Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif

Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih.

Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai.

Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi.

Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui.

Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.

4 Jenis Game Balita Cerdas untuk Mums dan Si Kecil

4 Jenis Game Balita Cerdas untuk Mums dan Si Kecil

Bermain bersama si Kecil tentu selalu menjadi saat yang menyenangkan untuk Mums. Jangan salah Mums, hal ini juga yang dirasakan si Kecil lho. Momen kedekatan dan intim yang terjalin ketika Mums dan si Kecil bermain bersama dapat menjadi booster bagi tumbuh kembangnya. Nah, jika sudah demikian, apa tidak lebih baik jika yang dilakukan bersama adalah game balita cerdas yang bisa memberikan stimulus untuk tumbuh kembangnya?

Mengajaknya bermain di dalam rumah mungkin akan memberikan jaminan keamanan yang lebih tinggi. Disamping itu, si Kecil yang bermain di rumah dapat lebih fokus pada permainan yang dilakukannya bersama Mums karena tidak akan banyak hal lain yang menjadi distraksi. Namun demikian, tidak selamanya bermain di rumah adalah pilihan terbaik.

Memainkan game balita cerdas di luar ruangan bisa jadi sarana yang baik untuk meningkatkan pengetahuan si Kecil terhadap lingkungannya. Berbagai hal baru bisa ditemui, dan bukan tidak mungkin ia akan mendapatkan teman baru. Untuk membantu Mums mendapatkan inspirasi mengenai permainan yang bisa dimainkan bersama si Kecil di luar ruangan, simak penjelasan berikut ini. Selain menyenangkan, dapat merangsang tumbuh kembangnya juga lho!

Tebak Suara

Jika tebak suara yang dilakukan di dalam ruangan hanya mengandalkan media elektronik dan rekaman saja, coba bawa si Kecil ke taman atau kebun binatang untuk melakukan permainan ini. Pengalaman mendengarkan secara langsung berbagai suara bisa jadi pengalaman yang seru untuknya. Tentu saja, pembelajaran yang dilakukan juga jauh lebih optimal.

Ketika si Kecil mendengarkan berbagai suara di lingkungan sekitar atau kebun binatang, si Kecil berkesempatan secara langsung melihat sumber suara tersebut. Misalnya ketika mengajaknya ke kebun binatang, si Kecil bisa mendengarkan suara burung berkicau, atau mungkin saja auman harimau, dan sebagainya. Setelah menebak, si Kecil bisa secara langsung melihat binatang yang menghasilkan suara tersebut.

Bermain Karakter

Dengan mainan yang dimiliki si Kecil, ajak ia bermain di taman atau halaman rumah. Mainkan benda atau mainan yang dimiliki si Kecil dengan memadukan elemen lingkungan bersamanya. Jadikan tanaman besar sebagai rumah untuk mainan binatangnya, atau kolam ikan sebagai lautan, atau tumpukan pasir sebagai tambang untuk mainan bulldozer-nya.

Bermain dengan melibatkan elemen alam seperti ini secara langsung dapat memberikan rangsangan pada daya imajinasi dan kreativitas si Kecil. Dengan melihat dan bermain memanfaatkan apa yang ada di sekitarnya, ia akan menjadi pribadi yang semakin kreatif. Jangan lupa, temani si Kecil saat bermain dengan menjadi karakter lain dalam sandiwara kecil yang Mums buat, serta memastikan si Kecil aman dari resiko bermain di luar ruangan.

Lintasan Halang Rintang

Jika di sekitar Mums terdapat area bermain anak atau taman bermain anak, Mums bisa mengajak si Kecil mengunjungi tempat tersebut. Permainan klasik seperti perosotan, jungkat-jungkit, ayunan dan sebagainya bisa menjadi game balita cerdas yang dapat membantu merangsang tumbuh kembang fisik sekaligus kemampuan motoriknya.

Agar lebih seru, buat lintasan tertentu dengan urutan permainan yang harus dilakukan. Setiap permainan yang dapat diselesaikan dan dimainkan akan diberikan hadiah kecil, hingga pada garis finish akan diberikan hadiah utama. Tentu saja, peran Mums di sini adalah untuk mengarahkan dan mengawasi agar si Kecil tetap dapat bermain dengan aman.

Balok Susun

Biasanya anak-anak memiliki mainan berupa balok susun yang dapat dipasangkan satu sama lain hingga menjadi sebuah bentuk. Mums bisa mengkombinasikan mainan ini dengan lingkungan sekitar. Misalnya ketika bermain di area halaman rumah, Mums dapat memberikan misi pada si Kecil untuk menemukan balok yang disembunyikan kemudian disusun menjadi satu bentuk yang digambarkan.

Memang tidak mudah melakukan permainan ini karena akan banyak distraksi yang ditemui si Kecil. Terlebih, naluri si Kecil untuk menyusun balok seringkali dikalahkan dengan nalurinya untuk merobohkan atau melepas per bagian dari susunan tersebut. Hal ini tidak menjadi masalah, selama si Kecil dapat bergerak aktif dan dapat mengenali beberapa warna balok, bentuk balok serta dapat menyusun balok. Kecerdasan si Kecil akan terasah secara perlahan namun stabil, sehingga otaknya akan berkembang dengan baik.

Mengajak si Kecil bermain di luar ruangan memang menyenangkan. Selain bisa mendapatkan pengalaman baru, Mums dan si Kecil juga akan memiliki waktu berkualitas yang amat baik untuk meningkatkan hubungan emosional. Untuk melindungi si Kecil dari bakteri dan kuman yang mungkin masuk ke tubuhnya, pastikan selalu mencuci tangan dan membersihkan diri setelah bermain ya Mums.

Beberapa game balita cerdas yang disebutkan di atas secara langsung dapat memberikan stimulus pada tumbuh kembang otak dan fisik si Kecil. Sebagai pelengkap, Mums bisa memberikan Friso Gold 3 untuk memenuhi kebutuhan nutrisi hariannya. Dengan teknologi Locknutri, kualitas alami nutrisi akan terjaga dan lebih mudah diserap tubuh si Kecil. Ini akan membantu si Kecil agar kuat dari dalam dan tidak mudah terserang penyakit atau virus jahat sehingga ia dapat bermain dengan lebih leluasa.