak. Hal ini disebabkan kemampuan si Kecil untuk mengunyah sudah meningkat, serta kemampuan organ pencernaannya juga semakin baik. Lalu apa saja makanan yang bisa diberikan padanya? Di bawah ini Mums dapat melihat beberapa ide makanan yang cocok untuk MPASI 9 bulan.

MPASI 9 Bulan dengan Rasa Manis, Ayam Ubi Tumbuk

Karena si Kecil sudah bertambah usianya, idealnya ia akan memiliki preferensi rasa makanan yang disukai. Rasa manis jadi salah satu rasa paling disukai anak-anak. Jadi Mums dapat memberikan ayam ubi tumbuk untuk menjadi MPASI untuknya.

Bahan-bahannya sangat mudah ditemukan, yakni ayam kampung dan ubi yang sudah dikukus. Jika ingin digoreng, Mums dapat menambahkan telur dan mentega. Lalu bagaimana cara membuatnya?

  • Pertama rebus ayam kampung hingga matang dan lunak/
  • Cincang daging ayam hingga halus.
  • Masukkan ubi yang sudah dikukus ke dalam cincangan ayam tersebut.
  • Campur dan haluskan ubi dan ayam secara bersamaan.
  • Ayam ubi tumbuk sudah bisa disajikan untuk si Kecil.
  • Jika ingin digoreng, Mums dapat membentuknya menjadi stik ukuran kecil, kemudian lumuri dengan telur dan goreng dengan mentega.

Mudah dan sederhana bukan? Penggunaan ubi juga bisa berdampak baik karena menjadi sumber Karbohidrat lain selain nasi atau bubur.

Pepes Tahu dan Salmon untuk si Kecil

Makanan yang satu ini merupakan MPASI 9 bulan yang cocok untuk menjadi sumber asupan protein selain telur, daging ayam, atau daging sapi. Bahannya cukup sederhana, mulai dari bawang putih dan bawang merah, kemiri yang disangrai, wortel parut, tahu yang dihaluskan, daun bawang dan seledri cincang, salmon cincang, dan parutan keju.

Cara membuatnya adalah sebagai berikut.

  • Haluskan bawang putih, kemiri yang sudah disangrai, dan bawang merah.
  • Campurkan tahu (sudah dihaluskan), wortel parut, potongan daun bawang dan seledri, salmon, dan keju.
  • Campurkan keduanya, tambahkan daun salam, lengkuas yang sudah digeprek, serai, dan daun jeruk.
  • Mums dapat membungkusnya dengan daun pisang agar aromanya nikmat, atau mengukusnya dengan wadah kaca.
  • Kukus selama 20 menit hingga matang.
  • Angkat dan tunggu hingga tidak terlalu panas.
  • Pepes tahu dan salmon siap disantap bersama dengan nasi tim.

Karena berbahan tahu dan ikan salmon, tentu kandungan Proteinnya cukup tinggi. Selain itu, daging ikan salmon juga mengandung banyak nutrisi lain yang dapat mendukung tumbuh kembang si Kecil menjadi lebih optimal.

Bubur Daging Hati, Menu Lengkap Kaya Nutrisi

Bubur daging hati menjadi salah satu opsi MPASI 9 bulan karena memiliki kandungan kalori dan nutrisi yang cukup seimbang. Pada makanan ini, akan ditemui kandungan Karbohidrat, Protein, Lemak, serta serat dari sayuran yang sangat diperlukan tubuh si Kecil untuk terus tumbuh dan berkembang.

Bahan yang dibutuhkan adalah hati ayam kampung, daun salam, bawang putih, buncis, wortel, nasi, daging sapi, dan keju. Berikut cara pembuatannya :

  • Rebus hati ayam kampung dengan daun salan dan bawang putih.
  • Setelah matang, saring kasar hati ayam tersebut.
  • Masak nasi dengan air, bawang putih, dan daun salam.
  • Masukkan daging sapi (yang sudah digiling).
  • Masukkan potongan buncis dan wortel, masak hingga air menyusut,
  • Angkat dan tiriskan dalam mangkuk, tambahkan keju dan hati ayam, sajikan selagi hangat.

Melihat bahan yang digunakan, tidak heran jika kandungan nutrisinya cukup lengkap bukan?

Opsi menu MPASI 9 bulan di atas bisa Mums jadikan pilihan untuk mencukupi nutrisi harian si Kecil. Selain mudah dibuat, bahan-bahannya juga mudah didapatkan di pasar atau swalayan.

Untuk melengkapi asupan nutrisi ASI dan MPASI yang sudah diberikan, Mums juga dapat memberikannya susu pertumbuhan sesuai dengan usianya. Pastikan ketika memilih susu pertumbuhan Mums membaca baik-baik kandungan nutrisi yang ada di dalamnya. Sederhana, tujuannya adalah agar si Kecil mendapatkan yang terbaik untuk setiap fase tumbuh kembangnya sehingga dapat berjalan optimal. Pastikan asupan nutrisi harian selalu terpenuhi, dan lihat si Kecil tumbuh dengan optimal!