Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif

Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih.

Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai.

Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi.

Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui.

Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.

4 Ide Jajanan Anak Sekolah yang Bisa Mums Buat Di Rumah

4 Ide Jajanan Anak Sekolah yang Bisa Mums Buat Di Rumah

Ketika si Kecil berangkat sekolah, tentu akan banyak potensi makanan kurang higienis menjadi konsumsinya. Memang tidak semua makanan yang tidak berasal dari rumah tidak higienis, namun bukankah akan lebih terjamin jika Mums memberikan jajanan atau bekal dari rumah? Toh nyatanya jajanan anak sekolah buatan Mums akan lebih terjamin dari berbagai sisi, iya kan?

Namun demikian, ada beberapa tantangan yang harus Mums ‘hadapi’ untuk membuat makanan atau jajanan yang Mums buat dapat bersaing dengan makanan yang dijual di kantin atau oleh penjaja makanan sekitar sekolah. Makanan yang biasanya dijajakan memiliki warna yang terang, rasa yang kuat serta harga yang cenderung murah.

Tidak perlu khawatir ya Mums, pada artikel ini akan disampaikan beberapa ide jajanan anak sekolah yang bisa Mums buat sendiri untuk si Kecil. Selain higienis, bahannya juga terdiri dari bahan makanan kaya nutrisi. Rasanya nikmat, harganya lebih murah serta higienitas dan kandungan nutrisi lebih terjamin, penasaran apa saja ide makanannya?

Omelet Topping Sayur

Telur merupakan sumber Protein yang baik untuk anak-anak. Nah, daripada si Kecil harus membeli telur gulung yang tidak jelas higienitasnya, mengapa tidak Mums buatkan saja di rumah? Tentu saja caranya mudah, hanya tinggal menggunakan telur dengan tambahan susu dan keju, kemudian dikocok, lalu digoreng .

Tambahkan juga beberapa topping berupa sayuran dengan warna cerah agar lebih menarik. Sayuran ini dapat memberikan nutrisi yang diperlukan seperti misalnya serat. Jika ingin semakin menarik, buat tatanan topping membentuk wajah atau karakter kartun yang disukainya. Selain menarik, omelet buatan Mums akan memiliki rasa nikmat serta nutrisi yang baik untuk tubuhnya.

Pisang Keju Crispy

Memang menu yang satu ini mungkin memerlukan minyak yang cukup banyak ketika menggorengnya, namun jika diberikan sesekali rasanya tidak akan terlalu bermasalah selama diimbangi dengan asupan lain yang memiliki nutrisi seimbang. Bermodalkan beberapa pisang, tepung crispy serta keju atau coklat, Mums bisa memberikan bekal yang nikmat untuk si Kecil.

Pisang keju crispy banyak sekali dijual oleh penjaja makanan. Tentu saja, Mums tidak dapat memastikan higienitasnya. Dengan memberi bekal jajanan anak sekolah berupa pisang keju crispy, si Kecil tidak perlu mengeluarkan uang jajannya untuk membeli makanan ini dari penjaja makanan. Mums juga dapat mengontrol penggunaan bahan dalam makanan tersebut, tentu akan lebih higienis dan sehat.

Donat Merah

Apakah donat ini menggunakan pewarna agar menarik? Tidak begitu Mums. Donat merah ini dapat dibuat dengan menambahkan ubi merah ke dalam adonan. Tidak hanya warnanya menjadi lebih menarik, namun tekstur serta rasa manis yang muncul juga tentu akan menambah kenikmatan donat buatan Mums.

Agar menjadi lebih menarik, Mums bisa menambahkan berbagai topping kesukaan si Kecil agar ia makin lahap menyantapnya. Dengan tampilan yang keren dan rasa yang nikmat, dijamin tidak hanya si Kecil yang lahap memakannya, namun teman-temannya juga akan menyukai donat buatan Mums tersebut. Hemat, sehat dan mengenyangkan, kenapa tidak?

Makanan Kesukaan si Kecil

Dari sekian banyak makanan yang bisa menjadi pilihan bekal si Kecil, tentu yang paling akan menjadi favoritnya adalah makanan kesukaan si Kecil. Tentu akan berbeda jika melihat selera setiap anak. Namun demikian, untuk memastikan agar si Kecil menyukainya, Mums bisa mengajak si Kecil membuat bekalnya secara bersama-sama.

Banyak manfaat yang bisa didapatkan, mengasah kreativitas, memberikan keterampilan baru, memberikan pengetahuan baru dan lain sebagainya. Jangan lupa ya Mums, pastikan setiap bahan dicuci bersih dan pilih bahan yang segar. Selain itu, pastikan juga nutrisi yang ada dalam makanan buatan Mums dan si Kecil merupakan nutrisi yang dibutuhkan untuk tumbuh kembang serta dapat melancarkan pencernaannya.

Jajanan anak sekolah yang Mums buat sendiri di rumah akan memberikan jaminan pada higienitas, kandungan nutrisi serta jauh lebih ekonomis. Karena apa? Karena Mums bisa benar-benar mengontrol proses pembuatan, bahan hingga penyajiannya. Dengan begini si Kecil akan terhindar dari bakteri jahat yang menempel pada makanan kurang higienis.

Gangguan pencernaan banyak disebabkan oleh kuman atau bakteri yang masuk dari makanan yang dijajakan tanpa terjamin kebersihannya. Gangguan pencernaan selain akan membuat si Kecil rewel, juga akan menghambat proses tumbuh kembangnya. Tentu saja hal ini tidak diinginkan bukan? Oleh karena itu, tak ada salahnya meluangkan sedikit waktu untuk membuatkan bekal untuk si Kecil.

Membuatkan jajanan anak sekolah merupakan salah satu upaya mengurangi resiko si Kecil terjangkit penyakit pencernaan karena kuman dan bakteri jahat. Untuk membantu membangun daya tahan tubuhnya, Mums bisa memberikan Friso Gold 4. Dengan teknologi Locknutri, kualitas alami nutrisi akan terjaga dan lebih mudah diserap tubuh si Kecil. Ini akan membantu si Kecil agar memiliki daya tahan tubuh yang kuat dan tidak mudah terserang penyakit pencernaan.