Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif
Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih. Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai. Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi. Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui. Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.
4 Cara Simple Tingkatkan Motivasi Belajar Di Rumah

4 Cara Simple Tingkatkan Motivasi Belajar Di Rumah

Belajar dari rumah mau tidak mau harus jadi rutinitas baru yang dijalani. Tak hanya Mums yang harus benar-benar beradaptasi, namun si Kecil juga demikian. Hal yang paling sulit di manage kemudian biasanya adalah motivasi belajar, karena ia tak lagi belajar bersama-sama secara fisik dengan teman-temannya. Tentu saja, Mums akan menemukan tips menumbuhkan motivasi untuk si Kecil di artikel ini.

Konsep belajar dari rumah di era new normal sendiri merupakan upaya pemerintah untuk mengurangi kontak fisik yang mungkin terjadi di sekolah. Terlebih untuk anak-anak, yang dunianya masih dunia bermain dan akan cukup sulit membiasakan diri dengan konsep physical distancing. Maka dari itu, beberapa tips berikut bisa Mums coba, untuk terus menumbuhkan motivasi belajarnya.

Menjadi Teman Belajar

4 Cara Simple Tingkatkan Motivasi Belajar Di Rumah

Satu elemen paling penting yang hilang dari rutinitas belajar si Kecil adalah keberadaan teman dan tenaga pengajar yang biasanya ditemui si Kecil di sekolah. Sedikit banyak hal ini akan berpengaruh pada motivasi belajarnya, karena ia tak lagi bisa berinteraksi secara langsung. Memang, interaksi yang terjadi kemudian memanfaatkan layanan teleconference. Namun tentu perlu adaptasi yang tidak sebentar.

Salah satu tips untuk menumbuhkan semangat belajarnya adalah menjadi teman belajar untuk si Kecil. Mums bisa mendampingi si Kecil dan berperan sebagai teman sebangkunya ketika ia tengah belajar dengan panduan guru. Dengan begini, si Kecil tetap merasa memiliki seseorang yang diajak berinteraksi, sehingga ia memiliki semangat belajar yang terjaga.

Menciptakan Kondisi yang Nyaman

4 Cara Simple Tingkatkan Motivasi Belajar Di Rumah

Nyaman dalam artian untuk belajar dan bukan untuk beristirahat. Ini sebenarnya adalah salah satu tantangan besar, karena rumah yang tadinya tempat berinteraksi dan bersantai harus diubah menjadi tempat belajar. Nuansa santai harus diganti sedemikian rupa hingga kondusif untuk belajar. Tapi bagaimana caranya?

Ada baiknya Mums menciptakan satu sudut atau ruangan yang memang khusus digunakan si Kecil untuk mengikuti kelas-kelasnya. Misalnya, satu sudut di kamar si Kecil, atau di area dekat dapur, sehingga Mums bisa tetap beraktivitas sembari menemani si Kecil belajar. Berikan meja dan kursi yang nyaman untuk si Kecil duduk, agar ia bisa fokus mengikuti setiap kelasnya.

Untuk mendukung suasana belajar si Kecil, upayakan agar kondisi ruangan atau sudut yang digunakan si Kecil cukup tenang, sehingga tidak banyak distraksi yang datang padanya. Berikan pemahaman pada adik atau kakak si Kecil yang mungkin sedang tidak mengikuti kelas untuk tidak mengganggu si Kecil terlebih dahulu selama ia belajar. Meskipun sederhana, elemen-elemen kecil seperti ini bisa memberikan motivasi yang baik pada si Kecil.

Iming-Iming Hadiah Setelah Kelas

4 Cara Simple Tingkatkan Motivasi Belajar Di Rumah

Memberikan apresiasi memang tidak selalu berarti memberikan hadiah. Apresiasi diberikan sebagai respon atas apa yang sudah dilakukan si Kecil, untuk menunjukkan perhatian pada si Kecil. Misalkan ia bisa mengikuti kelas dengan baik dan memahami apa yang diajarkan, Mums bisa saja memberikannya makanan favorit, atau waktu bermain dengan mainan favoritnya, atau bahkan sekedar pelukan dan ciuman hangat.

Sebaliknya, ketika si Kecil kurang mampu mengikuti kelas dan kurang memahami apa yang disampaikan, Mums bisa memberikan dukungan dan motivasi agar si Kecil kembali bersemangat. Apresiasi seperti ini justru dapat membangun kepercayaan diri si Kecil, karena kemudian akan membuatnya semakin percaya bahwa sebenarnya ia bisa memahami apa yang disampaikan gurunya.

Meski demikian, apresiasi berupa hadiah harus diatur dengan bijak. Jangan sampai si Kecil belajar dan berusaha keras semata hanya agar mendapatkan apa yang diinginkannya. Berikan hadiah beberapa kali, tapi jangan setiap kali ia memahami satu hal. Ini penting agar si Kecil bisa benar-benar fokus pada proses belajar, dan tidak pada hadiah yang akan diberikan. Jika terlanjur dibiasakan, hadiah akan membuat si Kecil memiliki sikap pamrih dan kurang tulus dalam melakukan sesuatu.

Motivasi Belajar dengan Cara Belajar Seru

4 Cara Simple Tingkatkan Motivasi Belajar Di Rumah

Nah terakhir untuk menumbuhkan motivasi belajar dari si Kecil Mums bisa mendampingi si Kecil belajar dengan cara yang seru. Jika guru atau pembimbing belajar hanya sekedar mengajarkan materi melalui gambar atau tulisan saja, Mums bisa mempraktekkan pelajaran yang baru diterima si Kecil. Dengan begini, si Kecil akan merasa lebih tertarik dan excited dalam belajar setiap hari.

Tidak perlu menggunakan perangkat yang canggih atau mahal, kebanyakan pelajaran di tingkat sekolah dasar bisa diaplikasikan dengan barang yang ada di rumah. Misalnya penjumlahan sederhana, bisa menggunakan alat bantu mainan atau makanan. Kemudian mengenai pelajaran sains, bisa menggunakan alat dan bahan yang ada di rumah Mums. Belajar dengan langsung mempraktekkannya bisa memberikan efek seru pada hari-hari si Kecil belajar di rumah selama new normal berlangsung.

Baca Juga :  Serunya Bercerita dan Belajar dari Suara Alam

Motivasi belajar untuk si Kecil selama masa pandemi ini sangat penting untuk tetap dijaga, karena ia juga tetap harus mendapatkan stimulus untuk kecerdasannya. Tugas Mums kini menjadi semakin menantang karena selain mengerjakan pekerjaan rumah juga harus menjadi pendamping si Kecil untuk belajar. Nah, hal yang tidak boleh dilupakan adalah asupan nutrisi harian yang wajib tercukupi. Selain makanan bernutrisi dan bergizi yang wajib diberikan, tambahkan pula Friso Gold 4 yang dapat menunjang pemenuhan nutrisi harian si Kecil. Friso dengan teknologi Locknutri, kualitas nutrisi alami akan terjaga sehingga mudah diserap tubuh si Kecil dan membantunya kuat dari dalam. Terus dampingi si Kecil, dan berikan semangat setiap hari!