Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif

Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih.

Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai.

Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi.

Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui.

Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.

4 Kiat Membiasakan Anak Rutin Minum Air Putih

4 Kiat Membiasakan Anak Rutin Minum Air Putih

Wah, senangya Mum melihat si Kecil yang kini gemar mencoba hal baru. Tidak hanya melakukanberbagai aktivitas, ia pun kini mulai berani mencoba beragam jenis makanan bertekstur padat. Fase pertumbuhan ini bisa Mum manfaatkan untuk mengajarkannya kebiasaan baik, misalnya rutin minum air putih. Ya, selain susu anak 1 tahun, air putih juga merupakan asupan cairan yang penting untuk menjaga tubuh si Kecil tetap terhidrasi. Supaya si Kecil terbiasa minum air putih secara rutin, yuk lakukan beberapa tips berikut ini!

1. Selalu Sediakan Air Putih

Setelah bermain dan beraktivitas, cairan tubuh yang berkurang tentu dapat membuat siKecil menjadi haus. Namun, kemampuan bicara si Kecil yang belum berkembang dengan sempurna, bisa saja membuatnya sulit untuk mengungkapkan hal tersebut. Oleh karena itu, pastikan Mum meletakkan botol berisi air putih di tempat yang bisa dijangkau si Kecil, ya. Sehingga, ia bisa langsung meminumnya ketika merasa haus. Selain itu, sediakan juga air putih sebagai pendamping ketika menyajikan asupan untuk anak 1 tahun.

2. Jadikan Air Putih Sebagai Minuman Yang Menyenangkan

Berbeda dengan jus dan susu anak 1 tahun, air putih mungkin dianggap kurang menarik karena rasanyayang tawar dan warna yang bening. Agar si Kecil lebih tertarik, Mum bisa melakukan beberapa trik; misalnya meletakkan air putih di dalam gelas bergambar lucu yang disukai si Kecil, atau menambahkan irisan buah ke dalamnya supaya rasa air putih menjadi lebih segar.

3. Berikan Kebebasan Pada si Kecil

Jika si Kecil masih tidak tertarikuntuk meminum air putih yang Mum sediakan, Mum bisa membuat aktivitas ini lebih menarik dengan memberikan kebebasan padanya untuk mengambil sendiri air putih untuk ia minum. Caranya adalah dengan mengajarkannya menuangkan air dari dispenser. Namun, pastikan fungsi air panas sudah dimatikan dan selalu awasi siKecil ya, Mum. Aktivitas ini diharapkan dapat membuat ia lebih percaya diri dan akhirnya meminum air yang ia ambil sendiri.

4. Batasi Minuman yang Ada di Rumah

Melihat minuman berwarna mencolok seperti sirup atau jus, tentu membuat si Kecil lebih tertarik untuk memilihnya ketimbang air putih. Maka dari itu, Mum sebaiknya membatasi pilihan minuman untuk si Kecil. Tapi, bukan berarti ia hanya boleh minum air putih, ya. Mum bisa memberikan ia asupan cairan secara bergantian;misalnya jika ia ingin meminum jus, ia harus meminum air putih terlebih dahulu.Jumlahnya tidak perlu terlalu banyak ya, Mum, yang penting ia bisa mulai terbiasa melakukannya. Jangan lupa juga untuk tetap memberikan susu balita yang baik untuk tumbuh kembangnya.

Nah, membuat si Kecil untuk rutin minum air putih, ternyata tidak sesulit yang dibayangkan, bukan? Selain air putih, Mum juga perlu memenuhi kebutuhan nutrisinya dengan memberikan Friso Gold 3 yang diperkaya dengan kandungan ALA, LA, Nukleotida,Prebiotik, Vitamin A, C, dan E, Zink, Zat Besi, dan Selenium agar daya tahan tubuhnya lebih kuat dari dalam. Susu Friso diproduksi dengan konsep Single Process tanpa pemanasan berlebih, sehingga nutrisi alami dari susu anak 1 tahun ini tetap terjaga dan lebih mudah dicerna oleh tubuh.