Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif
Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih. Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai. Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi. Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui. Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.
4 Kategori Perlengkapan Bayi yang Wajib Disiapkan

4 Kategori Perlengkapan Bayi yang Wajib Disiapkan

Mempersiapkan perlengkapan bayi ketika sudah mendekati waktu kelahiran jadi salah satu hal yang dapat Mums lakukan untuk mengurangi rasa stres atau nervous yang dialami. Akan lebih baik jika persiapan belanja perlengkapan ini dilakukan pada usia kehamilan yang cukup matang, jadi kondisi si Kecil di dalam sudah cukup kuat untuk ‘diajak’ beraktivitas.

Jika dibuatkan daftar, mungkin artikel ini akan menjadi sangat panjang dan justru tidak nyaman ketika dibaca. Untuk memudahkan Mums dalam menyusun daftar belanja perlengkapan bayi yang akan dilakukan, telah dirangkum barang apa saja yang secara umum diperlukan untuk menyambut si Kecil sebentar lain. Tanpa berlama-lama lagi, simak poin-poin berikut ini!

Pakaian Perlengkapan Bayi

4 Kategori Perlengkapan Bayi yang Wajib Disiapkan

Mulai dari kaus kaki, kaus tangan, baju yang nyaman digunakan, serta penutup kepala, pastikan tidak ada yang terlewat. Untuk setiap barang perlengkapan ini, pastikan terbuat dari kain yang nyaman digunakan dan berbahan lembut. Sederhana, agar si Kecil merasa nyaman ketika memakainya dalam waktu yang cukup lama.

Untuk baju dan celana, jangan lupa membeli dua varian yakni untuk ukuran pendek dan panjang agar dapat disesuaikan dengan kondisi. Ketika hawa sedang cukup dingin, Mums dapat menggunakan pakaian berlengan panjang untuk si Kecil, dan sebaliknya ketika hawa terasa sedikit panas bisa menggunakan pakaian dengan lengan pendek.

Satu lagi yang juga tak boleh terlewatkan, adalah popok. Baik popok sekali pakai atau yang dapat digunakan berkali-kali, pastikan popok tersebut tidak menimbulkan iritasi pada kulit si Kecil karena dapat membuatnya menjadi rewel.

Perlengkapan Menyusui

4 Kategori Perlengkapan Bayi yang Wajib Disiapkan

Jika Mums adalah orang yang aktif dan harus banyak menghabiskan waktu di luar rumah, Mums juga perlu menyiapkan perlengkapan untuk menyusui. Misalnya saja, botol susu, sikat pembersih, perlengkapan pompa ASI, dan lain sebagainya. Memang sangat direkomendasikan untuk memberikan ASI secara langsung pada si Kecil pada periode awal kehidupannya. Namun tak ada salahnya bersiap bukan?

Urusan Mandi Jangan Terlewat

4 Kategori Perlengkapan Bayi yang Wajib Disiapkan

Bak mandi si Kecil, sabun, shampoo, lotion dan seluruh perlengkapan yang diperlukan untuk mandi si Kecil juga harus disiapkan. Pastikan ukuran ember yang akan dibeli cukup besar untuk memandikan si Kecil agar tubuh mungilnya bisa nyaman ketika masuk ke dalam ember tersebut.

Informasi produk mandi bayi biasanya akan cukup lengkap sehingga Mums dapat memilih produk yang sesuai keperluan. Apapun yang berhubungan dengan si Kecil selalu harus dipastikan agar tidak mengandung bahan yang dapat menyebabkan iritasi agar kulit si Kecil tidak mengalami gatal-gatal dan membuatnya menangis.

Lengkapi perlengkapan mandi dengan handuk, krim popok, baby oil, dan kain untuk membedong setelah ia mandi untuk menjaga agar si Kecil tetap merasa hangat dan nyaman setelah dimandikan.

Kamar, Ranjang, Perlengkapan Tempat Tidur

4 Kategori Perlengkapan Bayi yang Wajib Disiapkan

Selanjutnya yang harus disiapkan, adalah kamar tidur si Kecil, ranjang, serta perlengkapan tidur. Buat kamar dengan nuansa yang tenang dan memiliki sirkulasi udara cukup baik. Berikan jendela yang menghadap keluar agar ada cahaya matahari masuk ke dalam kamar. Kamar yang nyaman seperti ini dapat membuat si Kecil beristirahat dengan optimal.

Untuk ranjang dan perlengkapannya, selalu pastikan setiap barang memiliki ujung yang tumpul serta tidak mengiritasi kulit si Kecil. Pilih kain lembut dan halus, pilih kain bantal dengan jahitan yang menghadap ke dalam agar tidak menggores kulit si Kecil.

Nah, 4 poin di atas harus masuk dalam daftar perlengkapan bayi yang disiapkan untuk menyambut si Kecil. Ketika berbelanja, Mums dapat mengajak anggota keluarga lain untuk membantu membawa dan memastikan tidak ada barang yang terlewat agar Mums tak perlu pergi berkali-kali untuk membeli barang yang terlewat.

Selain persiapan barang dan perlengkapan, Mums juga perlu menyiapkan mental dan fisik untuk menjalani persalinan. Menerapkan pola hidup sehat dalam hal ini sangat penting agar kondisi kesehatan dapat senantiasa terjaga. Mums yang sehat dan mengkonsumsi makanan bernutrisi dapat membantu si Kecil tumbuh dengan optimal selama masih di dalam kandungan, dan lahir dengan normal.

Bagian terakhir pada artikel ini ingin menekankan betapa pentingnya menjalani pola hidup sehat selama masa kehamilan. Kondisi kesehatan Mums secara langsung dapat berpengaruh pada si Kecil yang berada di dalam kandungan, sehingga sangat penting untuk Mums mengkonsumsi makanan kaya nutrisi serta melakukan aktivitas fisik yang cukup.

Belanja perlengkapan bayi selalu jadi hal yang seru. Imbangi antusiasme menyambut si Kecil dengan mencukupi kebutuhan nutrisi harian Mums selama masa kehamilan dengan konsumsi makanan dan minuman kaya nutrisi. Lengkapi juga asupan nutrisi dengan Frisomum Gold Dualcare+ yang sangat cocok untuk Mums ketika masa kehamilan dan menyusui. Berikan yang terbaik untuk si Kecil sejak dalam kandungan, dan nikmati setiap fase tumbuh kembangnya!