Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif

Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih.

Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai.

Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi.

Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui.

Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.

4 Jenis Taman Bermain untuk Ide Aktivitas dengan Si Kecil

4 Jenis Taman Bermain untuk Ide Aktivitas dengan Si Kecil

Bermain bersama si Kecil merupakan salah satu cara untuk mengikuti proses tumbuh kembangnya. Bermain di rumah mungkin bisa jadi pilihan yang tepat ketika Mums dan keluarga sedang malas bepergian. Namun demikian, ada baiknya juga lho Mums mempertimbangkan taman bermain sebagai tujuan berkunjung. Lagipula, jenis taman bermain kini sangat beragam, sehingga Mums dapat memberikan wawasan dan pengetahuan baru pada si Kecil.

Beberapa waktu lalu, mungkin taman bermain identik dengan permainan dengan mesin, taman hiburan dan sebagainya. Kini, jenis taman bermain semakin banyak dan menawarkan permainan serta hiburan yang berbeda. Tidak hanya dapat memberikan kegembiraan pada si Kecil, jenis taman bermain sekarang juga dapat sekaligus menjadi tempat membuka wawasan baru sekaligus belajar ilmu baru yang dapat bermanfaat untuk masa depan

Berikut ini adalah beberapa jenis taman bermain yang bisa dikunjungi bersama si Kecil:

Tema Alam

Taman bermain dengan tema dan konsep mengenai alam ini menawarkan permainan dan aktivitas yang berhubungan erat dengan alam. Mums dapat menghabiskan waktu bersama si Kecil, sekaligus mengenalkan si Kecil pada kondisi alam di sekitarnya. Kegiatan yang berkaitan dengan alam ini dapat memberikan manfaat baik untuk tumbuh kembang si Kecil, sekaligus memberikan wawasan baru untuknya.

Beberapa contoh kegiatan yang bisa dilakukan adalah menanam tanaman, memanen hasil kebun, menyiangi tanaman, dan mendapatkan berbagai informasi nutrisi dari beragam jenis tanaman yang ada di sana. Si Kecil juga akan lebih memahami betapa pentingnya menjaga kelestarian alam dan lingkungan, sehingga dapat menjadi tambahan pembelajaran yang baik untuknya.

Mums dapat menemukan taman bermain dengan tema alam di berbagai tempat, biasanya lebih mudah ditemukan di dataran tinggi seperti daerah Bandung atau di Bogor (Puncak). Di samping banyak informasi dan pengetahuan baru, hawa sejuknya juga akan membuat si Kecil nyaman lho Mums!

Tema Modern

Untuk taman bermain dengan tema modern sendiri, yang ditawarkan cenderung lebih variatif berdasarkan jenisnya. Misalnya, ada yang disebut Taman Lalu Lintas, yang menawarkan berbagai pengetahuan dan informasi mengenai arti dan penggunaan rambu lalu lintas. Mums tidak perlu khawatir jika si Kecil belum terlalu memahaminya, sebab informasi seperti ini akan diingat pada ingatan jangka panjang. Lebih penting lagi, menanamkan budaya tertib lalu lintas bisa dimulai sejak dini bukan?

Selain itu ada juga taman bermain dengan aktivitas yang berkaitan dengan sains. Pada taman hiburan dengan tema ini, biasanya disediakan beragam aktivitas yang berkaitan dengan ilmu pengetahuan alam, eksperimen dan lain sebagainya. Mengingat usia si Kecil, terus dampingi ia dalam setiap aktivitas bermain dan belajarnya ya Mums!

Ada juga taman bermain yang menawarkan aktivitas kesenian seperti menggambar, mewarnai atau bermain musik. Pada tempat seperti ini, Mums dapat merangsang tumbuh kembang kreativitas si Kecil sehingga ia tumbuh jadi anak yang ekspresif dan kreatif. Tempat seperti ini mudah ditemui di berbagai area mall dan pusat keramaian lainnya.

Tema Tradisional

Jika Mums ingin mengenalkan berbagai permainan tradisional dan aktivitas tradisional, Mums dapat mengajak si Kecil ke tempat bermain yang menawarkan tema ini. Biasanya, tempat bermain tersebut akan memberikan berbagai permainan tradisional yang sarat nilai dan baik untuk perkembangan sisi sosial dan emosional si Kecil.

Permainan tradisional meski tidak menggunakan banyak teknologi canggih memberikan banyak nilai positif. Misalnya saja, congklak yang mengajarkan kesabaran dan berbagi, petak umpet yang mengajarkan pengenalan lokasi dan sensitivitas ruang pada si Kecil dan lain sebagainya. Permainan tradisional juga sangat disarankan untuk mengimbangi aktivitas si Kecil yang mungkin banyak menggunakan teknologi.

Salah satu nilai yang dapat diajarkan pada taman bermain seperti ini adalah pemahaman bahwa setiap hal memerlukan proses. Si Kecil yang terbiasa dengan permainan di gadget-nya akan belajar bagaimana suatu hal dapat terjadi, bagaimana prosesnya, serta memiliki sensitivitas sosial lebih tinggi. Sangat banyak manfaat baiknya bukan Mums?

Kebun Binatang

Siapa yang tidak akan menjadikan kebun binatang sebagai salah satu bentuk tempat hiburan dan belajar dalam daftarnya? Sejak lama, kebun binatang selalu jadi salah satu favorit karena si Kecil dapat dengan langsung melihat dan belajar mengenai binatang yang biasanya ditemui dalam bentuk gambar. Pengetahuan dan pengalaman secara langsung ini dapat memberikan stimulus baik untuk tumbuh kembang kecerdasan serta imajinasinya kelak.

Mengajak si Kecil ke taman bermain merupakan hal yang menyenangkan dan membawa banyak manfaat untuk tumbuh kembangnya. Tentu, hal ini harus didukung dengan memenuhi kebutuhan nutrisi harian yang diperlukan si Kecil. Mums dapat memberikan asupan makanan bergizi serta Friso Gold 3 untuk menjamin nutrisinya terpenuhi. Dengan teknologi Locknutri yang melindungi nutrisi dalam kondisi alami selama proses produksi susu, tanpa pemanasan berlebih, kualitas nutrisi akan terjaga dan lebih mudah diserap tubuh si Kecil. Ini membantu si Kecil kuat dari dalam dan lebih mudah menyerap stimulus yang diberikan padanya.