Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif
Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih. Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai. Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi. Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui. Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.
3 Tahap Perkembangan Kemampuan Kognitif si Kecil

3 Tahap Perkembangan Kemampuan Kognitif si Kecil

Kemampuan kognitif menjadi salah satu acuan idealnya tumbuh kembang si Kecil pada masa pertumbuhan. Kemampuan kognitif sendiri dapat dipahami sebagai kemampuan si Kecil untuk memahami suatu hal. Hal ini akan muncul seiring pertambahan usia serta proses tumbuh kembang alami yang dialami si Kecil. Meski nantinya setiap anak akan memiliki laju pertumbuhan yang berbeda, namun ada beberapa hal umum yang dapat Mums jadikan acuan utama.

Berbicara mengenai kemampuan si Kecil untuk memahami, proses ini akan berlangsung sangat pesat pada usia 1 hingga 6 tahun. Hal ini dikarenakan si Kecil akan benar-benar mengalami hal yang sama sekali baru untuknya. Proses perlahan dan efisien memerlukan bantuan dan pendampingan Mums yang tentu juga intens. Hal ini diperlukan agar pada usia ini si Kecil mendapatkan dasar pemahaman yang baik atas hal yang ada di sekitarnya.

Lalu apa saja hal-hal umum yang dapat dijadikan acuan pertumbuhan kemampuan kognitifnya pada usia 1 hingga 6 tahun? Mums dapat melihat poin-poinnya pada penjelasan berikut ini.

Kemampuan Kognitif Usia 1 Hingga 2 Tahun

Pada usia ini, bagian otak si Kecil berkembang sangat pesat. Kemampuan yang paling umum muncul pada usia ini adalah si Kecil mampu mengingat pengalaman yang dialaminya. Belum pada jangka waktu yang terlalu lama, namun apa saja yang dilakukannya pada hari tersebut atau beberapa jam sebelumnya.

Ketika pada rentang usia ini, si Kecil mulai memahami bahwa apa yang terjadi di sekitarnya memiliki hubungan satu sama lain. Misalnya ketika ia melempar bola, ia sudah bersiap mengantisipasi bola tersebut akan memantul atau kembali padanya. Atau misalnya ketika ia memakan makanan yang Mums berikan, ia akan merasa kenyang dan makanan di dalam piring akan menjadi habis.

Pada usia 2 tahun atau lebih, si Kecil juga mulai dapat menirukan orang atau kegiatan yang ada di sekitarnya. Sederhana mungkin, seperti menirukan gerakan Mums menyapu, atau bersandiwara dengan boneka dan mainannya dengan mengajak berbicara atau hal-hal sejenisnya. Hal ini tidak muncul tepat pada usia tersebut, namun muncul perlahan seiring berjalannya waktu.

Usia 3 Hingga 4 Tahun, Bersiap Menjadi ‘Ensiklopedi’ untuk si Kecil

Memasuki usia 3 tahun, maka Mums harus bersiap menjadi sebuah ‘ensiklopedi’ untuk si Kecil. Banyak pertanyaan yang akan muncul darinya mengenai hal-hal di sekitar. Pertanyaan ini banyak akan berkisar pada ‘mengapa’ yang artinya ia mulai ingin mengetahui apa hubungan sebab-akibat hal-hal yang dilihat dan dialaminya.

Penjelasan yang sederhana dan mudah dipahami si Kecil akan jadi penjelasan paling ideal. Pada usia ini, meski rasa ingin tahunya mulai muncul namun pemahamannya tentu belum bisa mencerna penjelasan secara detail. Untuk menyiasatinya, Mums dapat memberikan penjelasan sederhana namun memiliki poin kebenaran yang sesuai kenyataan.

Usia 3 hingga 4 tahun merupakan usia paling cocok untuk mengajaknya mengeksplorasi tempat seperti kebun binatang dan museum karena ia akan menerima banyak pengetahuan baru. Di waktu yang sama, Mums juga dapat merangsang rasa ingin tahunya dengan memperlihatkan berbagai hal baru untuk si Kecil.

Untuk Usia 5 Hingga 6 Tahun, si Kecil Akan Semakin Mahir Dalam Belajar

Masuk pada usia 5 tahun, si Kecil akan semakin tertarik dan mudah memahami konsep nama hari, huruf, angka dan berbagai bentuk dasar. Agar proses belajarnya makin efektif, Mums dapat memberikan mainan yang berkaitan dengan hal tersebut atau memberikan buku berwarna sehingga ia semakin antusias dalam belajar.

Untuk usia 6 tahun, kemampuan kognitifnya akan semakin baik dan ia akan mulai memahami dunia di sekitarnya. Si Kecil akan mulai mengumpulkan berbagai informasi dan mulai bisa mengevaluasi informasi tersebut untuk kemudian digunakan. Idealnya di usia 6 tahun si Kecil sudah memiliki kemampuan untuk membaca dan menulis kalimat, bersamaan dengan menjumlahkan dan mengurangkan angka sederhana.

Dalam hal perkembangan kemampuan kognitif si Kecil, ada beberapa hal yang dapat berpengaruh cukup signifikan. Pertama adalah faktor keturunan. Tidak dapat dipungkiri faktor keturunan masih cukup berpengaruh, artinya ketika Mums memiliki tingkat intelegensi yang cukup tinggi maka si Kecil memiliki kecenderungan untuk belajar lebih cepat.

Selanjutnya adalah faktor lingkungan, yakni Mums dan anggota keluarga lain. Rangsangan yang diterima si Kecil setiap saat dapat menjadi pendorong agar kemampuan kognitifnya berkembang lebih cepat sehingga dapat mencapai poin ideal tumbuh kembang yang tepat. Terakhir, adalah asupan nutrisi yang diberikan. Mums wajib memenuhi kebutuhan nutrisi hariannya agar pertumbuhan otak si Kecil dapat berjalan maksimal. Untuk membantu mencukupi kebutuhan nutrisi harian, Mums dapat memberikan Friso Gold 4 ketika si Kecil sudah memasuki usia 4 hingga 6 tahun. Kandungan nutrisi lengkap yang ada di Friso dapat membantu Mums mencukupi kebutuhan nutrisi hariannya. Friso dengan teknologi Locknutri, menjaga kualitas alami nutrisi sehingga lebih mudah diserap tubuh si Kecil dan membuatnya kuat dari dalam. Berikan Friso Gold 4 dan berikan pula stimulus setiap hari agar kemampuan kognitifnya berkembang dengan optimal!

Sample Friso Gold

Selamat datang! Apakah Mums ingin mencoba Free Sample dari Friso?

Daftar Sekarang