Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif
Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih. Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai. Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi. Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui. Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.
3 Trik Menghindari Kecanduan Gadget pada si Kecil

3 Trik Menghindari Kecanduan Gadget pada si Kecil

Tidak dapat dipungkiri, keberadaan gadget saat ini banyak membantu kegiatan Mums sehari-hari. Mulai dari mencari resep masakan, tips dan trik merawat si Kecil, hingga mungkin saja membaca artikel ini. Gadget juga memiliki banyak konten bermanfaat untuk anak-anak. Tapi seperti banyak hal lain, jika terlalu banyak digunakan oleh si Kecil maka bisa menimbulkan kecanduan gadget, yang dampaknya tentu akan tidak baik untuk si Kecil.

Pola asuh modern memang secara langsung atau tidak langsung banyak yang menggunakan bantuan dari gadget, mulai dari sebagai pengalih perhatian ketika si Kecil rewel, atau membantu memberikan rangsangan dengan bermain permainan yang sifatnya edukatif. Selama penggunaan gadget masih dalam porsi wajar dan tidak menimbulkan ketergantungan pada si Kecil sebenarnya tak masalah, artinya Mums sudah mampu me-manage waktu penggunaan dan mendapat manfaat utamanya.

Lagipula daripada harus berhadapan dengan resiko kecanduan gadget, Mums juga bisa menggunakan beberapa kegiatan berikut ini untuk membantu memberikan rangsangan tumbuh kembang lho! Nah, apa saja kegiatannya?

Menikmati Waktu Di Halaman Belakang

3 Trik Menghindari Kecanduan Gadget pada si Kecil

Sebenarnya jika memungkinkan, bermain di luar rumah dengan keluarga akan jadi quality time yang benar-benar baik untuk tumbuh kembang si Kecil, interaksi yang terjadi, komunikasi intens yang terjalin, hingga suasana dan vibe nyaman ketika bermain bersama bisa memberikan rasa nyaman, sehingga si Kecil bisa tumbuh dengan optimal.

Meski begitu, Mums tak harus mengajaknya terlalu jauh seperti ke taman atau tempat rekreasi. Untuk meminimalisir resiko yang ada, Mums bisa mengoptimalkan waktu yang dimiliki untuk bermain di halaman belakang. Lagipula walaupun tempatnya hanya di halaman belakang, jika Mums dan si Kecil bisa menikmati waktu bersama secara intens, tidak ada bedanya bukan?

Banyak kegiatan yang bisa dilakukan bersama si Kecil untuk menghabiskan waktu tanpa harus menggunakan gadget secara aktif. Misalnya, Mums bisa mengajak si Kecil seolah tengah berpiknik dengan menggelar tikar, membawa bekal dan sebagainya. Persiapkan bekal piknik bersama si Kecil agar ia juga dapat menggunakan tangan dan memberikan rangsangan pada berbagai sensor yang dimilikinya.

Adakah kegiatan lain? Tentu saja, Mums bisa bermain tangkap bola, bermain menemukan barang yang disembunyikan, dan lain sebagainya. Nah, gadget dalam kegiatan poin pertama ini bisa digunakan untuk menyetel musik, agar suasana makin menyenangkan dan seru.

Lakukan Kegiatan untuk Merangsang Motorik Halus

3 Trik Menghindari Kecanduan Gadget pada si Kecil

Aktif menggunakan jari dan tangannya adalah salah satu kegiatan yang sangat baik dalam merangsang perkembangan motorik anak. Memang, Mums bisa menggunakan permainan dari gadget yang ada, dan pilihannya sangat banyak. Tapi untuk menghindari kecanduan gadget dan ketergantungan pada perangkat elektronik ini, ada alternatif yang bisa Mums pilih.

Pada dasarnya si Kecil akan terangsang kemampuan motorik halusnya ketika ia menggunakan jari dan tangannya untuk berkegiatan. Memegang, menggunakan alat, menggenggam, merasakan tekstur dan lain sebagainya. Tentu, Mums memiliki banyak alat dan bahan untuk merangsang motorik halus tanpa gadget bukan?

Permainan sederhana seperti bermain balok susun, lilin mainan, memasang puzzle, memindahkan barang dari satu tempat ke tempat lain, memasukkan barang ke kotak sesuai dengan warna, menggunting, mewarnai dengan tangan, menggambar, origami, dan masih banyak lagi. Tidak akan kehabisan pilihan bukan Mums?

Terdengar klasik? Well, nyatanya permainan dan kegiatan yang kelihatannya kuno ini memiliki manfaat rangsangan yang efektif. Jadi tidak ada salahnya berkegiatan tanpa menggunakan gadget.

Hindari Kecanduan Gadget dengan Permainan Peran

3 Trik Menghindari Kecanduan Gadget pada si Kecil

Salah satu kegiatan yang bisa dilakukan untuk menghindari kecanduan gadget selanjutnya adalah bermain peran bersama si Kecil. Tentu Mums pernah bermain permainan ini ketika masih kecil dulu bukan? Seorang berperan menjadi Ibu, seorang berperan menjadi Ayah, seorang berperan sebagai Anak, sebagai Penjual, dan lain sebagainya.

Bermain peran bisa membantu si Kecil menumbuhkan rasa empati pada orang lain. Misalnya dengan bermain peran menjadi masinis dan penumpang kereta. Biarkan si Kecil mengambil peran yang utama, sebagai masinis, agar ia tahu kira-kira bagaimana pekerjaan masinis tersebut. Tentu hal ini perlu bimbingan yang intens, agar permainan bisa berjalan seru dan lancar.

Waktu yang digunakan untuk bermain peran tidak akan sebentar, dan bisa digunakan jadi pengalih perhatian ketika si Kecil mulai menginginkan gadget. Gerakan yang dilakukan ketika bermain dan interaksi yang terjadi antara Mums dan si Kecil akan jadi stimulus yang baik untuk tumbuh kembangnya.

Baca Juga : 4 Permainan Jaman Dulu untuk Stimulasi Tumbuh Kembang Si Kecil

Menghindari kecanduan gadget tidak berarti kemudian tidak menggunakan gadget sama sekali. Penggunaan gadget selama masih memberikan manfaat baik dan tidak menimbulkan ketergantungan tentu tak masalah. Toh rangsangan tumbuh kembang si Kecil bisa berasal dari mana saja bukan?

Nah, 3 poin cara menghindari kecanduan gadget di atas semoga bisa jadi trik baru yang bisa Mums gunakan ketika si Kecil sudah ‘terindikasi’ ketergantungan dengan perangkat tersebut. Tentu, agar maksimal, rangsangan yang Mums berikan baik melalui gadget atau secara langsung harus didukung dengan asupan nutrisi yang cukup setiap harinya. Berikan makanan bergizi tinggi, dan tambahkan Friso Gold 4 setiap hari. Kandungan nutrisi yang terjaga dengan teknologi Locknutri akan membantu memenuhi kebutuhan nutrisi harian si Kecil. Tentu, kualitas nutrisinya tetap terjaga berkat teknologi tersebut, sehingga nutrisi di dalam susu akan lebih mudah diserap oleh tubuh si Kecil dan digunakan untuk mengoptimalkan tumbuh kembangnya.

Sample Friso Gold

Selamat datang! Apakah Mums ingin mencoba Free Sample dari Friso?

Daftar Sekarang