Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif

Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih.

Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai.

Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi.

Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui.

Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.

4 Buah untuk Infeksi Lambung Terbaik yang Bisa Mums Berikan pada Si Kecil

4 Buah untuk Infeksi Lambung Terbaik yang Bisa Mums Berikan pada Si Kecil

Lagi dan lagi, gangguan organ pencernaan pada si Kecil selalu saja menghantuinya. Meski mungkin tidak disebabkan oleh hal yang serius, gangguan pada organ pencernaan si Kecil dapat berimbas pada berbagai gangguan kesehatan lainnya. Solusi paling aman dan mudah adalah kembali ke sumber nutrisi alami. Misalnya saja pemberian buah untuk infeksi lambung yang terjadi pada si Kecil.

Tentu perlu diingat, hal pertama yang direkomendasikan untuk mengatasi gangguan pencernaan, misalnya infeksi lambung, adalah dengan membawanya ke dokter. Namun demikian, beberapa buah-buahan dapat menjadi solusi mudah yang bisa Mums berikan untuk pertolongan pertama. Selain mudah didapat, nutrisi yang ada pada buah-buahan juga sangat baik untuk membantu memulihkan kesehatan lambungnya.

Namun demikian, Mums juga tidak boleh melupakan bahwa khususnya untuk anak berusia 1 hingga 3 tahun, buah yang dikonsumsi sebaiknya dilunakkan terlebih dahulu. Tujuannya agar pencernaan si Kecil yang terganggu tidak bekerja terlalu keras untuk mengolah makanan yang masuk ke dalam tubuhnya, dan tidak malah membuat gangguan lain. Tips sederhana, adalah menjadikannya jus atau campuran pada bubur dengan potongan kecil-kecil.

Lalu apa saja buah untuk infeksi lambung yang aman dan ampuh untuk si Kecil? Simak penjelasannya pada bagian berikut ini, untuk mengetahui jenis dan manfaat buah yang baik untuk infeksi lambung si Kecil.

Pisang

Pisang merupakan salah satu buah yang banyak disukai anak-anak karena warna yang cerah dan rasanya yang manis. Pisang juga memiliki tekstur cukup lembut sehingga mudah dicerna oleh lambung. Buah yang satu ini sangat cocok diberikan pada si Kecil yang mengalami gangguan atau infeksi lambung karena pisang tidak akan memberatkan kerja lambung dalam pencernaan.

Di sisi lain, pisang juga dapat memberikan asupan elektrolit guna menggantikan elektrolit yang sempat hilang. Konsumsi pisang bisa dilakukan kapanpun, selama si Kecil tidak memiliki alergi terhadap buah ini. Selain rasanya nikmat, manfaatnya juga sangat banyak. Bisa juga menjadi makanan yang cukup mengenyangkan, selama si Kecil belum bisa mengkonsumsi makanan lain.

Apel

Jika dilihat sekilas, memang tekstur apel cenderung lebih keras daripada pisang. Namun demikian, konsumsi apel benar-benar dapat membantu menjaga kesehatan pencernaan si Kecil. Pepatah lama ‘An Apple A Day Keep The Doctors Away’ nampaknya tidak sekedar frasa normatif saja. Kandungan yang terdapat pada buah ini sangat banyak, serta berfungsi sebagai asupan yang baik untuk tumbuh kembang dan daya tahan tubuh.

Untuk menyiasati tekstur apel yang sedikit keras, Mums bisa menjadikannya campuran pada bubur atau makanan yang diberikan pada si Kecil. Potong dengan ukuran yang tidak terlalu besar sehingga si Kecil bisa mengunyahnya dengan nyaman. Alternatif lain, Mums bisa memberikan jus apel pada si Kecil untuk memenuhi asupan cairan dan serat serta nutrisi bagi tubuh si Kecil.

Melon

Infeksi lambung biasanya menimbulkan efek panas dan tidak nyaman pada bagian perut. Ini akan menyebabkan si Kecil menjadi rewel dan mungkin saja terus menangis. Salah satu buah untuk infeksi lambung yang disarankan adalah melon. Mengapa? Karena melon memiliki tekstur yang tidak terlalu keras dan sifatnya mendinginkan perut yang tengah bergejolak.

Buah melon bisa dimakan secara langsung setelah dibersihkan kulit dan biji pada bagian dalamnya. Selain rasanya nikmat, sensasi segar yang didapat ketika mengkonsumsi buah melon bisa memberikan sedikit ketenangan pada si Kecil. Potong dalam ukuran kecil agar ia dapat mengkonsumsinya dengan lebih nyaman dan lebih cepat dikunyah.

Pir

Buah yang mirip dengan apel ini juga dapat menjadi pilihan yang baik guna membantu si Kecil pulih dari infeksi lambung yang dialaminya. Nutrisi yang terkandung dalam buah pir akan membantu pemulihan dinding lambung yang mengalami infeksi karena memiliki kandungan serat yang banyak. Kandungan air pada buah ini juga dapat berperan menggantikan elektrolit yang hilang.

Karena teksturnya mirip dengan buah apel, Mums bisa mengolahnya sama seperti buah apel. Sebagai campuran pada makanan si Kecil atau dengan membuat jus dari buah ini. Jangan lupa untuk mengupas dan menyingkirkan bijinya sebelum diberikan pada si Kecil ya Mums.

Infeksi lambung biasanya disebabkan oleh komposisi makanan yang kurang seimbang dan jadwal makan yang tidak teratur. Langkah pencegahan sederhana bisa Mums lakukan dengan memberikan asupan makanan seimbang nutrisinya serta jadwal makan yang teratur. Ini akan memberikan asupan yang diperlukan tubuh si Kecil untuk tumbuh dan berkembang, serta membangun daya tahan tubuh.

Memberikan buah untuk infeksi lambung memang bisa jadi solusi yang baik. Namun akan jauh lebih baik jika hal ini dicegah dengan cara memenuhi kebutuhan nutrisi harian serta jadwal makan yang baik. Untuk membantu memenuhi nutrisi harian si Kecil, berikan Friso Gold 3. Dengan teknologi Locknutri, kualitas alami nutrisi akan terjaga dan lebih mudah diserap tubuh si Kecil. Ini akan membantu si Kecil agar kuat dari dalam dan terhindar dari permasalahan pencernaan. Mums juga bisa berkonsultasi dengan Ahli Nutrisi Alami Friso (ANA) pada situs resmi Friso melalui fitur live chat.