Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif
Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih. Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai. Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi. Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui. Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.
4 Jenis Makanan Tidak Sehat untuk si Kecil, Hindari ya Mums!

4 Jenis Makanan Tidak Sehat untuk si Kecil, Hindari ya Mums!

Melihat si Kecil makan dengan lahap tentu sangat melegakan bagi Mums. Akan tetapi, sudahkah Mums memastikan makanan yang dilahapnya termasuk makanan sehat? Si Kecil tentu membutuhkan asupan nutrisi yang cukup untuk mendukung pertumbuhannya. Oleh karena itu, memberikan makanan yang kenyang saja tidak cukup ya, Mums. Cermat dalam memilih makanan yang baik dan sehat untuk mencukupi nutrisi si Kecil juga menjadi hal yang harus Mums perhatikan.

Mengonsumsi makanan sehat akan membiasakan si Kecil untuk membentuk pola hidup sehat. Begitu pula sebaliknya, makanan yang tidak sehat akan menuntun si Kecil pada pola hidup yang tidak sehat. Makanan tidak sehat juga dapat memicu munculnya berbagai penyakit seperti penyakit jantung, diabetes, obesitas, dan lain sebagainya.

Terlebih, tubuh si Kecil yang masih rentan dan sistem imun yang belum maksimal akan mudah terpengaruh oleh makanan tidak sehat tersebut. Dampaknya akan semakin buruk karena dapat memengaruhi tumbuh kembangnya. Lantas, apa saja jenis makanan tidak sehat yang harus dihindari dikonsumsi oleh si Kecil? Simak uraian lengkapnya di bawah ini.

Jenis Makanan Tidak Sehat untuk si Kecil

Makanan tidak sehat yang seharusnya dihindari oleh si Kecil di antaranya adalah makanan yang mengandung lemak jenuh, tinggi gula, bersoda, dan mengandung kafein. Selain itu, makanan yang mengandung pengawet, pewarna, dan pemanis buatan juga harus dihindari. Agar lebih jelas, simak rincian jenis makanan tidak sehat yang harus dihindari berikut ini.

Permen

4 Jenis Makanan Tidak Sehat untuk si Kecil, Hindari ya Mums!

Hindari terlalu sering memberikan permen untuk si Kecil, baik permen yang keras maupun yang lunak. Permen memiliki kandungan gula yang tinggi sehingga dapat menyebabkan karies dan gigi berlubang pada si Kecil. Selain itu, permen juga tidak memiliki kandungan gizi lain yang baik untuk kesehatan. Jadi, sebisa mungkin hindari memberikan jenis makanan ini pada si Kecil.

Minuman Rasa

Minuman rasa-rasa mengandung pemanis buatan yang tidak baik untuk si Kecil. Kadar gula yang tinggi juga bisa membuat si Kecil mengalami obesitas, sakit tenggorokan, dan kerusakan pada gigi. Tak hanya itu, si Kecil yang terlalu sering mengonsumsi minuman rasa akan malas mengonsumsi air putih. Saat konsumsi air putih berkurang, kebutuhan mineral dan cairan si Kecil tidak terpenuhi sehingga kerja organ pada tubuhnya akan terhambat dan si Kecil akan lebih rentan mengalami dehidrasi.

Minuman Bersoda dan Mengandung Kafein

4 Jenis Makanan Tidak Sehat untuk si Kecil, Hindari ya Mums!

Daftar makanan tidak sehat selanjutnya adalah minuman bersoda dan mengandung kafein. Soda dapat menyebabkan kerusakan organ jika dikonsumsi terus menerus dan berlebihan. Kafein juga memiliki dampak yang buruk bagi si Kecil. Konsumsi kafein yang berlebih akan membuat si Kecil kurang tidur. Jam tidur yang sedikit tentu akan menghambat pertumbuhannya.

Dampak lainnya dari kafein yaitu meningkatkan denyut jantung dan tekanan dalam darah, meningkatkan asam lambung, serta mengubah suhu tubuh. Si Kecil akan sering cemas dan tidak nafsu makan. Bahkan lebih parahnya lagi, kafein bisa meningkatkan potensi hiperaktif pada si Kecil. Minuman bersoda dan mengandung kafein tidak baik dikonsumsi oleh orang dewasa,apalagi untuk si Kecil. Jadi, hindari memberikan jenis makanan tidak sehat ini pada si Kecil ya, Mums.

Makanan Cepat Saji dan Makanan Kaleng

Makanan cepat saji dan makanan kaleng mengandung pengawet dan lemak jenuh yang tinggi. Hal ini tentu tidak baik untuk tubuh si Kecil. Lemak jenuh dapat meningkatkan risiko obesitas dan diabetes. Sedangkan, pengawet mengandung sodium yang tinggi sehingga dapat merusak organ si Kecil jika dikonsumsi secara berlebihan.

Makanan cepat saji dan makanan kaleng memiliki kalori yang tinggi sehingga hanya bisa mengenyangkan tanpa bisa memenuhi kebutuhan nutrisi harian si Kecil. Kalori yang tinggi dalam jenis makanan ini juga bukan kalori yang baik bagi tumbuh kembang si Kecil.

Baca Juga:  6 Jenis Makanan Sehat untuk Anak yang Membantu Tumbuh Kembangnya

Mengapa Perlu Dihindari?

4 Jenis Makanan Tidak Sehat untuk si Kecil, Hindari ya Mums!

Selain tidak sehat untuk dikonsumsi oleh si Kecil, jenis makanan yang telah disebutkan di atas juga memiliki alasan lain seperti bisa memicu alergi, tidak bernutrisi, meningkatkan risiko penyakit, dan menghambat tumbuh kembangnya.

Memicu Alergi

Makanan tidak sehat biasanya mengandung garam dan pengawet buatan yang tinggi sehingga dapat mengaktifkan reaksi alergi. Tubuh si Kecil yang masih rentan dan tidak siap dengan kandungan tersebut akan bereaksi dan memberikan sinyal penolakan terhadap makanan tersebut melalui alergi.

Tidak Mencukupi Kebutuhan Gizi

Makanan tidak sehat hanya memiliki banyak kalori tetapi nol nutrisi. Padahal, si Kecil sangat membutuhkan makanan yang tinggi kalori dan penuh nutrisi. Kalori yang tidak diimbangi nutrisi hanyalah makanan kosong yang tidak menambah asupan gizi bagi tubuh si Kecil. Akibatnya, kebutuhan nutrisi harian si Kecil tetap tidak terpenuhi.

Meningkatkan Risiko Penyakit

Banyak penyakit degeneratif seperti hipertensi, diabetes mellitus, dan penyakit jantung koroner muncul akibat pola hidup tidak sehat dan makanan tidak sehat yang dikonsumsi sejak dini. Jenis makanan di atas mengandung kandungan tidak sehat seperti lemak jenuh, kafein, garam berlebih yang dapat meningkatkan risiko penyakit degeneratif tersebut.

Menghambat Tumbuh Kembang si Kecil

Asupan yang tidak tepat dapat menghambat tumbuh kembang si Kecil. Saat si Kecil mengonsumsi makanan manis misalnya, ia akan semakin enggan untuk makan. Sudah pasti, konsumsi makanan bergizinya berkurang dan tumbuh kembangnya terhambat. Kemudian, saat si Kecil mengonsumsi makanan berkafein, ia akan lebih susah untuk tidur sehingga dapat menghambat regenerasi sel-sel pada tubuhnya.

Daripada memberikan makanan tidak sehat untuk si Kecil, Mums bisa memberikan camilan dan makanan yang khusus dibuat untuk anak-anak sebagai alternatif agar ia tetap makan dengan lahap. Sebaiknya selalu baca label kandungan makanan untuk memastikan makanan tersebut sehat atau tidak. Cara lain agar si Kecil tidak mengonsumsi makanan tidak sehat, Mums bisa membuat makanan si Kecil sendiri. Melalui makanan yang Mums buat sendiri, Mums akan lebih bisa mengontrol asupan nutrisi yang dikonsumsi oleh si Kecil.

Pastikan untuk selalu memenuhi kebutuhan nutrisi hariannya ya, Mums. Agar nutrisinya semakin lengkap, Mums bisa memberikan si Kecil Friso Gold 4. Diperuntukkan bagi anak usia 3-12 tahun yang sedang dalam fase pertumbuhan, Friso Gold 4 diperkaya beragam nutrisi yang baik bagi tumbuh kembang si Kecil. Friso mengandung nutrisi seperti ALA, LA, Prebiotik, Nukleotida, Vitamin A, C, E, Zinc, dan Selenium yang bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh si Kecil dari dalam. Friso yang dilengkapi dengan teknologi Locknutri menjaga kualitas alami nutrisi di dalam susu sehingga mudah diserap tubuh si Kecil. Ayo Mums, penuhi nutrisi si Kecil untuk mendukungnya lebih kuat dari dalam sehingga mendapatkan tumbuh kembang yang optimal!