Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif
Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih. Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai. Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi. Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui. Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.
3 Tips Tepat Dalam Berikan Vitamin Untuk Anak

3 Tips Tepat Dalam Berikan Vitamin Untuk Anak

Memberikan vitamin untuk anak di masa tumbuh kembangnya memang jadi hal yang perlu dilakukan, lho, Mums. Biasanya pemberian suplemen vitamin untuk anak itu dianjurkan guna meningkatkan nafsu makan si kecil. Sebagaimana yang diketahui bahwa makanan punya peranan penting dalam menjaga tumbung kembang anak jadi optimal. Maka, Mums perlu pastikan bahwa konsumsi harian anak terjaga dengan baik.

Sebagai salah satu upaya demi menjaga konsumsi harian anak, memberi suplemen vitamin untuk anak bisa jadi pilihan yang cukup bermanfaat. Perlu diingat, ya, Mums, bahwa pemberian vitamin untuk anak bukanlah jadi sebuah kewajiban. Pemberian vitamin untuk anak merupakan sebuah alternatif demi menjaga tumbuh kembang anak secara optimal. Namun, jika anak Mums punya nafsu makan yang tinggi, maka pemberian vitamin untuk anak bukan jadi hal yang wajib. Yang perlu diperhatikan dalam masa tumbuh kembang anak adalah asupan nutrisi dan gizi yang bisa dipenuhi melalui makanan sehari-hari.

Namun, jika Mums merasa bahwa anak membutuh vitamin sebagai asupan tambahan dalam kesehariannya, Mums perlu menyesuaikan dengan tips berikut. Tips pemberian vitamin untuk anak yang telah disiapkan ini diharapkan dapat membantu Mums menemukan arahan yang tepat untuk menentukan apakah anak membutuhkan suplemen vitamin atau tidak dalam kesehariannya. Berikut adalah tips yang bisa Mums ikuti sebelum memberikan vitamin untuk anak. 

Tips tepat dalam memberikan vitamin untuk anak

1. Punya riwayat penyakit tertentu

Jika Mums mengetahui bahwa anak pernah punya riwayat radang usus atau penyakit celiac, memberikan vitamin untuk anak bisa jadi upaya agar tubuh anak bisa tumbuh dengan sehat dan kuat karena mampu menyerap vitamin dan mineral dengan baik. Diketahui bagi anak yang punya riwayat radang usus, terdapat risiko tubuh anak sulit untuk menyerap vitamin dan mineral seperti, zat besi, zinc, serta vitamin D. penyakit ini juga diketahui akan berdampak pada kerusakan di area usus sehingga membuat tubuh anak sulit menyerap zat gizi makro. Maka pemberian suplemen vitamin untuk anak diharapkan mampu membuat tubuh mendapatkan asupan nutrisi, vitamin, dan mineral yang cukup, sehingga proses tumbuh kembang anak jadi optimal serta menjaga anak untuk tetap sehat dan kuat. 

2. Punya pola makan vegetarian

Mengonsumsi sayuran dan kacang-kacangan memang baik untuk tumbuh kembang anak. Namun, jika anak lebih gemar makan sayuran dan kacang-kacangan daripada jenis makanan seperti telur dan daging, bisa-bisa anak Mums kekurangan vitamin B12 pada tubuhnya. Vitamin B12 ini secara alami bisa ditemukan di sumber makanan berbasis hewani, seperti daging sapi, ayam, serta ikan. Maka, jika anak mulai menunjukkan pola makan vegetarian dalam kesehariannya, Mums bisa tambahkan suplemen vitamin untuk anak secara rutin. Hal ini dibutuhkan tidak hanya untuk memenuhi kebutuhan vitamin B12 pada tubuh anak. Pemberian vitamin untuk anak juga berguna untuk meningkatkan nafsu makan anak, sehingga mulai mau mengonsumsi makanan seperti daging sapi, ayam, maupun ikan.

3. Mulai mengalami kesulitan makan

Selama masa tumbuh kembang anak, Mums pasti akan menemukan pola makan anak yang suka memilih-milih makanan atau dikenal sebagai picky eater. Bisa saja anak bosan dengan kombinasi makanan yang diberikan. Namun jika dibiarkan terlalu sering, bisa-bisa kebiasaan ini dapat mengurangi kesempatan agar anak bisa tumbuh kuat dan sehat. Dengan terbiasa tumbuh sebagai anak yang picky eater, maka risiko asupan nutrisi yang kurang pada tubuh pun jadi salah satu faktor yang dapat mengganggu proses tumbuh kembang anak. Oleh karena itu, agar asupan nutrisi dan vitamin anak tercukupi setiap harinya, Mums bisa berikan suplemen vitamin untuk anak. Pastikan Mums untuk tetap memberikan suplemen vitamin untuk anak secara rutin hingga anak mulai memiliki keinginan mencoba makanan lainnya. Selain itu, Mums juga bisa kreasikan kombinasi makanan yang berbeda-beda setiap harinya agar anak tidak mudah bosan dan tetap punya nafsu makan yang tinggi.

Jenis vitamin yang dapat tingkatkan nafsu makan anak

Memang sudah jadi sebuah hal yang umum jika anak mulai susah makan, maka memberikan vitamin untuk anak jadi opsi utama guna meningkatkan nafsu makan sekaligus memenuhi asupan nutrisi, gizi, dan vitamin hariannya. Namun, perlu Mums ketahui bahwa pemberian suplemen vitamin untuk anak juga tidak bisa sembarangan. Ada beberapa jenis vitamin untuk anak yang cukup dipercaya dapat meningkatkan nafsu makan dan nutrisi yang dibutuhkan oleh anak. Berikut adalah jenis-jenis vitamin untuk anak yang tidak hanya berguna untuk meningkatkan nafsu makan, namun juga menjaga tumbuh kembang anak selalu sehat dan kuat.

1. Vitamin A

Selain dikenal sebagai salah satu vitamin untuk anak yang dapat meningkatkan nafsu makan, vitamin A juga punya peranan penting yang dapat menunjang proses tumbuh kembang anak secara keseluruhan. Vitamin A diketahui punya peran penting dalam menjaga kesehatan mata dan memelihara kesehatan kulit baik untuk orang dewasa maupun anak-anak. Untuk anak-anak usia 1 hingga 9 tahun, keberadaan vitamin A di dalam tubuh merupakan hal penting yang harus tetap dijaga. Pasalnya, untuk anak-anak, vitamin A juga jadi salah satu elemen yang dapat mendukung pertumbuhan tulang yang kuat serta menjaga daya tahan tubuh anak agar tidak mudah terserang penyakit. Oleh karena itu, vitamin A merupakan salah satu vitamin untuk anak yang cukup penting dipenuhi dalam masa tumbuh kembangnya.

2. Vitamin B Kompleks

Asupan vitamin untuk anak yang dapat meningkatkan nafsu makan secara signifikan adalah vitamin B kompleks. Namun tidak hanya itu, vitamin B kompleks juga diketahui punya manfaat lainnya yang baik di masa tumbuh kembang anak. Vitamin B kompleks sebagai salah satu suplemen vitamin untuk anak dapat membantu anak lebih berenergi. Selain itu, vitamin B kompleks juga punya peran penting dalam mengoptimalisasi perkembangan fisik serta perkembangan otak pada anak. 

3. Vitamin C

Memberikan vitamin C secara rutin sebagai suplemen vitamin untuk anak merupakan langkah yang baik bagi Mums untuk menjaga daya tahan tubuh anak sehingga tidak mudah terserang penyakit. Vitamin C juga berperan sebagai antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas dari aktivitas yang dilakukan oleh anak di luar rumah. Vitamin C juga punya fungsi untuk membantu tubuh dalam menyerap zat besi yang diolah dari makanan. Penyerapan zat besi dibutuhkan di masa tumbuh kembang anak, agar tubuh anak dapat memproduksi sel darah merah dengan optimal sehingga meminimalisasi risiko terkena anemia. 

4. Vitamin D

Dalam masa tumbuh kembang, perkembangan pada fisik anak tentu saja jadi acuan utama dalam menentukan apakah anak menjalani masa tumbuh kembang secara optimal atau tidak. Namun Mums tidak perlu khawatir, vitamin D yang diberikan sebagai suplemen vitamin untuk anak bisa membantu tubuh untuk menyerap kalsium lebih baik sehingga pertumbuhan fisik anak berjalan secara maksimal dan punya fisik yang kuat. Selain berguna untuk menambah nafsu makan anak, vitamin D juga berguna untuk perkembangan tulang dan gigi. 

Selain memberikan suplemen vitamin untuk anak, pastikan Mums selalu memberikan asupan nutrisi dari bahan makanan dan susu yang terbaik untuk tumbuh kembang anak. Minum susu secara rutin bisa penuhi kebutuhan nutrisi yang dibutuhkan oleh anak di masa tumbuh kembangnya. Untuk anak usia 3 hingga 12 tahun, Mums bisa lengkapi kebutuhan nutrisi yang diperlukan dengan Susu Friso Gold 4 yang dapat meningkatkan pertumbuhan anak di usia 3 hingga 6 tahun. Friso dengan teknologi Locknutri, menjaga kualitas nutrisi alami sehingga mudah diserap tubuh si Kecil dan membantunya kuat dari dalam.